image

Mengenal Art Department Dalam Proses Produksi

Ketika menonton sebuah film, tentu Anda akan bertanya bagaimana proses pembuatan film tersebut dan siapa saja yang terlibat. Dalam proses pembuatan film tentu dilakukan oleh banyak orang yang terbagi menjadi beberapa tim untuk membantu selama proses produksi. Salah satu divisi yang memiliki peran cukup penting dalam sebuah pembuatan film adalah art department. Art department adalah bagian dari film yang berfungsi untuk merealisasikan ide yang tertuang pada sebuah naskah tampilan visual seperti set dan properti yang sesuai konsep untuk mendukung pembuatan film.

Art department atau departemen seni akan bersama-sama merancang, membangun, dan menghias set yang akan digunakan dalam pengambilan gambar pada sebuah adegan yang menjadi bagian dalam film. Pada departemen ini terdiri dari beberapa kru yang memiliki tugas tersendiri agar dapat tetap memperhatikan setiap detail selama proses produksi.

 

Baca juga: Proses Pascaproduksi dan Tahapannya Yang Harus Diketahui

 

Sub-Department dari Art Department

Dalam pembuatan film atau video, banyak hal yang dibutuhkan dari departemen seni untuk menunjang proses produksi. Untuk itu, dalam art department memiliki jumlah kru yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan dan terbagi menjadi sub-department dengan memiliki tugas tersendiri untuk mendukung produksi film, simak penjelasan selengkapnya!

1. Desainer Produksi

Dalam pembuatan film, desainer produksi bertanggung jawab terhadap penciptaan fisik atau visual untuk tampilan sebuah film. Visualisasi untuk sebuah film berhubungan dengan hal-hal seperti, setting lokasi, kostum, properti, makeup karakter, dan semua pekerjaan unit. Biasanya desainer produksi akan bekerja sama dengan produser, sutradara, serta sinematografer untuk menciptakan tampilan sebuah film.

2. Art Director

Art director bertanggung secara langsung kepada desainer produksi dan bertugas untuk mengawasi langsung kerja para seniman dan pengrajin maupun orang-orang yang memberikan rancangan visual. Salah satunya seperti desainer serta illustrator, yang nantinya hasil desain yang sudah dibuat akan dikembangkan desainer produksi. Tidak hanya itu, art director juga bekerja sama dengan sub konstruksi untuk mengawasi estetika serta detail tekstur dari set atau properti yang akan digunakan bisa sesuai konsep yang diharapkan.

3. Asisten Art Director

Art director membutuhkan asisten yang terdiri dari beberapa orang dalam satu tim. Mereka bertugas langsung ke lapangan, seperti mengukur lokasi, membuat desain grafis, menyediakan alat tulis, mendesain dan menggambar set, serta mengumpulkan informasi yang akan diberikan kepada desainer produksi.

4. Desainer Set

Pada divisi ini terdiri dari arsitek maupun desainer interior yang yang memahami tentang desain interior untuk keperluan set shooting yang dimintai langsung oleh desainer produksi.

5. Graphic Designer

Graphic designer memiliki tugas untuk menggambarkan representasi visual desain untuk mewujudkan konsep grafis yang dibuat oleh production designer. Mereka bertugas untuk membuat desain kebutuhan grafis dengan arahan dari production designer, seperti properti majalah, poster, koran, kalendar jaman dahulu, hingga nama papan nama warung yang memang dibutuhkan untuk shooting film. Untuk membuat desain grafis yang cocok untuk kebutuhan produksi, para graphic designer perlu melakukan riset yang disesuaikan dengan tahun cerita, konsep, hingga tone yang digunakan pada film.

6. Set Decorator

Pada divisi set decorator biasanya terdiri dari beberapa orang yang bertugas untuk mendekorasi untuk keperluan film dan video, seperti perabotan dan benda-benda yang dibutuhkan untuk mendukung suasana yang akan terlihat saat pengambilan gambar dalam pembuatan film.

7. Buyer atau Runner

Buyer adalah orang yang bertugas mencari dan membeli atau menyewa perlengkapan untuk set dress atau pernak-pernik lainnya yang dibutuhkan selama produksi film. Biasanya mereka juga akan standby selama produksi jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendadak.

8. Set Dresser

Set dresser adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur pernak-pernik perlengkapan set dekorasi. Mereka bertugas untuk menata pernak-pernik dekorasi yang akan digunakan pada set untuk shooting, seperti furniture, gorden, karpet, serta berbagai kebutuhan untuk mendukung visual shooting. Tugas dari set dresser cenderung pada hal-hal detail, seperti membuat set dan detail perlengkapannya untuk mendukung latar ketika pengambilan gambar adegan sebuah film.

9.  Master Properti

Master properti merupakan seseorang yang ahli properti, dimana mereka bertugas untuk menemukan dan mengelola semua properti yang terlihat di film atau video. Seorang master properti harus mampu mencari properti setelah melakukan riset agar mendapatkan barang yang sesuai untuk kebutuhan film. Selain itu, dibutuhkan kemampuan bernegosiasi untuk mendapatkan barang yang sesuai dari banyak penjual.

10. Props Builder

Sesuai namanya, props builder atau ahli pembangunan properti bertugas untuk membangun properti yang dibutuhkan untuk menunjang pembuatan film atau video, seperti panggung, konstruksi, pengecoran plastik, dan lain sebagainya.

11. Makeup Artist

Makeup artist pada semestinya masuk dalam departemen tata artistik film. Namun, di Indonesia seorang makeup artist merupakan divisi yang berada diluar departemen seni. Ketika ada sebuah project, biasanya tim produser dari production house akan mencari makeup artist yang dibutuhkan untuk menunjang penampilan dari aktor yang akan berperan dalam film. Makeup artist bertugas untuk merias dan menata rambut aktor agar sesuai dengan konsep dari film. Jika dibutuhkan, pada departemen ini terdapat ahli merias spesial efek untuk menciptakan efek-efek khusus untuk memanipulasi tampilan pada satu karakter, misalnya pada film horor yang membutuhkan efek karakter berdarah dan menyeramkan.

12. Wardrobe

Wardrobe merupakan departemen yang mengatur penampilan serta kostum para aktor yang akan muncul pada film atau video. Pada departemen ini, terdapat perancang busana yang bertanggung jawab atas semua pakaian dan kostum yang dikenakan oleh semua aktor yang akan muncul di dalam film. Perancang busana bertugas untuk menciptakan kostum mulai dari merancang, pemilihan bahan, warna, serta ukuran yang akan digunakan oleh para pemeran dalam film. Tim perancang busana akan bekerja sama dan berhubungan langsung dengan sutradara untuk memahami konsep karakter apa yang ingin dimunculkan serta menyelaraskan warna tone atau suasana film yang sesuai dengan desainer produksi.

 

Baca juga: Etika Di Set Agar Proses Produksi Tetap Kondusif

 

Departemen seni dan sub departemennya akan sangat bekerja sama dengan kru kamera, kru pencahayaan, kru lokasi, kru efek visual, dan kru produksi lainnya. Pada saat tahap pra-produksi, departemen seni sibuk untuk menyiapkan properti serta kebutuhan set untuk pengambilan gambar pada proses produksi film nantinya. Selama produksi pun, departemen seni akan standby untuk memastikan serta membantu memasukkan properti yang digunakan dalam pengambilan gambar. Pasca produksi, biasanya departemen seni dibutuhkan untuk kebutuhan grafis dalam membuat judul dan ukuran kredit serta memberi masukan untuk sentuhan akhir pada film.

Itulah informasi lengkap seputar departemen seni yang memiliki peran penting dalam pembuatan sebuah film atau video. Untuk Anda yang ingin bekerja di industri kreatif seperti production house, tentu penting untuk mengetahui departemen apa saja yang ada dalam pembuatan sebuah film. Jika tertarik, Anda bisa menyesuaikan departemen apa yang sesuai dengan minat di industri kreatif, khususnya di production house. (Aerilia DBK/Shooting Star)