image

5 Tips Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pelaku Bisnis

Ketika membahas digital marketing tentu tidak ada habisnya karena lingkup yang luas serta inovasi setiap tahunnya sesuai dengan tren dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu berinovasi dalam memasarkan produk, khususnya secara digital. Berbagai platform yang bisa Anda gunakan di jejaring internet mendorong kreativitas dalam ragam konten yang dibuat, sehingga penting untuk menemukan peluang dari target pasar. Lalu, bagaimana membuat digital marketing Anda berhasil dan menarik banyak audiens? Simak tips berikut ini mengenai digital marketing!

 

Baca juga: 5 Tren Content Marketing Yang Efektif Di Tahun 2023

 

5 Tips Digital Marketing untuk Optimalkan Bisnis

Ketika menerapkan digital marketing dalam bisnisnya, banyak cara yang dilakukan dengan biaya yang terbilang tidak sedikit. Namun, dengan perencanaan yang kurang serta teknik yang tidak tepat bisa membuat konten marketing tidak dapat tersampaikan ke audience dan konsumen. Untuk mencegah hal tersebut, simak tips digital marketing berikut ini untuk optimalkan bisnis Anda!

1. Ciptakan Iklan yang Menarik

Tentu saja untuk menarik perhatian seseorang Anda harus menciptakan sebuah visual yang menarik dan berbeda. Hal ini pula sama dengan digital marketing, dimana Anda harus membuat konten marketing yang menarik, mulai dari konsep hingga desain visualnya. Dengan konten dan visual yang menarik mampu menarik perhatian calon konsumen, sehingga produk yang ditawarkan dapat dikenal dengan jelas. Untuk membuat iklan yang menarik pun, Anda memerlukan gambar dan editing desain yang berkualitas. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan calon konsumen untuk menggunakan produk barang atau jasa Anda. Anda bisa membuat desain visual iklan menarik menggunakan software seperti Adobe untuk kualitas gambar yang baik. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa menggunakan jasa videografer untuk membuat video iklan dengan kualitas profesional.

2. Pahami Audience & Kebutuhannya

Audiens merupakan seseorang yang berkomunikasi dengan Anda melalui berbagai macam media, baik itu blog, media sosial, dan lain sebagainya. Dalam pemasaran, mengetahui target audiens merupakan hal yang paling krusial dan pertama dilakukan. Anda perlu mengetahui siapa target audiens, siapa mereka mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal, dan masih banyak lagi. Data kriteria inilah yang bisa membantu Anda dalam memasarkan produk atau jasa sesuai target.

Anda juga bisa mengamati kompetitor, mulai dari cara pemasarannya hingga mengetahui media apa saja yang digunakan dalam digital marketing. Hal ini pula bisa membantu Anda menemukan audiens lainnya dengan menampilkan konten promosi dari sisi tertentu, melalui campaign.

3. Buat Konten Berkualitas

Untuk menarik perhatian audiens tentu sudah jelas bahwa Anda harus membuat konten yang berkualitas. Melalui konten marketing ini, nantinya Anda akan mampu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan. Apalagi di era digital saat ini, konten di berbagai platform media sosial menjadi pertimbangan calon konsumen dalam membeli produk atau jasa dari brand Anda. Pastikan juga konten yang disajikan mampu memenuhi kebutuhan dari audiens, Anda bisa membuat konten video, foto, dan desain visual lainnya.

Anda bisa memanfaatkan tren-tren yang berkembang di media sosial untuk dijadikan sebagai bahan konten yang relevan dengan brand Anda. Hal ini akan membantu brand Anda lebih up to date dan menarik audiens yang sedang mengikuti tren tersebut. Konten yang baik perlu Anda persiapkan dengan tim yang kompeten. Anda bisa bekerja sama dengan production house Jakarta untuk membuat konten iklan commercial berkualitas. Konsep dan visual konten tentu sudah tidak diragukan lagi jika dikerjakan dengan tim fotografer, jasa videografer, dan para profesional lainnya, bukan?

4. Pilih Platform yang Tepat

Dengan kemajuan teknologi digital saat ini membantu Anda mengakses berbagai macam platform media digital. Mulai dari mesin pencarian internet seperti Google hingga media sosial yang cukup banyak saat ini. Namun tidak asal membuat konten, Anda perlu mengetahui karakteristik pengguna masing-masing media sosial yang ternyata berbeda. Dilansir dari We Are Social, di Indonesia penggunaan media sosial Whatsapp yang paling banyak digunakan, yaitu mencapai 88,7%. Lalu ada Instagram sebanyak 84,8%, Facebook 81,3%, TikTok 63,1%, dan Telegram 62,8%.

Pada mesin pencarian pun, Anda bisa memanfaatkan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dan keywords (kata kunci). Dengan cara digital marketing tersebut Anda bisa mendatangkan traffic secara organik ke website Anda. Nantinya Anda bisa menggunakan data dari Google Analytics yang menunjukkan apakah campaign tersebut menarik target audiens dan bisa Anda jadikan acuan dalam membuat konten selanjutnya.

5. Evaluasi Setiap Strategi Pemasaran

Setelah mengetahui tips diatas dan menerapkannya, Anda perlu melakukan evaluasi pada setiap strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Anda bisa menjadikan data dari review strategi sebelumnya sebagai acuan dalam menciptakan strategi konten marketing selanjutnya. Evaluasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dalam meningkatkan promosi brand, dimana lebih banyak menarik audiens, serta jenis konten apa yang lebih menarik. Dan jangan lupa untuk tetap konsisten dalam menyajikan konten menarik dalam memperkenalkan produk Anda. Interaksi audiens di media sosial pun bisa Anda jadikan ide dan masukkan untuk meningkatkan produk atau jasa yang ditawarkan agar sesuai kebutuhan. Terus tingkatkan ide dan ikuti perkembangan tren terkini ya!

 

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Anda Perlu Shooting Video di Studio

 

Itulah beberapa tips dalam digital marketing yang perlu Anda ketahui untuk diterapkan dalam brand Anda. Meningkatkan teknik pemasaran setiap tahunnya perlu dilakukan agar Anda mampu bersaing di era digital dengan sistem yang terbilang cepat. Jadi, terus tingkatkan konten marketing bisnis Anda untuk menarik audiens lebih banyak. Pastikan konten yang disajikan pun berkualitas dengan ide-ide yang menarik. Tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa videografer atau fotografer dari production house Jakarta untuk membuat konten video atau foto berkualitas. Tidak ada usaha yang menghianati hasil & selamat mencoba! (Aerilia DBK/Shooting Star)