image

6 Alasan Menjadikan Media Sosial Sebagai Media Promosi

Saat ini media sosial bukan hanya sekedar media untuk jejaring sosial dan hiburan, tetapi juga sebagai salah satu media promosi. Berdasarkan data dari We Are Social, pengguna media sosial di Indonesia pada tahun 2022 adalah sebanyak 191 juta orang. Data tersebut bahkan bisa bertambah jumlahnya seiring berjalannya waktu serta kemudahan dalam mengakses internet dan media sosial. Jumlah tersebut berdasarkan jumlah pengguna dari berbagai macam media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Dengan jumlah pengguna yang banyak saat ini membuat media sosial banyak dimanfaatkan sebagai media promosi dalam sebuah bisnis karena memiliki jangkauan yang luas. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis, simak informasi berikut ini mengenai alasan menjadikan media sosial sebagai media promosi yang cukup efektif bagi produk bisnis Anda!

 

Baca juga: Dijamin Viral dan Sukses, Ini 5 Tips Manfaatkan TikTok Untuk Marketing

 

Iklan Online Selama 24 Jam

Alasan pertama yang menjadikan media sosial sebagai media promosi adalah Anda bisa memasang iklan secara online yang akan terpampang dan tersebar selama 24 jam. Jangka waktu yang cukup lama tersebut sangat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan promosi melalui berbagai macam jenis media sosial dan mendapatkan jangkauan audiens yang luas. Sehingga dengan adanya iklan online selama 24 jam memungkinkan audiens melihat iklan ketika menggunakan media sosial tanpa ada batasan waktu tertentu saja.

 

Jangkauan yang Luas

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kecanggihan teknologi saat ini mendukung kemudahan bagi masyarakat dunia untuk mengakses internet, salah satunya media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi. Berdasarkan data dari Hootsuite (We Are Social), pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta orang di tahun 2022. Lalu pengguna Instagram mencapai 63 juta orang serta Twitter yang memiliki 10,65 juta pengguna di tahun 2022. Bahkan jumlah tersebut bisa bertambah terus seiring berjalannya waktu dan kemudahan masyarakat dalam mengakses internet.

Semua orang bisa mengakses media sosial di berbagai belahan dunia, sehingga sangat memungkinkan produk bisnis Anda bisa dijangkau oleh banyak audiens, terutama di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mendapatkan calon pelanggan baru yang berpotensi dari berbagai lokasi dan jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna media sosial.

 

Biaya yang Murah

Salah satu hal yang menjadikan media sosial sebagai media promosi adalah biaya yang murah dan terjangkau. Alih-alih melakukan promosi secara offline yang membutuhkan banyak biaya, seperti mencetak brosur, Anda bisa memanfaatkan media online untuk promosi dengan mudah dan murah. Di tahun 2022, biaya pada Instagram Ads berkisaran pada Rp 2.936 sampai Rp 98.081 yang terbagi untuk biaya per-klik, tayangan, atau keterlibatan pengguna. Untuk Facebook Ads memiliki kisaran biaya Rp 14.199 sampai Rp 105.254 per-klik atau tayangan.

Biaya yang dikeluarkan untuk mengiklankan bisnis Anda tentunya sebanding dengan hasil penjualan yang lebih tinggi karena dapat dijangkau sekitar 1.300 - 1.400 orang pengguna. Semakin besar biaya yang dikeluarkan maka akan semakin banyak audience yang bisa didapatkan untuk memperkenalkan produk bisnis lebih luas.

 

Banyaknya Aktivitas di Media Sosial

Pengguna media sosial yang mencapai 191 juta orang dan bahkan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu saja dengan jumlah pengguna sebanyak itu dapat memberikan keuntungan untuk Anda mempromosikan bisnis di media sosial. Berdasarkan data Hootsuite (We Are Social) dalam laporan digital di Indonesia tahun 2022 menyebutkan bahwa waktu yang digunakan masyarakat untuk mengakses internet adalah 8 jam 36 menit setiap harinya. Penggunaan media sosial bisa memanfaatkan fitur Ads pada beberapa media sosial untuk promosi dengan konten yang menarik tentunya.

 

Interaksi Mudah dengan Konsumen

Seperti yang sudah diketahui bahwa media sosial menjadi salah satu media interaksi antara satu orang atau lebih. Hal tersebut menjadikan media sosial sangat cocok dijadikan media promosi karena Anda bisa berinteraksi langsung dengan konsumen dan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Sehingga Anda bisa menjadikan media sosial untuk penyampaian feedback dari para pelanggan dan meyakinkan para calon pembeli baru. Salah satunya adalah fitur polling di Instagram yang bisa menampilkan feedback dari pelanggan. Feedback ini bisa digunakan untuk membantu Anda lebih memahami kebutuhan dan review pelanggan mengenai produk bisnis Anda. Bahkan feedback ini bisa dijadikan acuan dalam menentukan ide produk terbaru yang sesuai dengan keinginan pasar saat ini.

 

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan bagaimana pelanggan mengenal merek atau produk bisnis. Dengan memiliki brand awareness, sebuah bisnis dapat dikenal oleh banyak orang. Hal ini berdampak pada customer yang sudah mengenal sebuah merek, mereka cenderung melakukan pembelian pada merek yang dikenal dibandingkan yang tidak. Hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan brand awareness pada bisnis Anda adalah dengan menarik perhatian customer melalui konten yang menarik. Konten tersebut bisa berupa foto produk, video produksi, video review, video teaser dan konten lainnya dengan memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi media sosial.

Untuk Anda yang memiliki budget lebih dalam membuat konten produk, Anda bisa membuat video produk atau teaser melalui production house dengan hasil video profesional yang berkualitas. Anda bisa memberikan konsep mengenai produk bisnis yang dimiliki dan para tenaga ahli dari production house akan membantu dalam membuat konten video yang menarik. Tidak hanya video, Anda juga bisa membuat konten menarik dengan desain grafis yang unik dan kekinian sesuai dengan branding produk Anda. Penambahan foto produk yang bagus juga bisa memberikan nilai lebih untuk konten agar dilirik oleh para customer.

 

Baca juga: Tips dan Cara Foto atau Video Makanan Instagramable. Cocok Untuk Pebisnis!

 

Media sosial merupakan salah satu platform di internet yang paling banyak digunakan karena mudah serta memiliki fitur yang menarik. Saat ini siapa saja bisa mengakses media sosial untuk berkomunikasi serta terhubung satu sama lain. Namun, saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk berinteraksi, tetapi juga untuk berbelanja. Hal tersebut dikenal dengan social commerce, dimana media sosial digunakan untuk promosi, menjual, dan membeli langsung di aplikasi.

Melalui social commerce, Anda bisa menampilkan konten visual menarik sekaligus menawarkan produk yang dijual dan bisa dibeli oleh audiens yang melihat konten tersebut. Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial terbaik untuk social commerce, seperti Facebook Shops, Instagram Shops, Pinterest, Snapchat, dan TikTok Shop. Anda bisa memaksimalkan fitur pada media sosial tersebut untuk meningkatkan pemasukan penjualan serta pemasaran produk dengan mudah kepada customer. (Aerilia DBK/Shooting Star)