image

Mengenal 5 Jenis Konten Marketing Yang Efektif Untuk Pemasaran Produk

Kemudahan dalam mengakses internet mendorong banyaknya ragam jenis konten yang digunakan sebagai media promosi suatu bisnis baik itu produk maupun jasa. Berbagai macam konten kreatif disajikan dalam berbagai platform digital seperti website dan media sosial. Banyaknya sajian konten hadir dengan ide-ide yang harus kreatif untuk dapat menarik banyak audiens. Konten marketing saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena dapat menarik banyak pelanggan dengan jangkauan yang luas. 

Namun, perlu diketahui bahwa strategi pemasaran online jauh lebih kompleks dari offline. Pemasaran secara online membutuhkan waktu riset lebih lama agar produk yang dijual sesuai dengan karakteristik target pasar di waktu tersebut. Dengan banyaknya pilihan dalam pemasaran online, Anda perlu mengatur strategi yang tepat agar sesuai dengan anggaran. Banyaknya jumlah pengakses internet, khususnya para pelaku bisnis, membuat Anda harus mampu menciptakan konten dengan ide-ide yang kreatif. Simak informasi berikut ini mengenai jenis konten marketing yang efektif untuk pemasaran bisnis pada produk maupun jasa!

 

Blog Artikel 

Jenis konten blog artikel merupakan salah satu konten yang biasa diunggah melalui website untuk membantu audiens lebih mengenal produk pada bisnis Anda. Konten artikel tersebut biasanya berisi topik-topik yang relevan dan saling berkesinambungan dengan produk bisnis yang dijual. Namun, dalam penulisan artikel di website tidak sembarangan, Anda wajib menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang membantu artikel yang ditulis dapat muncul di mesin pencarian Google ketika memasukkan kata kunci yang tepat. 

Anda perlu menerapkan kata kunci atau keyword yang SEO friendly dalam blog artikel yang akan di-upload pada website bisnis. Tentunya kata kunci tersebut relevan dengan pembahasan topik artikel serta up-to-date. Anda bisa membuat artikel dengan topik informasi menarik yang sedang tren dan pastikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. 

 

Video 

Konten video merupakan salah satu jenis konten yang dapat menarik banyak audiens. Tampilan visual bergerak dan informatif yang disajikan video membuat audiens lebih tertarik dengan jenis konten ini dalam berbagai platform seperti YouTube, Instagram, Facebook, TikTok dan masih banyak lagi. Berdasarkan penelitian menurut HubSpot, 54% audiens inginkan jenis konten video dibanding konten lainnya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan konten video untuk mempromosikan produk bisnis. 

Video marketing bisa dibuat dengan menggunakan perangkat yang biasa Anda pakai sehari-hari seperti smartphone atau kamera untuk kualitas gambar yang lebih baik. Anda bisa memasukkan konten video berupa review produk, tips dan trick, rekomendasi produk, hingga manfaat produk dari bisnis Anda. Namun, jika memiliki budget lebih, Anda bisa membuat konten video marketing atau video ads yang lebih profesional melalui production house. Melalui production house, Anda bisa membuat video ads dengan ide-ide menarik yang terencana dan tentunya kualitas video yang lebih profesional. Sehingga, Anda bisa menarik dan meyakinkan minat audiens dengan produk bisnis yang dipromosikan. 

Baca juga: Tips Membuat Video Iklan Yang Efektif

 

Infografis 

Infografis merupakan sebuah media informasi yang disajikan dalam bentuk teks yang dipadukan dengan elemen visual berupa gambar, ilustrasi, grafik dan tipografi. Media konten infografis dapat Anda gunakan untuk meningkatkan trafik sebuah konten promosi. Audiens akan lebih tertarik dengan jenis konten informatif yang menyajikan dalam bentuk visual menarik, sehingga dapat meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, infografis juga dapat merangkum sebuah informasi penting menjadi lebih singkat, padat dan jelas hanya dalam satu gambar saja. Anda bisa memberikan informasi mengenai produk bisnis dengan detail dan singkat yang membuat customer melihat dan tertarik. 

 

User Generated Content

User Generated Content (UGC) merupakan semua konten yang berupa foto, teks, video, ulasan dan lainnya yang dibuat oleh para pengguna untuk di posting di media sosial. Biasanya para pengguna akan menceritakan tentang pengalaman atau opini setelah menggunakan produk atau service yang mereka sukai. Ketika diunggah di media sosial, biasanya mereka akan menggunakan hashtag dan menuliskan nama brand dengan cara di-mention pada postingan yang memungkinkan dilihat oleh banyak orang. Sehingga, brand yang disebutkan tersebut, bisa memanfaatkannya dengan cara mengunggah ulang atau repost postingan tersebut untuk menjadi bahan marketing mereka. 

Dilansir dari lemon.co.id, 90% pembeli mengatakan bahwa pembelian mereka dipengaruhi oleh UGC. Bahkan 70% pembeli mengalami peningkatan kepercayaan pada suatu produk atau service karena UGC. User Generated Content bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk dengan mudah yang bisa meningkatkan traffic secara organik, membangun kepercayaan brand yang lebih kuat, serta meningkatkan engagement dari customer. 

 

Testimoni 

Dalam dunia pemasaran, testimoni merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk mendapatkan kepercayaan dari customer. Testimoni adalah pernyataan atau pesan konsumen mengenai pengalamannya selama bertransaksi, pelayanan penjual, hingga kualitas dari barang atau jasa yang dibeli. Jenis konten testimoni sama seperti User Generated Content yang memposting konten dari audiens tentang pengalaman mereka dengan produk atau jasa yang digunakan. Namun, konten testimoni terbukti memiliki manfaat yang lebih banyak sebagai cara untuk mempromosikan sebuah bisnis. 

Testimoni pada sebuah bisnis dapat meningkatkan rasa kepercayaan konsumen, dapat menjadi pemasaran gratis yang efektif. Tidak hanya itu, testimoni juga bisa menjadi bahan evaluasi bagi produk atau jasa bisnis Anda agar lebih baik setelah mengetahui kritik dari konsumen. Dengan adanya testimoni, bisa digunakan untuk bahan materi iklan yang bisa di-update pada akun media sosial, blog, atau email. 

Salah satu jenis konten testimoni yang banyak digunakan adalah dengan cara berbayar melalui jasa seorang influencer. Menyewa jasa seorang influencer saat ini merupakan cara baru dalam dunia digital marketing, terutama karena memiliki dampak yang cukup besar ketika dipromosikan. Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan kriteria dan target audiens yang dituju melalui pengikutnya hingga konten branding influencer tersebut. 

 

Baca juga: Cara Memanfaatkan Pemasaran YouTube Untuk Usaha B2B Anda


Itulah beberapa informasi mengenai jenis konten marketing yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa secara digital. Berbagai cara bisa dilakukan dengan menuangkan ide dan konsep kreatif yang dapat menarik audiens melihat konten promosi yang disajikan, sehingga audiens tertarik dengan produk yang ditawarkan pada sebuah brand bisnis. Yuk, tingkatkan promosi bisnis Anda melalui konten marketing yang menarik dan out of the box! (Aerilia DBK/Shooting Star)