image

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara di Rumah

Bagi Anda yang memiliki profesi di industri kreatif, khususnya memproduksi video dan musik dari rumah, tentu sangat membutuhkan ruang kerja khusus yang mendukung selama proses produksi tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan ruangan yang ada di rumah untuk menjadi ruang kerja untuk produksi dan rekaman. Rekaman suara sangat dibutuhkan untuk membuat project voice over (VO) ataupun musik untuk sebuah video atau film. Nah, untuk membuat rekaman yang baik di rumah, tentunya dibutuhkan sebuah ruangan yang kedap suara agar suara yang dihasilkan berkualitas seperti di studio rekaman. Untuk Anda yang ingin membuat ruangan kedap suara di rumah, simak langkah-langkahnya yang bisa dicoba sendiri!

 

Baca juga: Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Memilih Studio Shooting Yang Tepat!

 

1. Aplikasikan Gypsum

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan kedap suara di rumah adalah dengan mengaplikasi gypsum pada dinding. Gypsum yang diaplikasikan bisa Anda diisi dengan material peredam bunyi seperti glasswool dan rockwool. Saat ini Anda bisa menemukan gypsum dengan bermacam ketebalan yang bisa disesuaikan kebutuhan. Material gypsum memiliki sifat yang mampu menyerap suara, sehingga pemakaiannya sebagai pelapis dinding dapat membantu untuk meredam gema yang ditimbulkan akibat pantulan balik suara. Gypsum juga memiliki sifat absorption yang membuat material ini mampu meredam suara hingga mencapai 40 dB atau desibel.

 

2. Gunakan Lantai Vinyl

Selain untuk memberi nilai estetika pada ruangan dengan motifnya, lantai vinyl juga bisa membantu untuk menghilangkan kebisingan suara di sebuah ruangan. Suara yang terpantul ke lantai akan diminimalisir oleh vinyl.  Hal ini terbukti bahwa lantai vinyl yang terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride) mampu mengurangi kebisingan sebesar 20 desibel.

 

3. Pasang Panel Akustik

Panel akustik adalah elemen interior penyerap suara yang digunakan untuk mengurangi kebisingan di sebuah ruangan. Panel akustik berkualitas tinggi terbukti mampu menyerap suara dengan frekuensi tinggi dan menengah. Tidak ada salahnya jika memasang panel akustik yang biasa digunakan pada auditorium atau studio rekaman pada ruangan di rumah untuk mengurangi kebisingan latar belakang dan dengung serta gema. Panel akustik terbuat dari busa penyerap suara yang dilapisi kain dengan warna dan motif kain yang beragam serta menarik.

 

4. Menutup Celah Pada Pintu Dan Jendela

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan menjadi kedap suara adalah menutup celah pada pintu dan jendela dengan door seal. Door seal akan menutup celah di sekitar pintu dan meminimalisir suara bising dari dalam maupun luar karena terbuat dari karet yang lunak. Tidak hanya membuat kedap suara, seal door juga bisa mencegah debu dan serangga yang bisa masuk melalui celah udara pintu atau jendela. Jadi, pastikan Anda memilih door seal yang berkualitas ya!

 

5. Memasang Karpet

Selain menggunakan vinyl, Anda bisa mengaplikasikan karpet untuk lantai yang ada di ruangan kedap suara. Anda bisa menggunakan jenis karpet tebal yang bisa meredam suara yang terpantul ke lantai. Biasanya karpet yang digunakan untuk meredam suara terbuat dari material rockwool, glasswool, ataupun greenwool. Namun, jika menginginkan karpet untuk menambah estetika interior ruangan, Anda bisa memilih karpet tebal dengan warna dan motif menarik.

 

6. Aplikasikan Pelapis Di Dinding

Selain panel akustik yang diaplikasikan di dinding ruangan, Anda bisa menggunakan pelapis dinding yang berupa rubber mat atau material karet yang ditempel pada permukaan dinding untuk mencegah suara terpantul ke permukaan yang keras seperti dinding ruangan. Anda juga bisa meredam suara menggunakan cat dinding kedap suara. Namun perlu diketahui bahwa jenis cat ini tidak bisa sepenuhnya meredam suara di ruangan, hanya mampu sekitar 30% dibandingkan dengan jenis cat biasa. Cara kerja cat kedap suara adalah dengan memantulkan suara yang terserap pada dinding. Suara yang berasal dari luar ruangan akan diserap kemudian akan dipantulkan kembali, sehingga tidak menembus dinding sepenuhnya.

 

7. Menggunakan Rak Buku

Selain menggunakan beberapa material yang menjadi elemen interior ruangan, Anda juga bisa memanfaatkan furnitur untuk membuat ruangan lebih kedap suara dan bising. Anda bisa memanfaatkan rak buku yang menutupi dinding untuk menghalang gelombang suara yang berasal dari dalam maupun luar ruangan. Jadi, tidak hanya untuk memberikan estetika pada ruangan, tetapi juga membuat ruangan lebih kedap suara.

 

Demikian informasi lengkap mengenai 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruangan kedap suara di rumah. Cara-cara tersebut terbukti mampu membuat ruangan lebih kedap suara, terutama dengan material pelapis dinding serta lantai yang tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis material yang biasa diaplikasikan pada ruangan agar kedap suara, diantaranya sebagai berikut.

1.  Material PET (Polyethylene Terephthalate)

Material PET atau Polyethylene Terephthalate banyak digunakan karena mampu menyerap dan mengedapkan suara sekaligus. Material ini juga sering digunakan karena mudah dibentuk mengikuti bentuk ruangan dan praktis karena tidak memerlukan rangka. Biasanya material ini diinstal pada permukaan dinding, lantai, dan langit-langit.

2.  Glasswool

Material ini terbuat dari bahan dasar fiberglass dengan tekstur yang mirip seperti bulu domba atau wool. Memiliki ketebalan sekitar 2,5-5 cm dengan kepadatan sekitar 25 g/cm³ hingga 75 g/cm³ yang mampu meredam suara.

3.  Rockwool

Material rockwool terbuat dari serat mineral ringan yang mampu menyerap suara dan panas. Sejenis dengan glasswool, namun material rockwool memiliki densitas lebih tinggi sekitar 30 g/cm³ – 100 g/cm³.

4.  Greenwool

Greenwool adalah material yang terbuat dari polyester fiber dengan sifat tahan air, sehingga aman dari udara lembab. Material ini biasa diaplikasikan pada permukaan tembok ruangan. Material greenwool hadir sebagai alternatif yang lebih aman dari material glasswool dan rockwool yang kurang baik untuk kesehatan.

5.  Softboard

Softboard merupakan material peredam suara yang terbuat dari bahan serta polyester dengan ketebalan berkisar pada 1,2 cm. Material yang berwarna kecoklatan seperti kayu ini bisa Anda aplikasikan dengan dilapisi kain atau wallpaper peredam suara.

 

Baca juga:  Proses Pascaproduksi dan Tahapannya Yang Harus Diketahui

 

Itulah beberapa informasi lengkap mulai dari cara membuat ruangan kedap suara di rumah hingga jenis material apa saja yang bisa diaplikasikan. Tentunya, Anda memerlukan biaya dan material yang cukup sesuai standar untuk membuat ruangan kedap suara yang sesuai standar. Namun, jika memiliki budget lebih, Anda bisa memanfaatkan studio rekaman atau dubbing room yang terdapat pada studio sewa, seperti di Shooting Star Studio. Dubbing room ini biasa digunakan oleh klien untuk membuat rekaman voice over (VO) di waktu yang bersamaan ketika membuat project video di studio, sehingga proses produksi bisa lebih efektif. Anda bisa memilih cara apa saja untuk membuat sebuah project kreatif, terutama sesuaikan dengan budget ya! (Aerilia DBK/Shooting Star)