image

10 Perlengkapan Membuat Film Pendek Berkualitas & Profesional!

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia perfilman tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis film pendek. Film pendek adalah salah satu bentuk film yang paling simple namun kompleks, dimana secara teknik film ini memiliki durasi dibawah 50 menit. Bahkan film pendek bisa berdurasi 60 detik asalkan ide dan pemanfaatan media dari video film bisa efektif. Anda yang tertarik dalam dunia perfilman, bisa menjadikan film pendek sebagai salah satu latihan sebelum memproduksi film dengan durasi yang lebih panjang, namun tetap berkualitas. Untuk itu, simak informasi selengkapnya mengenai perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat film pendek berkualitas dengan hasil profesional khususnya bagi Anda seorang pemula, tentunya bisa meningkatkan harga jasa videografer, lho!

 

Baca juga: Mengenal Sinematografi Dalam Pembuatan Film

 

Perlengkapan Membuat Film Pendek Berkualitas & Profesional

Di Indonesia, saat ini film pendek pun sudah banyak ditemukan dalam berbagai platform, salah satunya adalah Youtube. Banyak film dokumenter yang mengangkat kisah atau isu sosial yang berkembang, salah satunya adalah film pendek Tilik yang diproduksi oleh  Ravacana Films yang cukup populer dan viral karena kisah yang menarik. Sehingga saat ini film pendek cukup populer dan banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia karena akses yang mudah. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Kamera

Kamera merupakan alat utama yang dibutuhkan dalam pembuatan film pendek atau jenis film lainnya. Kemajuan teknologi membuat kamera saat ini memiliki spesifikasi yang beragam sesuai kebutuhan dan tujuan pemakaian. Sejalan dengan kualitas kamera yang baik, maka hasil rekaman video dari kamera pun bisa berkualitas, mulai dari HD hingga 4K.

Untuk membuat film pendek, Anda bisa menggunakan jenis kamera DSLR atau Mirrorless karena selain mampu mengurangi biaya produksi, jenis kamera ini lebih praktis dengan fitur terbaru. Salah satu fitur yang ada pada jenis kamera tersebut adalah Image Stabilization yang membantu untuk mengurangi gambar yang bergoyang serta blur. Bahkan saat ini, banyak film pendek yang diproduksi hanya menggunakan smartphone karena kualitas kamera yang bagus.

2. Lensa

Salah satu alat yang mampu menunjang gambar dari film pendek adalah lensa yang beragam dengan spesifikasi tertentu. Hal ini juga menjadi salah satu alasan bagi sebagian besar orang untuk memiliki kamera DSLR dan Mirrorless adalah bebas berganti lensa sesuai kebutuhan. Ketika membuat jenis film narasi, Anda bisa menggunakan lensa yang memiliki rana (focal length) yang fix. Berbeda dengan pembuatan film dokumenter, sebaiknya Anda menggunakan lensa-lensa unggulan (prime lenses). Terdapat berbagai jenis lensa yang bisa dipilih, diantaranya 28mm, 50mm, dan 85mm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Audio

Sebuah film pendek tidak hanya didukung dengan kualitas gambar yang baik, tetapi juga audio yang jelas. Untuk mendapatkan audio yang jelas, Anda bisa menggunakan perekam suara eksternal agar dapat mengambil suara dengan baik. Terdapat berbagai macam sound recorder yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan kualitas tentunya, seperti Zoom H4N yang banyak direkomendasikan oleh videographer. Selain perekam suara, Anda juga membutuhkan microphone untuk mengambil suara dari pemain atau suara latar untuk kebutuhan film.

4. Filter

Filter digunakan untuk mengontrol eksposure yang masuk ke dalam lensa ketika mengambil gambar dengan kamera. Dengan tambahan filter maka Anda bisa mendapatkan depth of field ketika merekam di bawah terik matahari. Oleh karena itu, ketika merekam kamu memerlukan tambahan filter ND (Neutral Density) agar bisa menghasilkan gambar terang tanpa harus mengorbankan warna.

5. Steadicam or Shoulder Rig

Untuk meminimalisir getaran ketika merekam gambar dengan kamera, Anda bisa memanfaatkan penggunaan steadicam atau shoulder rig. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fungsi dari steadicam adalah membuat gambar yang direkam tetap stabil meskipun pengguna bergerak ketika mengganti sudut pandang pada proses pembuatan film pendek.

6. Tripod

Penggunaan tripod seringkali terlupakan bahkan tidak digunakan dalam proses pengambilan gambar. Hasilnya adalah gambar video yang diambil memiliki kualitas yang tidak stabil dan bergoyang. Penggunaan tripod nyatanya sangat penting karena memudahkan Anda untuk merekam gambar dengan cepat dan stabil. Anda bisa mengambil gambar berulang dengan posisi angle kamera yang sama, tentunya ini akan memudahkan ketika mengedit video. Pastikan Anda memiliki jenis tripod untuk video yang sesuai dengan bobot kamera dan tentunya kokoh dan tidak mudah goyang (steady).

7. Pencahayaan (Lighting)

Pencahayaan menjadi salah satu elemen penting untuk menghasilkan gambar video berkualitas yang tajam. Pencahayaan juga dimanfaatkan untuk menciptakan suasana yang ingin dibangun sesuai konsep dari film pendek, sehingga Anda perlu mengetahui jenis teknik pencahayaan dalam perfilman. Biasanya untuk membantu dalam pembuatan film pendek atau dokumenter, diperlukan lampu LED yang lebih praktis dengan harga terjangkau.

8. Gimbal

Gimbal adalah alat tumpuan kamera yang berporos dan memungkinkan objek berputar pada satu, dua, atau tiga sumbu. Tanpa penggunaan gimbal sulit untuk mengambil gambar bergerak dengan mulus dan stabil, sehingga pastikan gimbal wajib Anda miliki untuk menciptakan film pendek berkualitas.

9. Clapper Board

Ketika melihat sebuah proses pembuatan film, tentu Anda sudah sering melihat clapper board yaitu papan dengan strip hitam putih berisi keterangan yang berisi informasi seperti nomor scene, tanggal shooting, kondisi perekaman, pengambilan gambar, dan informasi lainnya. Informasi tersebut memudahkan pekerjaan editor dalam mengedit scene dalam film.

10. Peralatan Editing

Salah satu penentu hasil film pendek sebelum bisa dinikmati oleh banyak penonton adalah tahap editing video. Pada tahap ini membutuhkan beberapa peralatan yang memadai, salah satunya adalah laptop serta software editing. Untuk mengedit video, Anda bisa menggunakan laptop atau komputer dengan VGA berkualitas agar bisa melakukan proses rendering dengan lancar. Selain itu, Anda bisa menggunakan berbagai macam software editing sesuai kebutuhan, seperti Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, After Effect dan masih banyak lagi.

 

Baca juga: Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Studio Shooting Yang Tepat!

 

Itulah beberapa informasi bagi Anda yang tertarik dengan dunia perfilman, terutama ketika akan memproduksi film pendek. Saat ini banyak cara dan peralatan beragam yang bisa digunakan untuk menghasilkan film berkualitas, pastinya menyesuaikan budget Anda. Dengan budget yang lebih, Anda bisa menciptakan karya film pendek bersama production house di Jakarta terpercaya dan tentunya untuk hasil yang berkualitas. (Aerilia DBK/Shooting Star)