image

5 Aplikasi atau Software Edit Video yang Cocok untuk Pemula

Saat ini platform media sosial memiliki berbagai macam konten yang diminati, salah satunya adalah konten dalam bentuk video. Konten media sosial berupa video dapat Anda jumpai dalam hampir semua media sosial seperti TikTok, YouTube, Instagram, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi. 

Untuk membuat video yang menarik dan mendapatkan banyak engagement dari pengguna media sosial, tentu Anda perlu menyiapkan konten menarik dan informatif. Selain ide dan konsep, Anda juga perlu mengetahui cara yang tepat dalam mengeksekusi video agar menarik. Dalam mengeksekusi konten video, Anda bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi atau software edit yang mudah digunakan terutama bagi seorang pemula untuk hasil video yang profesional. Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui 5 aplikasi atau software edit video yang cocok digunakan untuk pemula!

 

Baca juga: 5 Langkah Penting Dari Proses Editing Video

 

Adobe Premiere

Software pertama yang bisa Anda gunakan dalam mengedit video sebagai seorang pemula adalah Adobe Premiere. Adobe Premiere merupakan sebuah software atau aplikasi untuk mengedit video yang dikembangkan oleh Adobe System dengan fitur yang lengkap. Program Adobe Premiere memiliki fitur yang up to date, lho! Sehingga Anda bisa mengedit video untuk hasil video yang sesuai tren video saat ini.

 

Fitur istimewa  yang ada pada Adobe Premiere diantaranya adalah color grading, scene edit detection audio asset, dan Adobe Premiere Pro production. Untuk fitur yang lebih update dan lengkap, Anda bisa menggunakan Adobe Premiere Pro untuk pengeditan video profesional. Kelebihan Adobe Premiere dibandingkan dengan aplikasi edit lainnya adalah tampilan workspace yang rapi dan lengkap, memiliki timeline yang lebih luas dengan kapasitas video dan audio hingga 99 buah, terdapat banyak pilihan filter, efek serta preset untuk hasil video yang lebih baik. Tidak hanya itu, sebagai salah satu software Adobe, membuat Adobe Premiere dapat dikombinasikan dengan software lain seperti Adobe After Effect. 

 

Apple iMovie

Bagi Anda pengguna Mac, Apple memberikan fasilitas software untuk mengedit video yang sangat mudah digunakan, sehingga cocok bagi pemula. Fitur yang dimiliki Apple iMovie diantaranya adalah user-friendly interface atau tampilan UI (User Interface) yang mudah sehingga sangat cocok untuk Anda pemula untuk mengedit video. Apple iMovie juga berbagai efek, elemen, audio seperti sound effect, hingga template yang bisa disesuaikan untuk memudahkan Anda dalam mengedit video. Tidak hanya itu, salah satu fitur enhancement bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas video.

 

Final Cut

Sama dengan Apple iMovie, Final Cut merupakan salah satu software yang digunakan oleh para pengguna Mac. Software ini memiliki kemiripan dengan Adobe Premiere sehingga cukup populer digunakan dalam mengedit video, khususnya bagi para pemula karena mudah digunakan. Final Cut dapat di-upgrade menjadi Final Cut Pro untuk versi terbaru dengan fitur yang lebih untuk mendukung Anda dalam mengedit video. Fitur menarik yang dimiliki Final Cut, diantaranya multicam yang memungkinkan mensinkronkan beberapa angle sekaligus sehingga dapat mempercepat waktu dalam mengedit. 

 

Kemudian terdapat fitur advanced color grading yang digunakan untuk meningkatkan warna pada video sehingga memiliki tampilan visual yang menarik. Tampilan video dengan resolusi terbaik juga didukung dengan fitur Pro Display XDR yang ada pada Final Cut, sehingga memungkinkan Anda untuk mengedit video resolusi 6K lebih optimal. Lalu ada juga fitur workflow extension, pengeditan 360o, smart conform, metal engine, dan masih banyak fitur lainnya yang sangat lengkap untuk mendukung dalam mengedit video.

 

Sony Vegas

Software Sony Vegas mungkin jarang sekali Anda dengar, bahkan tidak se-populer software lainnya seperti Adobe Premiere. Sony vegas merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengedit video dan audio. Meskipun tidak terlalu populer, namun nyatanya jenis software Sony Vegas memiliki kemudahan yang tidak dimiliki oleh software lainnya, dengan tampilan interface yang mudah digunakan khususnya untuk pemula. 

 

Selain itu, software Sony Vegas memungkinkan untuk mengedit menggunakan multiple monitor, sehingga Anda bisa menggunakan 1 monitor untuk mengedit dan monitor lainnya untuk menunjukkan hasil video yang diedit. Kemudahan lainnya dalam mengedit video dengan Sony Vegas adalah tampilan video serta audio yang dibuat dinamis, sehingga penggunanya dapat mengubah volume suara. Tidak hanya itu, software Sony Vegas menyediakan berbagai macam efek yang bisa digunakan untuk hasil video yang menarik. Sehingga pengguna tidak perlu lagi mencari efek video untuk teks atau bentuk yang memakan waktu cukup lama. 

 

Filmora

Aplikasi atau software lain yang bisa digunakan dalam mengedit video untuk pemula adalah Wondershare Filmora. Jenis aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit video yang ringan dan mudah untuk dipelajari. Dilansir dari wondershare.com, aplikasi Filmora sudah banyak digunakan oleh berjuta-juta pengguna di lebih dari 150 negara. Penggunaannya pun tersedia untuk Windows atau Mac, dengan didukung oleh fitur-fitur menarik dan tentunya mudah digunakan. Fitur yang dimiliki oleh Filmora diantaranya:

  • Motion Tracking, memungkinkan pengguna dalam menambahkan elemen pada objek bergerak dengan mudah.

  • Zooming & Panning, membuat tampilan zoom dan panning dengan lebih mulus. 

  • Keyframing, pengguna lebih mudah untuk menyesuaikan animasi apa saja dengan menggunakan keyframe untuk mengubah posisi, skala, opasitas, dan rotasi klip. 

  • Stabilization, fitur untuk mengedit video dengan hasil yang halus dan stabil.

  • Auto Ducking, digunakan untuk menghilangkan musik latar untuk memastikan suara dialog yang jernih.

  • Color Grading, digunakan untuk memperbaiki warna pada video sehingga memiliki tampilan visual yang menarik.

  • Basic Feature, fitur dasar ini digunakan dalam mengedit video seperti splitting, cropping, rotating, brightness, dan masih banyak lagi.

Filmora sendiri saat ini terdiri dari dua versi, yaitu yang biasa dan pro yang memiliki fitur lebih lengkap untuk hasil video profesional. Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan karena kemudahan serta fitur menarik yang ditawarkan. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu mengetahui bahwa pada Filmora fitur efek baru bisa diakses dengan paket berbayar, bahkan untuk membuka semua fiturnya Anda akan dikenakan biaya tambahan. 

 

Baca juga: 5 Tips Memulai YouTube Channel. Mudah Banget!

 

Itulah rangkuman beberapa jenis software atau aplikasi edit video yang bisa digunakan oleh pemula. Masing-masing software tentunya memiliki berbagai fitur dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda bisa menyesuaikan penggunaan aplikasi edit video yang sesuai dengan kebutuhan serta hasil video yang diinginkan. 


Namun, untuk Anda yang menginginkan hasil video yang lebih profesional baik dari konsep maupun visualnya, bekerja sama dengan production house adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya hasil akhir visual yang menarik dan lebih profesional, bekerja dengan production house akan membantu Anda untuk mewujudkan berbagai ide konten video. Jadi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan ide konsep video bagi Anda yang ingin seorang content creator atau vlogger(Aerilia DBK/Shooting Star)