image

Mengenal Apa itu Podcast; Manfaat, Perbedaan dan Cara Membuatnya

Dalam era digital yang semakin berkembang, sebagai konsumen tentu Anda melihat konten media tidak hanya terbatas pada televisi dan radio sebagai sumber informasi atau hiburan. Saat ini, semua bisa dengan mudah mengakses berbagai macam konten audio dan video melalui internet, salah satunya adalah podcast.  Podcast cukup populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan membahas berbagai topik yang bisa didengarkan di mana dan kapan saja. Namun, meskipun podcast semakin populer, masih banyak orang yang belum terbiasa atau bahkan belum tahu tentang apa itu podcast dan bagaimana cara mendengarkannya. Simak informasi selengkapnya mengenai podcast yang perlu Anda ketahui!

 

Baca juga: Ingin Menjadi Voice Over Artist? Wajib Ketahui Hal Ini

 

Apa itu Podcast?

Podcast adalah sebuah format konten audio yang biasanya diunggah ke internet dan dapat diakses secara on-demand. Biasanya, podcast mengambil bentuk siaran radio atau acara talk show dengan tema tertentu. Namun, yang membedakan podcast dengan siaran radio adalah fleksibilitasnya dalam hal konten dan jadwal. Podcast bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja, dan pendengarnya dapat memilih dari berbagai macam topik yang menarik minat mereka. Selain itu, sebagian besar podcast bisa didengarkan secara gratis.

Saat ini berbagai macam platform media sosial memiliki fasilitas podcast, dimana pengguna bisa mendengarkan siaran yang membahas sebuah topik. Tidak hanya itu, Anda bisa mendengarkan konten podcast di beberapa aplikasi yang memang menjadi platform podcast seperti, Spotify, Noice, Soundcloud, dan masih banyak lagi.

Dari segi fungsi, podcast dapat dikatakan menjadi salah satu sumber informasi yang didapat secara lisan. Konten atau topik yang dibahas pada podcast bisa menjadi hiburan, sumber informasi, mengajak belajar, memotivasi hingga menjadi media pemasaran.

 

Perbedaan Antara Podcast & Media Audio Lain seperti Radio & Musik Streaming

Meskipun podcast, radio, dan musik streaming semuanya adalah bentuk media audio, ada beberapa perbedaan signifikan antara ketiganya. Dari segi konten, Podcast memiliki konten yang lebih bervariasi daripada radio dan musik streaming. Sementara radio dan musik streaming fokus pada musik atau acara dengan jadwal yang sudah ditentukan, podcast bisa menawarkan konten yang lebih beragam, termasuk berita, cerita, edukasi, hiburan, atau bahkan diskusi tentang topik tertentu.

Dibandingkan dengan radio dan musik live streaming, podcast juga lebih fleksibel karena pendengar dapat memilih kapan dan di mana mereka ingin mendengarkan podcast, sementara radio dan musik streaming mengikuti jadwal dan daftar putar tertentu. Interaksi dalam podcast juga lebih interaktif. Banyak podcast memungkinkan pendengar untuk berpartisipasi dalam diskusi atau bertanya langsung pada host.

Karena podcast seringkali memiliki konten yang lebih dalam, pendengar dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang lebih mendalam. Dibandingkan radio yang menggunakan latar suara, podcast bisa membantu pendengarnya lebih fokus pada konten yang disajikan. Kemudian dari segi biaya, kebanyakan podcast bisa didengarkan secara gratis, sedangkan radio dan musik streaming sering memerlukan biaya berlangganan atau iklan.

 

Cara Membuat Podcast yang Menarik

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai membuat konten podcast:

1. Tentukan Tema & Format Podcast

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat podcast adalah menentukan tema dan format. Tema yang menarik tentu akan membuat konten podcast bisa didengarkan oleh banyak orang. Formatnya pun beragam mulai dari wawancara dimana podcast ini biasanya terdiri dari host yang mewawancarai tamu tentang topik tertentu.

Lalu terdapat podcast cerita naratif  yang mengikuti format cerita dengan plot dan karakter yang berkembang dari episode ke episode. Jenis podcast ini biasanya populer di bidang fiksi, seperti cerita horor atau cerita cinta. Kemudian juga terdapat podcast edukatif yang membahas topik tertentu dengan tujuan memberikan pengetahuan baru atau membantu pendengar mengembangkan keterampilan baru, seperti podcast tentang keterampilan menulis, pengembangan diri, atau ilmu pengetahuan.

2. Persiapkan Alat

Untuk merekam podcast, Anda akan membutuhkan mikrofon yang bagus, headphone, dan perangkat lunak perekam. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mixer audio untuk mengatur suara Anda. Lakukan tes suara untuk memastikan suara yang direkam berhasil tersimpan.

3. Siapkan Skrip & Alur

Setelah mempersiapkan alat, Anda bisa membuat skrip atau rencana untuk setiap episode, termasuk topik pembicaraan, pengantar, konten, dan penutup. Selain itu, Anda juga perlu mengatur alur pembawaan topik jika podcast diisi oleh beberapa orang.

4. Rekam Podcast

Setelah melakukan persiapan mulai Anda bisa mulai merekam podcast dengan durasi yang sudah ditentukan sesuai topik yang akan dibahas. Pastikan proses perekaman dilakukan dalam kondisi lingkungan yang tenang. Anda bisa menggunakan ruangan atau sewa studio yang memungkinkan hasil suara lebih berkualitas. Tidak ada salahnya Anda berkreasi dengan menjadikan ruangan kosong di rumah menjadi studio pribadi.

5. Edit Rekaman Suara

Setelah merekam, selanjutnya Anda harus mengedit podcast untuk menghilangkan kesalahan dan membuat konten lebih mulus. Untuk mengedit rekaman suara, Anda bisa menggunakan perangkat lunak berupa software seperti, Adobe Audition, Audacity, Garageband, Hindenburg Journalist, dan Reaper.

6. Tambahkan Musik & Efek Suara

Untuk membuat podcast lebih menarik, Anda bisa menambahkan musik latar dan efek suara tertentu, terutama pada saat transisi. Tujuannya adalah agar podcast yang didengarkan bisa lebih variatif dan tidak membosankan.

7. Buat Cover & Judul Podcast

Setelah rekaman berhasil diedit dan final, Anda bisa melanjutkan dengan membuat judul yang menarik serta cover podcast. Pastikan judul yang dibuat memuat topik utama agar bisa menarik pendengar dan mendengarkan podcast Anda. Sama dengan cover, pastikan desain cover menarik agar ketika konten podcast di-share dapat terlihat menarik melalui cover yang relevan dengan topik. Setelah itu podcast dapat diunggah ke platform tertentu yang memfasilitasi podcast sebagai konten utama seperti spotify.

 

Baca juga: Tips Membuat Studio Pribadi di Rumah, Cocok Untuk Para Content Creator

 

Itulah informasi lengkap mengenai podcast yang mungkin sering Anda dengarkan di beberapa platform media sosial. Nyatanya podcast menarik banyak penggemar karena fleksibel untuk didengarkan di mana dan kapan saja. Untuk Anda yang tertarik menjadi seorang content creator podcast, pastikan untuk membuat konten berkualitas yang didukung dengan audio berkualitas.

Anda bisa menggunakan sewa studio jika membutuhkan tempat yang proper pada saat perekaman audio podcast. Tidak hanya itu, podcast bisa dibuat dengan format video agar bisa disebarkan secara luas seperti Youtube. Sewa studio bisa menjadi salah satu pilihan terutama Anda bisa dengan leluasa menciptakan latar yang mendukung pada saat membuat podcast sekaligus shooting