image

7 Material Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Set Shooting Video Iklan & Film di Studio

Ketika melakukan produksi project film atau video iklan, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan. Semua persiapan biasa dilakukan dalam tahapan pra produksi dan dipersiapkan oleh banyak orang yang tergabung dalam beberapa tim. Salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan dalam menunjang proses produksi pembuatan video iklan adalah set atau latar yang digunakan untuk shooting. Ketika melakukan shooting di dalam studio sewa, tentu Anda harus membuat set yang sesuai dengan konsep ide cerita. Nah, kali ini kita akan membahas material apa saja yang biasa digunakan untuk membuat set shooting video iklan maupun film di Studio, simak informasi berikut ini!

 

Baca juga: Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Studio Shooting Yang Tepat!

 

Material Untuk Set Shooting Video Iklan

Setting atau yang lebih dikenal dengan set merupakan latar cerita yang dilengkapi dengan properti yang dibutuhkan untuk shooting. Untuk membuat set shooting, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam material yang biasa ditemukan sehari-hari. Pada dasarnya material apa saja bisa digunakan untuk membuat set latar shooting video sesuai kreatifitas dari tim tata artistik. Namun, pastikan juga material aman digunakan dengan kondisi tertentu, seperti di ruang yang terpapar sinar matahari secara langsung.

1. Styrofoam

Styrofoam adalah jenis material busa polystyrene yang memiliki karakteristik ringan, kaku, tembus cahaya, murah, namun cepat rapuh. Untuk itu material polystyrene dicampur dengan seng dan senyawa butadiena untuk membuatnya lebih kuat. Namun hal tersebut mengakibatkan polystyrene kehilangan sifat jernihnya dan berubah warna menjadi putih susu. Styrofoam merupakan salah satu material yang cukup sering digunakan untuk membuat properti yang menunjang set latar shooting.

Selain harganya yang terjangkau, styrofoam mudah untuk dibentuk dan dikreasikan menjadi berbagai jenis properti atau barang yang dibutuhkan. Jenis styrofoam yang seringkali digunakan untuk set adalah jenis lembaran ataupun bentuk lainnya yang bisa di custome sesuai kebutuhan shooting. Anda juga bisa memberikan sentuhan warna dengan cat pada styrofoam agar terlihat lebih realistic.

2. Triplek

Triplek atau plywood merupakan jenis material yang terbuat dari beberapa lapis kayu veneer yang direkatkan secara bersama-sama agar menjadi sebuah papan. Selain digunakan sebagai material untuk membangun rumah, triplek juga bisa Anda gunakan untuk membuat set atau backdrop di studio sewa shooting maupun lokasi outdoor. Jenis material ini bisa digunakan untuk membangun dinding pada set konsep ruangan maupun bangunan karena sifatnya yang cukup kokoh. Dengan sifatnya yang fleksibel membuat triplek mudah dibentuk serta diaplikasikan, cukup merekatkan triplek dengan lem sesuai arah serat agar lebih kuat. Sisanya Anda bisa memberikan warna yang sesuai agar terlihat lebih menarik.

3. Cat

Seperti yang sudah diketahui, untuk memberikan warna pada permukaan benda, cat adalah bahan yang tepat untuk digunakan. Namun terdapat banyak jenis cat yang digunakan pada karakteristik bahan tertentu saja. Untuk mewarnai properti dari styrofoam, Anda bisa menggunakan jenis cat akrilik yang tidak menimbulkan kerusakan dan dapat menempel dengan  baik. Untuk set yang terbuat dari triplek, Anda bisa menggunakan jenis cat water based yang aman untuk kayu serta ramah lingkungan. Dalam proses pengecatan pun pastikan kamu menggunakan teknik yang tepat untuk hasil yang baik. Sesuaikan juga lokasi pengecatan properti, sebaiknya lakukan di ruangan terbuka untuk menjaga keamanan.

4. Kayu

Jenis material ini cocok digunakan untuk membuat set shooting dengan daya tahan kekuatan yang tinggi. Kayu cocok digunakan untuk membuat konstruksi set ruangan dan bangunan ataupun properti lainnya yang membutuhkan kekuatan lebih. Selain itu, material kayu memiliki daya tahan yang lama, sehingga Anda bisa menggunakan kembali material tersebut untuk kebutuhan set di project lainnya. Selain itu, material kayu juga mudah dibentuk, sehingga Anda bisa berkreasi menciptakan set sesuai ide cerita. Kelemahan material kayu yang perlu diketahui adalah tidak tahan api dan mudah terbakar, jadi pastikan Anda menyesuaikan material dengan kebutuhan shooting.

5. Kardus

Kardus adalah kertas tebal atau karton yang biasa digunakan untuk membungkus barang. Bahan ini memiliki ketebalan 2 sampai 5 mm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bahkan terdapat kardus yang memiliki ketebalan hingga 10 mm dan terdiri dari 7 lapisan. Sehingga kardus seringkali digunakan sebagai bahan untuk pembuatan properti pada set. Kelebihan dari bahan ini adalah mudah dibentuk, kokoh, ramah lingkungan, serta harga yang terjangkau tentunya. Namun, dibalik itu terdapat kekurangan dari bahan kardus yaitu mudah sobek dan tidak memiliki daya tahan yang kuat. Kardus hanya dapat digunakan 1-2 kali penggunaan karena bahan ini juga tidak tahan panas di luar ruangan dalam waktu lama.

6. Kain

Tentu saja kain merupakan material yang sering digunakan sebagai properti set untuk shooting. Tidak hanya sebagai dekorasi, kain digunakan untuk melapisi properti seperti bantal, sofa, dan barang lainnya yang terbuat dari kain. Salah satu background yang sering digunakan untuk shooting untuk memberikan efek visual yaitu green screen yang terbuat dari kain berwarna hijau. Kain bisa digunakan berkali-kali dengan perawatan yang tepat, serta mudah untuk dibentuk. Namun perlu diperhatikan lagi bahwa kain mudah berubah warna dan tidak tahan panas tinggi, sehingga perlu diperhatikan lagi dalam penyimpanannya.

7. Kawat

Kawat adalah bahan yang terbuat dari logam panjang dan lentur. Kawat bisa dimanfaatkan untuk membuat set shooting karena mudah untuk dibentuk serta memiliki ukuran yang beragam. Bahan ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk membuat rangka atau mengikat sambungan karena sifatnya yang kuat. Namun kawat sulit untuk digunakan berulang karena setelah digunakan kawat akan sulit dibentuk lagi. Pengaplikasiannya pun Anda membutuhkan tang serta gunting khusus kawat untuk melepaskan ikatan saat digunakan.

 

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Green Screen, Background Yang Sering Digunakan Untuk Shooting

 

Itulah informasi mengenai 7 material yang sering digunakan untuk membuat properti dan set kebutuhan shooting. Bahan-bahan ini mudah ditemukan dan tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau serta mudah dibentuk. Ketika sewa studio foto Jakarta atau shooting, pastikan Anda menggunakan perlengkapan dan set yang bisa dipindahkan serta tidak meninggalkan bekas secara permanen. Jangan lupa untuk perhatikan karakteristik barang sesuai dengan kebutuhan, apakah lokasi shooting indoor maupun outdoor. (Aerilia DBK/Shooting Star)