image

10 Alasan Mengapa Anda Perlu Shooting Video di Studio

Saat anda hendak mencari lokasi untuk produksi video anda selanjutnya, anda akan dihadapkan oleh beberapa pilihan. Tergantung oleh jenis video yang anda produksi, lokasi juga berperan penting, lho (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Dari Produksi Video di Indoor dan Outdoor). Entah itu video perusahaan, acara live streaming, video iklan, atau video musik sekalipun, semuanya dapat anda produksi di satu studio. Lalu, sebenarnya keuntungan dan alasan apa saja yang anda dapatkan saat menyewa studio untuk shooting? Simak keuntungannya di bawah ini yuk agar anda tidak perlu ragu lagi untuk sewa studio foto ataupun shooting!

 

Pengaturan Jadwal Lebih Pasti

Tidak perlu khawatir mengenai jadwal shooting yang tidak pasti! Dengan shooting di studio, anda sudah dijadwalkan untuk memulai produksi di hari apa dan jam berapa, serta telah dibatasi pemakaian studio pada hari itu berapa lama sehingga tidak akan ada waktu terbuang. Karena studio sewa itu mudah untuk diatur jadwalnya, anda dapat menjadwalkan waktu shooting dengan menyesuaikan waktu semua kru atau klien, dan tentunya sesuai kebutuhan produksi. Jika ingin memajukan atau memundurkan waktu shooting, anda dapat dengan mudah menghubungi pihak studio dan semua akan diatur secara optimal serta profesional. 

 

Kenyamanan Klien dan Talent

Studio pada umumnya memiliki fasilitas yang sangat mumpuni, dibandingkan dengan shooting di lokasi outdoor. Dilengkapi dengan AC, shooting di studio pastinya tidak akan membuat klien atau model video anda kepanasan dan merasa kurang nyaman selama proses produksi. Di Shooting Star Studio contohnya, sebuah studio sewa di Jakarta, menyediakan ruang tunggu terpisah yang dapat digunakan oleh klien dan talent video agar dapat tetap merasa nyaman karena proses produksi video biasanya memakan waktu yang tidak sebentar. 

 

Minimal Gangguan

Studio biasanya bersifat tertutup dan private, sehingga shooting video atau foto di studio akan sangat meminimalisir gangguan dan interupsi yang tidak diinginkan. Jika produksi dilakukan di luar ruangan, maka besar kemungkinan untuk mendapat gangguan, entah dari pejalan yang lewat, suara-suara bising kendaraan, dan noise lainnya. Selain itu, gangguan lain juga bisa datang dari kru-kru yang bertugas, misalnya suara handphone yang berbunyi di tengah produksi. Dengan shooting di studio, anda dapat menetapkan peraturan bahwa di dalam studio, handphone harus dalam mode getar atau mati sehingga tidak akan mengganggu jalannya shooting.

 

Akses Lengkap Ke Peralatan dan Properti Lain

Studio sewa yang cukup besar biasanya dilengkapi oleh peralatan shooting dan properti tambahan. Kamera anda rusak? Studio mungkin menyediakan kamera tambahan untuk digunakan. Lampu lighting mati? Studio pasti memiliki stok bohlam lain. Jika shooting dilakukan di lokasi outdoor dan ada peralatan atau properti yang tiba-tiba tidak berfungsi, pasti akan sulit mendapatkan gantinya! Hal ini sudah pasti menjadi pertimbangan apakah anda akan memilih produksi di studio atau lokasi luar.

 

Tempat Membangun Relasi

Di beberapa studio shooting di Jakarta, biasanya terdapat sejumlah ruangan studio dalam satu bangunan. Besar kemungkinan akan ada beberapa proyek yang terjadi dalam satu waktu. Dengan begitu, besar juga kesempatan anda untuk dapat membangun relasi baru dengan sesama pekerja kreatif yang sedang menggunakan studio lain di gedung yang sama. Anda bisa saling berkenalan dan mungkin bertukar ide di sela-sela break produksi. Dengan demikian, kita dapat tahu bahwa ternyata studio dapat menjadi ruang kolaboratif sesama pekerja kreatif, ya!

 

Ciptakan Sendiri Dunia Anda

Studio adalah bagaikan sebuah kanvas yang masih bersih. Dengan kata lain, anda bebas menciptakan dunia yang anda mau di sebuah studio! Set dapat anda bangun sesuai dengan kebutuhan shooting dan ekspektasi tim atau klien yang memiliki proyek dengan bantuan para kontraktor dan desainer. Anda sebagai tim produksi memiliki kendali penuh terhadap studio dan dunia yang ingin anda ciptakan. Maka dari itu, dibandingkan dengan shooting di luar atau lokasi langsung, anda dapat lebih leluasa mendekorasi studio sesuai dengan kebutuhan produksi.

 

Budget Lebih Efisien

Salah satu keuntungan dari menggunakan studio adalah pengaturan budget yang lebih efisien. Jika produksi dilakukan di satu lokasi, tidak jarang lho akan ada beberapa budget tak terduga yang bisa anda keluarkan. Sebagai contoh, uang keamanan, kebersihan, hingga biaya izin shooting di tempat-tempat tertentu. Selain shooting di lokasi, membuat studio sendiri di rumah juga memungkinkan anda mengeluarkan biaya lebih. Biasanya biaya yang dibutuhkan adalah untuk membeli aneka peralatan kebutuhan dan pendukung shooting yang harganya jelas tidak murah. Di studio, biaya yang anda bayarkan di awal pada umumnya sudah termasuk biaya-biaya di atas, jadi nggak akan ada lagi deh budget yang tiba-tiba membengkak! 

 

Menghemat Waktu

Jika anda shooting lokasi atau outdoor, anda harus menurunkan semua barang dari mobil, mengatur seluruh peletakan lighting dan kamera, serta mengatur alat-alat dan properti lainnya. Bayangkan jika saat anda sampai ke lokasi, semua lighting dan alat-alat serta properti telah siap digunakan. Hal tersebut lah yang ditawarkan oleh studio produksi! Dengan shooting di studio, anda dapat memiliki waktu lebih untuk melakukan persiapan lainnya. Bahkan akan sangat mungkin proses produksi anda jadi lebih cepat, lho. 

 

Meningkatkan Nilai Produksi

Pencahayaan atau lighting studio merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan nilai produksi anda secara signifikan. Salah satu keuntungan dari shooting di studio adalah bahkan dengan kamera yang lebih murah sekalipun, pencahayaan di studio akan memberikan nilai lebih. Berbeda dengan pencahayaan natural, lighting di studio memberikan kesan lebih profesional dan “niat” pada video atau foto anda. 

 

Keamanan dan Kebersihan Yang Lebih Terjamin

Studio pada umumnya dilengkapi tim keamanan yang mumpuni untuk menjaga jalannya proses produksi dari berbagai gangguan. Dari mulai kendaraan pribadi, peralatan shooting, hingga menjaga agar shooting berjalan sesuai rencana dan jadwal, akan dibantu langsung oleh tim keamanan. Jadi, anda bisa lebih fokus dalam mengerjakan produksi tanpa harus mengkhawatirkan hal-hal kejahatan yang dapat mengancam kenyamanan klien atau talent, serta kru-kru yang lain. Selain itu, anda tidak perlu khawatir mengenai kebersihan karena setelah shooting selesai, tim kebersihan dari studio akan membantu membereskan dan membersihkan studio kembali. Eits, tapi bukan berarti anda tidak menjaga kebersihan studio, ya! Menjaga kebersihan selama shooting tetap harus dilakukan karena walaupun bersifat private, studio yang anda sewa tetap merupakan fasilitas yang mesti dijaga untuk kepentingan umum.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami untuk membuat jadwal produksi video anda.