image

Pilihlah Jenis Video Pemasaran B2B Terbaik Untuk Bisnis Anda

Kembali pada tahun 2010, video masih merupakan barang mewah bagi banyak pemasar B2B. Namun, dibantu booming popularitas Instagram yang luar biasa dan dominasi YouTube yang berkelanjutan, setengah dekade kemudian, perusahaan mulai menyadari potensi video pemasaran B2B yang mengubah permainan pasar. 

Dan pada tahun 2020, hampir setiap departemen pemasaran B2B memiliki setidaknya beberapa bentuk strategi pemasaran video. 

Dengan 71% pemasar B2B menggunakan video, kenaikan video ke puncak rantai makanan pemasaran B2B sedang berlangsung dengan baik. Survey membuktikan bahwa 80% pemasar video mengatakan video secara langsung membantu meningkatkan penjualan, sementara 87% mengatakan video telah meningkatkan lalu lintas ke situs web mereka.

Yang terpenting, hampir 90% pemasar B2B puas dengan ROI inisiatif pemasaran video mereka. Tapi bagaimana bisa sampai di tahap ini? Video pemasaran B2B seperti apa yang menghasilkan hasil positif seperti itu? Apa yang dilakukan pemasar B2B yang berbeda dari rekan B2C mereka? Kita intip sedikit yang berikut...

Apa perbedaan antara video B2B dan B2C?

Keduanya menempatkan premi besar pada pemasaran video. Namun, dalam hal pendekatan terhadap video, pemasar B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Consumer) berbeda, cukup substansial.

Dengan audiens target yang sangat berbeda, setiap kelompok pemasar membuat, menyajikan, dan mendistribusikan video dengan mempertimbangkan tujuan khusus dan unik.

Baca juga: Alternatif Jenis Video Marketing Yang Dapat Diterapkan Dalam Strategi Bisnis Anda

Pada umumnya, video B2C memiliki cakupan yang lebih sempit. Baik itu iklan video biasa di YouTube atau Mega iklan bernilai milyaran, video B2C sebagian besar mempromosikan produk atau layanan. 

Tentu, perusahaan dapat mencampur-adukkan berbagai hal dan menampilkan pelanggan yang puas selama kampanye video. Namun, di luar vektor bisnis yang sangat spesifik (misalnya mekanik dan bengkel mobil), sebagian besar video B2C masih sangat bergantung pada fondasi yang sama.

Pemasaran video B2B adalah mahluk yang berbeda. Dengan basis audiens yang jauh lebih tertarget, layanan dan produk B2B pada dasarnya lebih kompleks dan seringkali lebih mahal.

Selanjutnya, proses penjualan untuk produk B2B seringkali lebih lama dan lebih berlapis daripada kebanyakan produk B2C (kecuali untuk produk kelas atas dan sangat mahal, seperti kapal pesiar, mobil mewah, rumah, dll.)

Tidak seperti pemasar B2C, pemasar B2B ditugaskan untuk menyajikan kasus yang menarik untuk produk atau layanan mereka kepada organisasi yang memiliki banyak pembuat keputusan. Bahkan jika mereka berhasil meyakinkan karyawan sebuah perusahaan bahwa ia membutuhkan produk mereka, pemasar B2B masih memiliki banyak gunung untuk didaki. 

Karyawan tersebut biasanya harus meyakinkan atasannya, yang pada gilirannya, harus melobi CFO atau CEO untuk membeli atau berlangganan layanan yang dimaksud. Dan untuk mendapatkan yang terakhir, promo yang sederhana kemungkinan besar tidak akan dilihat.

Bahkan setelah pengambil keputusan terlihat tertarik, pemasar B2B perlu dengan jelas menunjukkan bagaimana solusi mahal mereka sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial mereka. Akibatnya, pemasar B2B membuat berbagai video, masing-masing dengan target pemirsa tertentu, untuk berbagai keperluan berbeda selama proses penjualan.

Jadi jelas bahwa saat mendekati bisnis lain, Anda harus mempertimbangkan video untuk B2B; strategi pemasaran video B2B adalah salah satu cara paling efektif memasarkan bisnis Anda. 

Menariknya disini kami akan menunjukkan bahwa menggunakan video untuk B2B tidak harus rumit atau membosankan – pergi dengan perusahaan kreatif untuk produksi video B2B dapat menyuntikkan semangat dan passion ke dalam pemasaran Anda. 

Baca juga: Beberapa Ide Kreatif Video yang Menarik Ditonton Audiens

Video untuk B2B tidak hanya sangat persuasif dan merangsang secara visual, tetapi ada berbagai cara untuk menargetkan audiens spesifik Anda dengan berbagai jenis video B2B. Artikel ini akan membahas beberapa jenis video pemasaran B2B yang dapat Anda gunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran B2B Anda.

  • Video Penjelasan B2B

Video penjelasan adalah video pendek yang bertujuan untuk menyoroti apa yang dilakukan bisnis Anda, dan tujuan produk atau layanan Anda. Anda dapat menunjukkan kepada audiens cara menggunakan produk Anda untuk mendapatkan hasil terbaik bagi bisnis mereka. Anda juga dapat demonstrasikan berbagai situasi di mana produk Anda akan berguna bagi mereka.

  • Video Brand

Video Brand adalah cara sempurna untuk memperkenalkan merek Anda kepada audiens. Dalam gaya video ini, Anda memperkenalkan siapa diri Anda dan apa yang Anda lakukan. Ini adalah peluang nyata untuk menyempurnakan identitas merek Anda, memberikan pemahaman tentang budaya dan nilai perusahaan Anda, dan bagaimana hal ini membentuk layanan Anda. 

Video Brand dapat menjadi kesempatan untuk bersenang-senang dengan konten pemasaran Anda saat Anda menunjukkan kepribadian merek Anda dan mengapa Anda menonjol di antara para pesaing.

  • Demo Produk

Video demo produk dengan cepat menjadi sangat populer di kalangan pemasar karena ini adalah cara untuk menyoroti manfaat produk Anda tanpa merasa seperti Anda memberi audiens Anda penjualan yang sulit. 

Alih-alih meyakinkan audiens Anda tentang mengapa mereka membutuhkan produk Anda, Anda menunjukkan kepada mereka bagaimana produk tersebut akan menambah nilai bagi kehidupan mereka.

  • Video ‘Behind The Scenes’

Video 'Behind the Scenes' adalah cara sempurna untuk menunjukkan sisi manusiawi dari bisnis Anda (dan format yang cocok untuk membuat video pemasaran B2B Anda viral). Alih-alih tampil sebagai perusahaan tanpa bentuk, Anda dapat menunjukkan orang-orang nyata di balik layar bisnis Anda. 

Video jenis ini akan memanusiakan perusahaan Anda, dan menciptakan kesan keaslian yang bertahan lama, memberi audiens kesempatan untuk terhubung dengan Anda dan membantu membangun kepercayaan Anda. Format ini juga cocok untuk media sosial, karena memiliki nuansa yang lebih personal.

  • Testimoni pelanggan

Manusia adalah makhluk sosial, jadi harus menganggap serius opini orang lain. Inilah mengapa taktik pemasaran yang sangat efektif adalah memberikan bukti sosial dari seseorang yang membagikan pendapat dan pengalaman mereka tentang produk atau layanan bisnis Anda tanpa mengharapkan imbalan apapun. 

Dengan video testimonial pelanggan, pelanggan bonafide Anda menunjukkan mengapa produk atau layanan Anda luar biasa dalam pengalaman pribadi mereka. Karena testimonial pelanggan menunjukkan bukti otentik produk Anda.

  • Tutorial

Apakah produk Anda fisik atau digital, Video tutorial akan sangat bermanfaat. Seperti halnya video explainer, tutorial adalah video pemasaran yang informatif tentang fungsi dan penjelasan langkah demi langkah cara menggunakan produk Anda. 

Video ini bermanfaat karena dapat meyakinkan pelanggan Anda untuk membeli dengan penuh keyakinan, karena mereka tahu persis bagaimana menggunakan produk. Tutorial terbukti mengurangi tingkat pengembalian barang (return) dan panggilan bantuan (helpdesk call).

  • Studi kasus

Video studi kasus dapat dibandingkan dengan video testimoni karena sangat berfokus pada pelanggan. Namun, testimoni pelanggan sangat berfokus pada produk, di mana pelanggan sangat jelas meninjau produk. 

Studi kasus mengambil pendekatan yang lebih holistik, karena mengikuti perjalanan pelanggan dengan merek dan produk, dan mereka menyoroti bagaimana produk telah memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kehidupan mereka.

  • Video pra-acara

Video pra-acara adalah bagian penting dari strategi keterlibatan pra-acara Anda. Ini pada dasarnya adalah cuplikan untuk acara Anda, membantu meningkatkan kesadaran akan acara tersebut dan membangun sensasi. 

Video pra-acara dapat mencakup film dari versi acara sebelumnya seperti cuplikan pidato dan hiburan, kata-kata dari penyelenggara acara tentang konten atau apaun yang terkait acara, atau dapat juga cuplikan persiapan acara tersebut.

  • Video pasca acara

Video pasca-acara adalah cara yang signifikan untuk melibatkan peserta Anda setelah acara. Ini akan mencakup cuplikan dari acara tersebut, seperti komentar dari peserta, kata-kata dari penyelenggara, dan rekaman pembicara dan hiburan. 

Rekap malam ini akan membantu memantapkan kesuksesan acara karena mengingatkan para peserta akan pengalaman hebat mereka; itu juga bisa menjadi penggoda yang hebat atau bahkan mengejar ketinggalan bagi mereka yang tidak dapat mengikuti acara tersebut.

  • Video Komunikasi

Video komunikasi adalah cara untuk menjaga agar pemirsa tetap mengetahui perkembangan mendatang. Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan perusahaan Anda karena ini menciptakan suasana excitment tentang berita perkembangan perusahaan seperti inisiatif dan inovasi baru yang terdapat di dalam perusahaan.

Baca juga: Tips Memilih Platform Video Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Seperti yang Anda lihat, ada banyak pilihan untuk video pemasaran B2B – apakah Anda akan menggunakan satu video sebagai bagian dari strategi B2B Anda, atau bahkan mungkin semuanya?

Jika Anda membutuhkan videografer untuk strategi video B2B Anda, anda bisa mencari kami, Shooting Star Pictures yang merupakan Production House Jakarta yang sekaligus dapat menjadi partner kreatif anda dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di dunia marketing communications.

Profesionalisme kami akan membantu produksi video B2B dari hulu sampai hilir dengan hasil yang berkualitas. Anda punya pertanyaan lebih banyak tentang video pemasaran B2B atau tentang Shooting Star Pictures dan ingin mendiskusikannya di kolom komentar?