image

Ingin Menjadi Voice Over Artist? Wajib Ketahui Hal Ini

Ketika melihat sebuah video iklan, film atau animasi, tentu Anda sering mendengar suara seseorang yang mengisi suara latar pada salah satu scene-nya. Nah, suara latar tersebut diisi oleh seorang pengisi suara dalam bentuk voice over atau VO. Voice over adalah teknik produksi yang merekam suara di luar layar untuk menjelaskan isi dari sebuah konten audio visual pada iklan, fim, dan animasi. Pengisi suara dari voice over ini biasanya disebut dengan voice over artist yang bertugas mengisi suara latar sebuah video dengan narasi yang sudah dibuat.

Voice over memiliki peran yang cukup penting dalam menarik audiens. Bagaimana tidak, VO yang menarik tentunya akan membuat pendengar merasa lebih nyaman ketika menonton dan mendengarkan sebuah siaran visual yang ditayangkan. Bahkan tidak jarang, suara dari seorang voice over artist menjadi ciri khas dari sebuah brand atau iklan, seperti suara pengumuman pintu teater di bioskop yang diisi oleh Ibu Maria Oentoe dengan suara yang sangat khas. Untuk Anda yang ingin menjadi seorang voice over artist, ketahui beberapa hal berikut ini tentang tugas dan skill apa saja yang dibutuhkan.

 

Baca juga: Wajib Diketahui, 7 Jenis Teknik Pencahayaan Dalam Perfilman

 

Fungsi Voice Over

Fungsi dari voice over sangat beraga, dimana suara latar banyak digunakan dalam berbagai jenis konten audio visual maupun video. Dalam dunia iklan, penggunaan VO memiliki peran yang sangat penting untuk menjadi penguat konten dengan memberikan informasi tambahan dari sebuah produk atau jasa yang dipromosikan. Di acara televisi dan film, voice over hadir untuk menceritakan elemen-elemen plot yang penting. Tidak jarang, para pengisi suara ini sangat membantu bagi sebuah film yang diadaptasi dari luar negeri yang dialih-bahasakan ke dalam bahasa Indonesia. 

 

Tugas Voice Over Artist

Seorang VO artist bukan hanya sekedar mengisi suara dengan membacakan narasi yang sudah dibuat, tetapi juga harus memperhatikan banyak hal. Mulai dari pelafalan, intonasi, hingga nada suara yang bisa menunjukkan ekspresi melalui suara pada video. Nada dan suara yang dihasilkan oleh VO artist ketika membacakan narasi harus mampu menciptakan suasana dan membangun emosi yang bisa diingat oleh audiens. Selain itu, seorang voice over artist nyatanya memiliki beberapa tugas, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membaca Naskah

Tugas utama dari seorang voice over artist adalah membaca naskah yang sudah disediakan oleh klien dengan intonasi dan nada suara yang jelas sesuai dengan brief yang sudah disampaikan sebelum produksi. Proses produksi voice over bisa dilakukan beberapa kali untuk memberikan pilihan pada klien, sehingga Anda perlu menunjukkan nada suara yang bisa mewakilkan ekspresi yang ingin disampaikan dan tentunya menarik untuk audiens. Biasanya proses produksi VO dilakukan di ruangan khusus seperti dubbing room yang dirancang kedap suara untuk membuat rekaman suara dengan kualitas yang bagus. Anda bisa mencari beberapa studio rekaman ataupun studio sewa yang menyediakan dubbing room, sehingga proses rekaman suara dapat dilakukan di waktu yang sama pada saat produksi konten video.

2. Menyiapkan Suara

Bagi seorang VO artist, selain membaca naskah dengan lantang, diperlukan juga mempersiapkan suara khusus ketika membaca naskah. Pada project komersial, suara yang unik dapat membantu branding suatu produk atau layanan yang dipromosikan. Sehingga pesan dari produk atau layanan tersebut bisa tersampaikan melalui informasi suara pada video iklan. Sementara itu, pada film animasi atau karya fiksi lainnya, suara yang dihasilkan harus menciptakan karakter tersendiri pada tokoh.

3. Menyampaikan Pesan

Ketika membacakan sebuah narasi untuk mengisi suara, seorang voice over artist tidak hanya membaca informasi dengan jelas, tetapi juga suara yang dihasilkan memiliki pesan bermakna. Maksudnya adalah dalam mengisi suara latar pada sebuah video haruslah mempunyai message atau pesan khusus yang sesuai dengan tujuan video ditayangkan. Contohnya seperti voice over pada iklan akan terdengar lebih lantang dan bersemangat karena menyampaikan informasi serta kesan dari produk atau jasa yang dipromosikan. Berbeda dengan video company profile, tentu saja voice over artist yang mengisi suara pada video akan terdengar lebih formal dan lebih lembut.

 

Skill yang Dibutuhkan Seorang Voice Over Artist

Untuk menjadi seorang voice over artist, Anda perlu memiliki skill yang mendukung ketika mengisi suara pada sebuah video. Tentu saja membutuhkan latihan khusus dan pengalaman untuk meningkatkan skill. Simak informasi lengkapnya mengenai skill yang dibutuhkan seorang voice over artist sebagai berikut.

1. Pelafalan yang Jelas

Skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang VO talent adalah pelafalan yang jelas ketika membacakan naskah konten. Pelafalan ini mengacu pada kemampuan untuk mengucapkan kata-kata dengan jelas dan lugas. Penilaian baik pada pelafalan seorang voice over artist adalah ketika mengucapkan kalimat tanpa berbelit.

2. Memahami Tempo Membaca

Skill atau keterampilan kedua yang wajib dimiliki oleh seorang VO artist adalah memahami tempo ketika membaca teks naskah konten dengan durasi waktu tertentu. Pengetahuan tentang tempo ini akan membantu seorang VO artist membaca atau berbicara tidak terlalu cepat ataupun lambat sehingga pendengar bisa memahami informasi yang disampaikan. Kecepatan bicara orang di posisi ini umumnya berkisar 140-160 kata per menit, tentunya hal ini perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh pada durasi konten yang akan ditayangkan.

3. Memahami Penekanan dan Intonasi yang Tepat

Penting bagi seorang VO artist untuk memahami intonasi dan penekanan yang tepat ketika menyampaikan pesan atau informasi melalui suara. Intonasi menjadi elemen penting untuk ketepatan pengucapan serta irama kalimat dalam sebuah percakapan. Sehingga informasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan jelas dan memiliki makna yang sesuai.

4. Mampu Menciptakan Karakterisasi Suara

Skill karakterisasi suara yang dimaksudkan adalah seorang VO artist mampu menyampaikan pesan atau informasi dari naskah dengan suara yang hidup dan penuh ekspresi. Misalnya adalah dengan karakter suara yang ceria ataupun formal agar dapat diterima oleh pendengar sesuai jenis konten.

 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Perlu Menambahkan Video Pada Website Bisnis Anda

 

Nah, itulah informasi lengkap seputar voice over yang memiliki peran penting pada sebuah project video komersial maupun film. Tidak hanya itu, peran seorang VO artist pada sebuah project pun membutuhkan keterampilan khusus yang sangat penting dalam menyampaikan pesan informasi kepada pendengar. Latihan dan pengalaman akan sangat membantu seorang voice over artist dalam mengisi suara sebuah konten. Jadi, untuk Anda yang tertarik untuk menjadi seorang voice over artist profesional, terus berlatih dan cari peluang! (Aerilia DBK/Shooting Star)