image

5 Tren Content Marketing Yang Efektif Di Tahun 2023

Seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun, tren content marketing semakin berkembang. Tidak terkecuali di tahun 2023 yang memiliki beberapa tren content marketing seiring berkembangnya target pasar serta kebiasaan audiens yang berubah. Berangkat dari tahun 2022, konten-konten saat ini dituntut semakin inovasi dengan peluang yang tersedia, terutama di tengah kemajuan teknologi yang cukup pesat. Dilansir dari id.oberlo.com, pengguna media sosial saat ini mencapai 4,59 miliar di seluruh dunia dengan rentang usia 18-29 tahun pengguna paling banyak. Dengan jumlah pengguna media sosial dan internet yang banyak ini menjadi peluang bagi Anda untuk pemasaran dengan content marketing menarik. Simak selengkapnya 5 jenis konten apa yang menjadi tren di tahun 2023!

 

Baca juga: Ketahui 7 Tahapan Pra Produksi Film yang Wajib Dipersiapkan

 

Tren Content Marketing di Tahun 2023

Dikutip dari Buffer (2019), sebanyak 73% pengguna dari brand memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran yang terbilang sangat efektif. Marketing melalui digital ini terbilang cukup efektif dari segi biaya, branding, serta pendekatan dengan audiens melalui interaksi di media sosial. Data Portal (2022) mengungkapkan bahwa sebanyak 75% pengguna internet menjadikan media sosial untuk mencari tahu informasi sebuah brand. Hal ini menunjukkan bahwa content marketing sangat efektif untuk memasarkan suatu produk maupun perusahaan. Kira-kira apa saja konten marketing yang bisa Anda gunakan di tahun 2023?

1. E-Commerce

Akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia kurang lebih 3 tahun membuat masyarakat berbelanja secara online. Frekuensi belanja online saat ini semakin meningkat karena didukung dengan kemudahan akses, cepat dan mudah dalam berbelanja. Di Indonesia pertumbuhan e-commerce terus meningkat seiring banyaknya pengguna dan pengakses internet. Promo yang ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau membuat banyak orang berbelanja di e-commerce. Sehingga untuk berjualan di e-commerce, Anda memerlukan strategi content marketing yang tepat dan menarik.

Seperti promosi gratis ongkir, promo tanggal kembar, hingga live shopping yang saat ini cukup booming di beberapa e-commerce. Bahkan beberapa media sosial membuat fitur e-commerce untuk memudahkan pengguna bisa berselancar di jejaring media sosial sekaligus berbelanja. Hal ini juga membuat pengguna medsos tetap 'stay' karena fitur yang membuat pengguna melihat produk sekaligus berbelanja.

2. Analytics Marketing

Analytics marketing adalah data yang digunakan untuk mengevaluasi aktivitas marketing, apakah itu efektif atau tidak. Analytics marketing ini cukup berguna bagi para marketer dan konsumen. Bagi para marketer hal ini bisa menjadi investasi marketing untuk mengetahui brand awareness dari konsumen dan keefektifan pada konten yang disajikan. Untuk menganalisisnya Anda bisa menggunakan analytic tools yang memiliki banyak fitur untuk mendukung dalam strategi marketing bisnis Anda. Salah satunya yang bisa Anda gunakan adalah Google Analytics yang mampu menginterpretasikan data yang akan terintegrasi dengan Google Optimize, Google Merchant Center, dan bigQuery. Dilansir dari Web Fx, Google akan meluncurkan Google Analytics 4 dengan fitur yang lebih lengkap.

3. Video Content

Konten video saat ini semakin digemari oleh pengguna internet dan media sosial khususnya di tahun 2023. Hal ini didukung dengan fitur video yang terdapat pada beberapa media sosial, sehingga konten video cukup digemari dan menarik perhatian lebih banyak karena cukup interaktif. Tidak hanya pada produk atau jasa yang ditawarkan, brand-brand saat ini bersaing dalam membuat konten video yang menarik perhatian audiens. Dilansir dari We Are Social, pada tahun 2022 diperkirakan ada 50,9% pengguna internet yang menonton video dengan rentang usia 16-64 tahun.

Konten dalam bentuk video cenderung lebih mudah menarik perhatian pengguna internet hanya dalam 6 detik pertama, lho! Tentu saja video haruslah menampilkan visual produk dengan baik dan detail yang membuat customer menjadi tertarik ketika konten dilihat. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan ide konten video yang menarik dan didukung dengan visual video yang berkualitas. Jika Anda memiliki budget lebih, tidak ada salahnya bekerja sama dengan production house. Ide-ide yang Anda inginkan akan diwujudkan secara nyata dengan tim profesional, tentunya hasilnya pun berkualitas.

4. SEO (Search Engine Optimization)

Mungkin Anda sudah mengetahui mengenai SEO yang digunakan untuk mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dilansir dari niagahoster.co.id, setiap harinya ada sekitar 3,5 miliar pencarian lewat Google, hal ini menjadi salah satu peluang bagi Anda dalam mempromosikan bisnis. Anda bisa memanfaat SEO dengan konten marketing yang menarik agar bisa dilihat dan dijangkau oleh pengguna internet secara luas. Tidak hanya konten video yang berisi informasi interaktif dan menghibur, nyatanya banyak orang yang memanfaatkan mesin pencarian untuk mencari informasi lebih detail, lengkap, dan kredibel.

5. Podcast

Tentu bagi Anda pengguna media sosial dan internet sudah tidak asing lagi dengan podcast yang merupakan konten audio dengan format mirip radio yang biasa didengarkan secara streaming atau download melalui internet. Biasanya podcast berisi informasi yang berfokus pada tema atau topik-topik tertentu, mulai dari lifestyle, kisah horor, hingga keagamaan. Di tahun 2023, podcast terbilang cukup efektif menjadi peluang sebagai media promosi. Hal ini karena banyaknya jumlah pendengar podcast melalui aplikasi karena mudah dan praktis didengarkan dimana dan kapan saja. Namun, terdapat hal yang perlu diperhatikan oleh para marketer, dimana Anda harus mampu membuat strategi untuk menyisipkan iklan di tengah podcast yang tetap menarik bagi pendengar atau soft selling.

 

Baca juga: 10 Perlengkapan Membuat Film Pendek Berkualitas & Profesional!

 

Itulah 5 jenis konten marketing yang masih menjadi tren di tahun 2023 sebagai media promosi Anda. Setiap media promosi tersebut memiliki karakteristik tersendiri, dari segi pengguna dan kebiasaannya. Jadi, pastikan Anda mempersiapkan konten marketing yang menarik dan relatable dengan media yang digunakan. Penting untuk Anda menganalisis jenis konten apa yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau jasa brand. Jika jenis konten video yang efektif, pastikan Anda menyiapkan konsep yang baik dan menarik agar mampu menarik audiens.

Anda bisa bekerja sama dengan production house Jakarta yang memiliki berbagai macam ide untuk mewujudkan konten video khususnya commercial bagi brand Anda. Tim production house akan membantu Anda secara profesional dan ahli yang berpengalaman di bidangnya. Jadi, manfaatkan media di jejaring internet untuk promosi yang lebih luas, tentunya dengan konten yang menarik serta informatif! (Aerilia DBK/Shooting Star)