image

Mengenalkan Perusahaan Melalui Video Company Profile

Kemajuan teknologi saat ini mendorong kita untuk memaksimalkan berbagai platform media digital yang ada dan semakin beragam. Media digital ini dijadikan sebagai sarana untuk pemasaran dalam menyebarkan informasi, khususnya dalam suatu bisnis. Untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan, Anda bisa memanfaatkan video company profile. Berkembangnya peran digital marketing membuat video company profile menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif. Kira-kira apa saja yang biasa ditampilkan dalam video company profile dan apa saja manfaatnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Baca juga: 6 Alasan Menjadikan Media Sosial Sebagai Media Promosi

 

Apa itu Video Company Profile?

Video company profile merupakan sebuah profil perusahaan yang disajikan atau ditampilkan dalam bentuk video. Seperti yang sudah diketahui, profil perusahaan berisi visi misi, keunggulan perusahaan, produk dan jasa yang ditawarkan, hingga portfolio pada beberapa jenis perusahaan. Namun, di era digital marketing, semua poin tersebut ditampilkan melalui video, sehingga diperlukan proses pembuatan konten yang bekerja sama dengan production house. Beberapa riset pun mengatakan bahwa sesuatu dalam bentuk media visual dinamis jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan visual statis. Artinya adalah bahwa melalui video, pesan dari identitas perusahaan bisa lebih tersampaikan dibandingkan dengan pesan yang dibuat secara tertulis.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa company profile harus menjelaskan siapa mereka, apa tujuan mereka, apa produk atau jasa yang dimiliki, serta keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Poin-poin tersebut bisa Anda tampilkan dalam format video dengan durasi yang singkat yaitu sekitar 2-3 menit, sehingga dibutuhkan perencanaan ide dan konsep yang baik. Pastikan untuk Anda bisa membuat video yang mampu mengambil perhatian penonton di 5 detik pertama agar bisa dilihat hingga video selesai. 

 

Manfaat Video Company Profile

Dikutip dari riset Hubspot, pelaku marketing yang menggunakan konten video bisa tingkatkan pendapatan sebesar 49% lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak menggunakan video. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari video company profile yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk segera membuatnya.

1. Untuk Menjelaskan Siapa dan Apa yang Disajikan Brand Perusahaan

Sebelum memilih produk atau jasa yang akan digunakan dari perusahaan tertentu, konsumen pasti akan mencari tahu produk atau jasa apa yang dimiliki serta keunggulannya Untuk itu, Anda bisa menampilkan informasi produk atau jasa dari perusahaan pada video singkat. Pastikan Anda membuat konsep yang menarik dan mencakup informasi untuk menjelaskan siapa dan apa yang disajikan serta manfaatnya bagi kehidupan dengan durasi yang singkat. Melalui video ini, penonton bisa mendapatkan informasi lengkap dan menjawab pertanyaan mereka mengenai brand.

2. Media Untuk Menceritakan Sejarah & Kisah Brand Perusahaan

Video company profile tidak harus dengan konsep yang formal, dimana dengan ide dan konsep menarik bisa menarik penonton untuk melihat video tersebut. Menarik perhatian konsumen melalui hubungan dan rasa empati merupakan cara yang paling efektif. Anda bisa menampilkan kisah dibalik brand atau produk Anda agar konsumen bisa merasakan kedekatan dengan brand tersebut. Untuk membuatnya, Anda bisa bekerja sama dengan production house yang mampu menyalurkan ide-ide yang dimiliki dalam tampilan visual yang menarik dan bermakna. Tentu saja, ide dan konsep bisa tercapai dan sampai ke konsumen didukung dengan suasana serta teknik pengambilan gambar yang mampu menampilkan emosi tertentu sesuai arahan dari ahli visual. Dengan begitu konsumen akan datang untuk membeli dan menggunakan brand kita seperti layaknya teman yang datang setelah mendengar cerita dan ini berpengaruh pada loyalitas konsumen.

3. Menarik Perhatian SDM Pekerja Berkualitas untuk Perkembangan Perusahaan

Tidak hanya untuk memperkenalkan brand perusahaan, video company profile juga bisa menjadi media untuk branding perusahaan Anda. Branding melalui video company profile ini memberikan keuntungan bagi perusahaan karena mampu menarik sumber daya manusia berkualitas yang akan membantu perusahaan bisa berkembang. Para SDM berkualitas ini pun menjadikan branding perusahaan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Disinilah video company profile yang baik bisa membantu Anda pelaku usaha untuk meyakinkan SDM berkualitas.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen. Jadi, video company profile bisa membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness pada perusahaan. Berkembangnya media digital, memudahkan Anda dalam mempromosikan perusahaan dengan cara yang mudah dengan  budget yang tidak besar. Mulai dari melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Linkedin dan Youtube, serta media konvensional seperti baliho LED. Media-media tersebut merupakan salah satu fasilitas yang sering diakses oleh konsumen dimanapun dan kapanpun dengan jangkauan yang luas.

 

Konten Video Company Profile

Selain mengetahui manfaatnya dari video company profile, Anda juga perlu mengetahui apa saja konten yang wajib ada dalam video. Pastikan konten video berisi informasi yang jelas dan lengkap, sehingga konsumen dapat memahami kualitas serta informasi lain mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda tampilkan dalam video company profile, namun yang terpenting adalah penjelasan dari pertanyaan sebagai berikut, seperti:

  • Siapa Anda/Brand/Perusahaan?
  • Layanan atau produk apa yang Anda miliki?
  • Tujuan dari layanan atau produk Anda?
  • Mengapa konsumen harus memilih produk atau jasa Anda dibandingkan brand serupa?

keempat pertanyaan mendasar ini bisa Anda tampilkan dalam bentuk visual dari video company profile dengan sentuhan cerita yang menarik dan memikat emosi konsumen dengan durasi yang singkat.

 

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Konten Marketing Yang Efektif Untuk Pemasaran Produk

 

Bagaimana Cara Membuat Video Company Profile?

Setelah membaca informasi diatas mengenai video company profile dan manfaatnya di era digital, membuat Anda tertarik menjadikan video sebagai media promosi. Untuk membuatnya Anda perlu melakukan banyak riset serta sumber daya yang bisa membantu dalam pembuatan video. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan peralatan profesional untuk hasil video yang berkualitas. Anda bisa menggunakan jasa videografer berkualitas untuk membantu dalam produksi video profesional dan tentunya menarik konsumen. Dengan budget yang lebih, Anda bisa menggunakan jasa production house untuk memproduksi video company profile yang lebih profesional dan berkualitas, tentunya Anda akan sangat terbantu untuk mewujudkan ide serta konsep menarik. (Aerilia DBK/Shooting Star)