image

Tips Membuat Video Iklan Yang Efektif

Strategi pemasaran melalui video menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh brand dan pemasar. Iklan dalam bentuk video merupakan strategi pemasaran yang menggunakan gambar bergerak dengan durasi pendek dan informatif yang mempromosikan suatu produk atau layanan. Video iklan membantu untuk menyampaikan pesan brand, meningkatkan penjualan, menciptakan buzz, dan menjangkau audiens yang lebih luas. Melalui video iklan yang dibuat dengan baik dan berkesan, brand dapat menciptakan koneksi yang efektif dengan audiens dan kemungkinan besar akan terus diingat oleh mereka. 

 

Sebagai seorang pemasar, tentunya budget yang dimiliki untuk menjalankan strategi pemasaran tidaklah banyak. Maka, tenang saja! Video iklan adalah jawabannya. Memproduksi video iklan dinilai lebih murah dan dapat diunggah dan diletakkan di beberapa platform sekaligus, entah itu media sosial atau di papan iklan digital. Sebelum anda membuat videonya, simak dulu yuk beberapa tips di bawah ini untuk membuat video iklan yang efektif!

 

Rencanakan dengan baik

Video iklan berdurasi pendek dan seorang pemasar harus menarik perhatian audiens dengan cepat. Maka dari itu, video iklan harus direncanakan dengan baik, dari mulai pesan-pesan yang ingin disampaikan hingga jalan ceritanya yang baik. Untuk mengetahui pesan apa yang benar-benar ingin disampaikan, coba ajukan pertanyaan ini:

  1. Apakah anda mempromosikan produk atau layanan baru?

  2. Apakah ada promosi tertentu yang ingin ditekankan?

  3. Bagaimana produk atau layanan anda membuat hidup konsumen lebih mudah, baik, atau bahagia?

  4. Bagaimana cara brand anda melakukan pendekatan dengan konsumen?

  5. Bagaimana konsumen anda merespon terhadap produk atau layanan brand anda?

Dengan demikian, anda dapat mengetahui objektif dari video iklan ini apa. Sebelumnya, anda juga harus menentukan target konsumen yang ingin dicapai dari video iklan ini. Perbedaan target konsumen juga dapat membedakan di mana anda akan menayangkan video iklan ini, lho. 

 

Selanjutnya adalah jalan cerita. Pada video iklan, jangan terlalu fokus menjual produk atau layanan anda, melainkan berceritalah. Ciptakan jalan cerita yang engaging dan relevan dengan konsumen. Entah itu cerita yang lucu, satir, atau cerita yang menyentuh hati, audiens anda harus merasa punya koneksi dan relate dengan video iklannya. Lalu, bagaimana jika iklan memang ingin mengkomunikasikan promosi yang sedang berlangsung? Buatlah lebih menarik dan tidak langsung dimulai dengan promo! Kembali ke bahasan di atas, mulai dengan jalan cerita lalu akhiri dengan promo yang ingin disampaikan.

 

Pastikan durasinya pendek

Pada umumnya, video iklan itu tidak lebih dari 30 detik atau kurang. Ingat, anda membuat video iklan itu bukan untuk bercerita panjang lebar tentang brand, tapi mempromosikan produk atau layanan anda. Iklan harus cukup pendek durasinya agar anda dapat menjaga perhatian konsumen dan mengkomunikasikan pesan anda dengan efektif. Maka dari itu, saat anda menulis skrip atau jalan cerita, pastikan apa yang mau disampaikan cukup diungkap dalam 30 detik. Jika anda hendak beriklan di media sosial, seperti Instagram atau TikTok, lebih baik menjaga durasinya di 15 detik. Iklan di media sosial biasanya muncul dengan cepat dan jika tidak menarik akan langsung di-skip oleh konsumen. Jadi, 15 detik adalah durasi yang cukup untuk menyampaikan pesan anda.

 

Masukan bagian paling menarik di awal

Setelah dijelaskan mengenai durasi di atas, iklan memang pada umumnya berdurasi pendek. Apalagi jika anda akan beriklan di YouTube, yang mana menggunakan YouTube Trueview, iklan anda dapat dilewati setelah 5 detik tayang! Wah kalau begitu, apa solusinya ya? Pastikan bagian depan iklan anda menarik! Jika bagian awal dibuat semenarik mungkin, maka anda dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen dan audiens. Dengan demikian, akan kecil kemungkinannya audiens melewati iklan anda setelah 5 detik. 


 

Representasikan brand dengan jelas

Selain untuk mempromosikan produk atau layanan anda, iklan video juga harus merepresentasikan brand dengan jelas. Jangan tunggu hingga akhir untuk menunjukkan brand anda. Dari bagian awal video, semua visual dan verbal pada video harus berkaitan dan merepresentasikan brand dengan baik. Hal ini termasuk logo brand yang ditunjukkan pada video dari awal hingga akhir. Dengan merepresentasikan brand anda dengan baik, maka anda dapat membangun kepercayaan pada konsumen dan audiens. Audiens akan memahami bahwa brand adalah perusahaan yang memiliki nilai dan besar kemungkinannya untuk dijadikan pilihan oleh mereka. 

 

Agar tujuan tersebut tercapai, anda harus tawarkan audiens argumen-argumen mengapa produk atau layanan anda dapat menyelesaikan masalah mereka. Nilai-nilai yang terlihat, unlimited warranty, teknologi terbaru, fitur, dan aspek penting lainnya yang benar-benar menjelaskan kelebihan atau perbedaan brand anda dengan brand lain.

 

Tambahkan CTA di akhir video

CTA atau Call To Action menjadi salah satu aspek penting dalam video iklan. Dengan CTA, anda memberikan audiens anda alasan untuk melakukan suatu tindakan dengan bisnis anda. Sesuai dengan objektif anda untuk videonya, tujuan yang dapat dicapai berbeda-beda, ada brand awareness, meningkatkan traffic di situs bisnis, atau menumbuhkan angka penjualan. CTA biasanya diletakkan di akhir video setelah audiens anda melihat produk atau layanan yang ditampilkan. Beberapa contoh CTA adalah sign up here, shop now, subscribe, join us today, dan sebagainya. Dengan demikian, perjalanan konsumen anda tidak hanya berhenti di awareness saja tapi bisa melanjutkan ke purchase dan seterusnya.


Sebelum mulai produksi, pastikan produk atau layanan sudah siap digunakan. Jangan sampai iklan sudah tayang, tapi produk atau layanan bisnis anda masih belum siap digunakan oleh para konsumen. Selain itu, video iklan ini bisa dibuat oleh tim internal brand jika memang ada. Tapi, jika tidak ada, anda dapat menggunakan jasa production house. Biasanya production house akan mengurus seluruh proses produksi dari awal hingga akhir. Jadi, anda sebagai klien tidak perlu bingung dan merasa kesulitan! Salah satu production house Jakarta yang dapat membantu anda adalah Shooting Star Pictures. Dengan menggunakan jasa PH, budget marketing anda untuk pembuatan video iklan dapat digunakan secara efektif dan efisien serta meminimalisir pembengkakan budget. Yuk, bikin video iklan anda sekarang!