image

Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Studio Shooting Yang Tepat!

Dalam sebuah proses produksi sebuah video atau film, terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan pada tahap praproduksi. Mulai dari anggaran secara detail, menentukan durasi dan struktur video sesuai dengan konsep yang ingin dicapai, hingga menentukan lokasi shooting. Anda perlu memastikan lokasi shooting apa yang akan dipilih, apakah di studio, lokasi outdoor, atau lokasi khusus lainnya. Selain menyewa sebuah ruangan atau lokasi asli, Anda bisa menjadikan studio sebagai pilihan untuk shooting.

Saat ini terdapat banyak pilihan studio sewa yang tersebar di kawasan Jakarta dan sekitarnya, tentunya dengan fasilitas beragam yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih. Untuk Anda yang menjadikan studio sebagai lokasi untuk memproduksi sebuah video atau film, penting untuk mengetahui hal yang perlu diketahui dalam memilih studio shooting yang tepat sebelum digunakan. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Baca juga: Jenis-Jenis Video Yang Diproduksi di Studio Profesional

 

Perhatikan Lokasinya

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menyewa studio tertentu adalah dengan memperhatikan lokasi studio tersebut. Sebisa mungkin, Anda memperhatikan lokasi studio yang strategis dan mudah diakses, terutama hindari di lokasi yang berada di kawasan padat dan macet, ya! Hal ini memberikan kemudahan bagi Anda sebagai tim produksi maupun klien untuk mencapai lokasi shooting tanpa terhambat dengan masalah akses dan transportasi ketika menuju lokasi. Tidak hanya itu, lokasi yang strategis juga didukung dengan tempat terdekat dari studio seperti supermarket atau minimarket, rumah makan, pusat perbelanjaan, bus stop dan lainnya.

 

Pastikan Kapasitas Area Sesuai

Setiap kegiatan shooting sebuah project baik itu video atau film tentu membutuhkan kapasitas area yang berbeda-beda. Seperti pada shooting project iklan biasanya membutuhkan area shooting yang tidak terlalu besar dibandingkan shooting project film yang membutuhkan area luas karena scene dan jumlah tim yang banyak karena durasi yang lebih panjang. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sudio dengan kapasitas area yang dibutuhkan dan sesuai besaran set yang diperlukan untuk shooting. Sehingga proses shooting dapat berjalan dengan lancar dan tentu nyaman tanpa terbatas oleh area yang tidak sesuai.

 

Fasilitas yang Didapatkan

Setelah menentukan lokasi serta kapasitas dari studio sesuai kebutuhan, mengetahui fasilitas studio juga tidak kalah pentingnya. Fasilitas yang dimiliki oleh studio tentunya akan menunjang selama proses shooting, seperti area parkir yang luas, ketersediaan toilet, mushola, ruang klien hingga area loading. Hal-hal tersebut mungkin terkesan sangat sederhana dan merupakan fasilitas standar sebuah tempat, namun tidak semua studio bisa memberikan fasilitas tersebut bahkan kekurangan fasilitas tersebut bisa menjadi penghambat selama proses produksi nantinya.

Tidak hanya itu, fasilitas yang tidak kalah penting untuk keperluan shooting seperti ruang untuk klien, ruang makeup, dan area penyimpanan barang juga perlu diperhatikan karena membantu dalam menunjang kenyamanan dari klien dan talent

 

Harga Terbaik

Dalam sebuah proses produksi, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga penting bagi Anda melakukan perencanaan anggaran yang tepat dan sesuai dengan budget yang dibutuhkan. Nah, untuk mendapatkan studio dengan harga terbaik, Anda bisa membandingkan harga suatu studio dengan studio lainnya untuk keperluan shooting dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa memanfaatkan diskon yang diberikan oleh studio dengan syarat tertentu ataupun jangan ragu juga untuk meminta potongan harga. Jadi jangan ragu untuk meminta promo terbaru yang bisa Anda manfaatkan, ya!

Penting untuk menegosiasikan harga untuk mendapatkan penawaran harga terbaik agar bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki dalam proses produksi. Sehingga dana dalam produksi bisa lebih efektif dan dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Namun, harga studio yang lebih mahal biasanya juga didukung dengan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan studio lainnya, seperti harga termasuk dengan perlengkapan pencahayaan atau green screen yang bisa digunakan untuk shooting.

 

Manajemen yang Profesional

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih studio sewa adalah pengelolaan dengan sistem yang profesional. Manajemen dengan profesionalisme yang tinggi dapat membantu Anda ketika menggunakan studio karena memiliki sistem peraturan yang jelas dalam menentukan waktu sewa. Tidak hanya itu, dengan manajemen yang baik, tentunya studio sewa yang digunakan memiliki standar kebersihan yang tinggi sehingga Anda bisa melakukan proses shooting dengan nyaman dan berjalan lancar. Tentunya standar tersebut tercapai dengan pengelolaan manajemen melalui staf yang sudah berpengalaman dan ahli dibidangnya.

 

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Anda Perlu Shooting Video di Studio

 

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan studio sebagai lokasi shooting yang sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk Anda mengetahui keuntungan apa saja yang didapatkan ketika menggunakan studio untuk proses shooting. Kira-kira, apa saja pertimbangan dari penggunaan studio sebagai lokasi shooting dibandingkan lokasi outdoor?

Dari segi finansial, faktor lokasi sangat menentukan besarnya anggaran yang akan digunakan dalam proses produksi sebuah project video atau film. Anda perlu memikirkan secara matang ketika memilih studio sebagai lokasi shooting, mulai dari biaya, persiapan dan peraturan di studio yang perlu diketahui. Shooting di studio membutuhkan biaya sewa dan pembuatan set dengan special effects untuk mendukung konsep project video atau film yang akan dikerjakan. Hal ini tentu berbeda dengan penggunaan lokasi studio outdoor yang tidak memerlukan biaya set tamban dan bahkan bisa menghemat budget produksi.

Pertimbangan lain dari penggunaan studio adalah mengenai teknis ketika melakukan shooting, dimana Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur properti atau hal yang dibutuhkan selama produksi. Tidak hanya itu, dari segi kondisi alam pun aman karena proses produksi bisa berjalan tanpa ada kendala dari cuaca yang tidak menentu. Namun, jika Anda menginginkan set dengan realisme yang tinggi, seperti latar hutan atau pegunungan, tentu penggunaan lokasi outdoor untuk shooting adalah pilihan yang tepat. Pembuatan set shooting yang realis seringkali terkendala dengan besar dan peraturan yang dimiliki studio untuk menjaga keamanan dan kerusakan pada studio. Setiap lokasi shooting baik itu indoor maupun outdoor memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk itu, penting melakukan riset dan mencari informasi yang detail untuk menentukan lokasi shooting yang sesuai untuk project Anda! (Aerilia DBK / Shooting Star)