image

Tips Membuat Studio Pribadi di Rumah, Cocok Untuk Para Content Creator

Sejak tahun 2020, pandemi COVID-19 memaksa semua orang untuk menjaga jarak aman dengan orang lain dan tetap di rumah saja. Selama masa lockdown yang berkelanjutan hingga tahun 2021, banyak kegiatan yang harus dilakukan di rumah dan memunculkan aktivitas baru. Pekerjaan content creator pun semakin banyak digandrungi banyak orang karena penggunaan media sosial yang juga meningkat pesat sejak pandemi dimulai. Maka dari itu, banyak orang yang mulai menata rumah mereka dan membuat studio pribadi untuk kepentingan membuat konten video dan foto. Memiliki studio sendiri di rumah tidak hanya lebih murah dari harus menyewa studio, tapi juga dapat menghemat waktu dan energi. Untuk anda yang juga hendak membuat video di rumah dan membutuhkan studio pribadi, maka anda harus mengikuti tips di bawah ini!

 

Pilih Kamera Yang Digunakan

Kamera video adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh anda untuk membuat video atau foto di rumah. Kamera yang paling banyak disarankan adalah DSLR dan mirrorless camera, tapi memang kedua produk tersebut terbilang mahal. Apalagi jika anda baru mau memulai menjadi content creator. Jangan khawatir, anda juga bisa menggunakan kamera handphone sebagai pengganti video kamera. Jika anda menggunakan kamera handphone, berikut adalah tips untuk mengambil gambar dan video dengan baik:

  1. Atur kamera pada tripod atau permukaan yang datar.

  2. Posisikan kamera sesuai dengan kebutuhan anda.

  3. Berikan sedikit ruang di sekitar subjek yang direkam sehingga ukuran video dapat disesuaikan dengan kebutuhan beberapa platform, seperti 16:9 untuk Youtube atau 9:16 untuk Instagram Reels.

  4. Berikan sedikit ruang di antara subjek dengan latar. Ini dapat membantu menambahkan depth pada gambar atau video.

  5. Periksa pengaturan kamera dan pastikan anda merekam dengan resolusi tertinggi.

 

Pastikan Pencahayaan Cukup

Pencahayaan dapat menciptakan perubahan yang cukup signifikan pada kualitas video, terutama jika merekamnya menggunakan handphone atau laptop. Saat ini produk ring light banyak digunakan di rumah, tidak hanya untuk kebutuhan membuat video, tapi saat kelas-kelas online di Zoom. Banyak content creator yang menggunakan bantuan ring light saat membuat konten video atau foto, tapi tidak sedikit orang yang lebih menyukai efek pencahayaan natural matahari dibandingkan dengan ring light. Untuk mendapatkan efek cahaya yang baik untuk video anda, perhatikan beberapa tips di bawah ini yuk!

  1. Rekam video di tempat yang cukup terang dengan pencahayaan natural saat siang hari. Bahkan saat ini banyak video yang menggunakan efek cahaya masuk dari jendela atau tirai untuk efek lebih “aesthetic”.

  2. Hindari merekam dengan latar belakang jendela karena subjek dapat terlihat gelap dan menghasilkan auto-exposure di kamera.

  3. Nyalakan lampu dalam rumah untuk menambah pencahayaan.

  4. Hindari adanya bayangan dari subjek. 

  5. Jika menggunakan ring light, perhatikan adanya bayangan atau pantulan jika anda menggunakan kacamata.

 

Perhatikan Audio Dalam Video

Meskipun kamera anda terdapat built-in microphone, tapi tidak menjamin kualitas audio yang dihasilkan akan bagus. Dalam hal ini, anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan stand-alone microphone yang jelas akan memberikan hasil audio dengan kualitas tinggi. Selain itu, mic juga akan merekam suara lain yang dibutuhkan, seperti video ASMR atau Mukbang. Tapi, jika anda tidak memiliki microphone, anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Lakukan rekaman di lokasi yang sepi, dengan pintu dan jendela tertutup rapat sehingga tidak ada noise lain yang masuk ke video.

  2. Lakukan rekaman di ruang yang sudah dilapisi karpet, atau ruangan dengan beberapa furniture. Jangan merekam di ruang kosong karena audio mungkin akan sedikit menggema.

  3. Pastikan jika menggunakan handphone dengan built-in mic, tidak tertutup dan terhalang oleh tangan, tripod, atau objek lainnya.

Jika anda menggunakan mic eksternal, berikan jarak antara mic dengan sumber audio (contohnya mulut subjek) karena jika terlalu dekat, maka bisa menghasilkan distorsi pada suara. 

 

Tentukan Lokasi dan Background Video

Salah satu aspek penting dalam sebuah studio pribadi di rumah adalah latar belakang dan lokasi shooting. Bagaimana anda menentukan latar berpengaruh pada tampilan video anda. Saat ini, banyak orang menggunakan stand untuk menggulung latar, biasanya green screen, karena digunakan saat orang menggunakan Zoom. Namun, untuk anda sebagai content creator, anda dapat menggunakan berbagai warna background yang menurut anda sesuai dengan tema video atau foto yang anda lakukan. Tips sederhana untuk menciptakan lokasi dan background video beberapa di antaranya adalah:

  1. Gunakan sudut di rumah yang dinilai nyaman dan rapi.

  2. Gunakan tanaman, meja, aksesoris, buku, dan objek lainnya untuk menambahkan karakter pada video anda.

  3. Jika anda tidak memiliki background bagian rumah yang rapi, maka gunakan backdrop dengan warna polos atau hias sesuai dengan keinginan anda.

 

Jika anda sudah memiliki pengalaman dalam merekam video atau foto, maka anda bisa menggunakan alat-alat yang lebih profesional dan advanced, tapi jika anda baru memulai maka tips-tips di atas mungkin akan berguna untuk anda karena tidak memerlukan budget yang besar. Tapi, studio pribadi di rumah juga memiliki kekurangan. Video yang anda ambil mungkin akan terbatas jenisnya karena keterbatasan ruang atau alat-alat yang dibutuhkan. Untuk membuat video dengan skala yang lebih besar, maka lebih baik anda menggunakan jasa sewa studio. Studio biasanya berukuran cukup besar dan telah dilengkapi oleh fasilitas shooting yang sudah lengkap dan profesional. Anda tidak perlu susah payah mengumpulkan alat satu persatu karena di studio semua sudah tersedia.


Salah satu studio yang mungkin dapat anda pertimbangkan adalah Shooting Star Studio, sebuah studio sewa di Jakarta yang dapat digunakan untuk produksi video dan foto. Shooting Star Studio telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas mumpuni yang dapat menunjang produksi video dan foto anda. Dari mulai kebersihan, keamanan, ketersediaan latar, hingga ruang tunggu, dapat anda temukan di sewa studio ini. Jadi, tunggu apa lagi? Reservasi sekarang juga!