image

Ketahui Jenis-Jenis Iklan Sebagai Media Promosi

Iklan merupakan salah satu media pemasaran atau promosi yang cukup banyak digunakan hingga saat ini. Semakin berkembangnya zaman, iklan yang digunakan untuk promosi pun semakin bervariatif, terutama didukung dengan perkembangan media iklan yang saat ini semakin canggih. Anda bisa menemukan berbagai macam iklan kreatif di billboard hingga platform media sosial yang cukup banyak. Namun, iklan-iklan ini haruslah menarik dan bersifat persuasif agar audiens tertarik dengan produk atau informasi yang ditampilkan. Lalu, kira-kira iklan seperti apa yang cocok dengan perusahaan Anda? Simak informasi selengkapnya mengenai jenis-jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan promosi Anda!

 

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Konten Marketing Yang Efektif Untuk Pemasaran Produk

 

Jenis-Jenis Iklan

Salah satu strategi promosi yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan produk serta perusahaan adalah dengan menggunakan iklan. Sehingga iklan yang dibuat harus menarik perhatian audiens agar mengenal produk atau perusahaan Anda. Salah satu faktor keberhasilan dari promosi ini adalah pada metode atau jenis iklan yang sesuai dengan target pasar. Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan promosi produk dan perusahaan Anda.

1. Iklan Penawaran

Iklan penawaran merupakan salah satu strategi promosi yang cukup efektif karena mengandung penawaran terhadap barang atau jasa. Tujuan dari jenis iklan ini adalah untuk menjangkau target pasar yang cukup luas dalam waktu yang terbilang singkat. Penyajian dari iklan penawaran pun beragam di berbagai jenis media, seperti TV, radio, surat kabar, dan internet dalam bentuk poster hingga video interaktif.

Hal yang membedakan iklan penawaran dengan jenis iklan lainnya adalah pada konten yang menjelaskan berbagai keunggulan, fitur, serta benefit agar diterima oleh masyarakat dan melakukan tindakan tertentu. Sehingga iklan penawaran harus mencakup konten yang informatif, persuasif, dan pengingat bagi pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.

2. Iklan Komersial

Pada dasarnya, iklan komersial merupakan salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan produk barang atau jasa dan memotivasi pembeli potensial serta pendapatnya tentang produk tersebut. Tujuan dari iklan komersial selain memperkenalkan produk adalah untuk mempengaruhi masyarakat, terutama target pasar yang sudah ditentukan sekaligus meningkatkan nilai penjualan. Iklan komersial dapat disajikan dalam berbagai bentuk, namun yang paling sering dan banyak dilihat masyarakat adalah dalam bentuk digital seperti video.

Video iklan komersial biasanya berisi tentang produk, keunggulannya, cara penggunaan dan lain sebagainya. Dengan audiens yang cukup banyak melalui iklan video, maka iklan komersial dalam bentuk ini terbilang cukup efektif. Anda bisa bekerja sama dengan production house Jakarta untuk mewujudkan ide konsep promosi yang dibantu oleh pekerja kreatif profesional dan berpengalaman.

3. Iklan Perusahaan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan perusahaan adalah melalui iklan perusahaan. Iklan perusahaan biasanya menampilkan profil dari perusahaan itu sendiri untuk menampilkan citranya sesuai target pasar. Tidak hanya itu, pada iklan ini pula ditampilkan produk atau jasa yang ditawarkan, serta kelebihannya dibandingkan perusahaan lainnya.

Mungkin Anda sering mendengar tentang video company profile yang cukup efektif di era digital. Sehingga untuk menarik audiens melihat profile perusahaan Anda, pastikan iklan yang dikemas menarik bahkan Anda bisa menjadikan iklan tersebut sebagai company profile. Namun, pastikan sesuai dengan target yang disasar dan konsultasikan dengan ahlinya seperti para pekerja kreatif di production house yang akan membantu Anda.

4. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat identik dengan iklan yang berhubungan dengan institusi pemerintahan. Seperti yang sudah Anda sering lihat dan ketahui bahwa iklan layanan masyarakat biasanya berisi ajakan kepada masyarakat untuk mendukung atau berpartisipasi dalam program pemerintahan. Contoh iklan layanan masyarakat biasanya berupa informasi untuk tidak golput saat pemilu, tidak korupsi, hingga kampanye menjauhi narkoba. Anda bisa menemukan iklan layanan masyarakat secara langsung seperti pada billboard jalan maupun secara digital seperti pada iklan TV, radio, maupun melalui media sosial.

5. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang ditayangkan untuk memberitahukan suatu hal penting kepada masyarakat luas atau audiens, baik itu melalui media cetak maupun elektronik. Agar dapat tersampaikan dengan baik, iklan pengumuman harus memiliki judul yang menarik agar dibaca atau didengar oleh audiens. Selain itu iklan juga didukung dengan visual yang eye-catching serta informasi yang jelas agar pesan yang disampaikan sesuai. Iklan pengumuman ini banyak digunakan untuk pemberitahuan berita duka cita, reuni akbar, dan lain sebagainya.

 

Manfaat Iklan

Setelah mengetahui jenis iklan yang seringkali digunakan, berikut ini adalah manfaat dari iklan yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kesadaran Pembeli Potensial

Iklan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran pembeli dan pelanggan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan melihat iklan yang ditampilkan, pembeli akan menyadari ada produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan Anda. Hal ini menjadi peluang bagi Ada untuk menjangkau pembeli dan pelanggan lebih luas.

2. Media Promosi

Sebagai media promosi, iklan digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa dari suatu perusahaan melalui keunggulannya. Sehingga masyarakat yang melihat menjadi tertarik membeli dan menyadari produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Sebagai Perbandingan Dengan Kompetitor

Iklan bisa menjadi perbandingan dengan kompetitor dari produk atau jasa yang ditawarkan. Calon pembeli tentu akan menjadikan keunggulan yang ditampilkan pada iklan sebagai pertimbangan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga penting bagi Anda membuat iklan yang informatif, visual yang jelas serta menarik, dan mudah dilihat maupun dijangkau oleh audiens.

 

Baca juga: Mengenalkan Perusahaan Melalui Video Company Profile

 

Itulah informasi lengkap seputar jenis-jenis iklan yang wajib diketahui sebelum Anda menggunakan iklan untuk mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan. Selain itu, ketahui pula manfaat iklan yang menjadi pertimbangan promosi apa yang perlu dilakukan dan seperti apa sesuai target pasar. Untuk membuat iklan menarik, pastikan Anda melakukan riset dan konsep menarik yang membedakannya dengan kompetitor. Jika memiliki biaya lebih, Anda bisa bekerja sama dengan production house untuk membuat iklan menarik dalam bentuk video yang diwujudkan dari ide-ide menjadi kenyataan. Tentunya didukung dengan tim yang profesional serta berpengalaman. (Aerilia DBK/Shooting Star)