image

Alternatif Jenis Video Marketing Yang Dapat Diterapkan Dalam Strategi Bisnis Anda

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Video Marketing, karena video merupakan aspek penting dari lanskap pemasaran, terutama di era digital society 5.0 saat ini. Seperti budaya populer lainnya, video marketing juga mempunyai tren yang terus berkembang dan mengalami perubahan baik di sisi strategi maupun produksi dan konten.

Penting bagi usaha anda untuk selalu up-to-date dengan tren video saat ini kalau tidak mau tertinggal oleh kompetitor. Disrupsi digital di dunia usaha saat ini telah menciptakan sebuah kondisi dimana jika strategi pemasaran anda sudah ketinggalan jaman, hasilnya akan sama buruknya dengan tidak memakai strategi pemasaran sama sekali.

Jika anda masih menganggap bahwa Video Marketing hanyalah sekedar penjelasan tentang produk dan saja usaha dalam bentuk film, maka anda tidak akan pernah menyadari pentingnya mengikuti perkembangan tren Video Marketing.

Akan tetapi jika kita sadari bahwa Video Marketing adalah sebuah tools pemasaran yang juga dapat membentuk ikatan dengan pangsa pasar usaha anda, dimana pasar dapat terlibat dalam usaha anda (engagement), anda akan temukan berbagai jenis Video Marketing yang dapat anda terapkan untuk mengkomunikasikan budaya dan nilai perusahaan anda.

Statistik menunjukkan bahwa saat ini lebih 500 juta jam video ditonton di YouTube setiap hari. Kemudian 45% orang menonton lebih dari satu jam video di Facebook atau YouTube dalam seminggu. Lalu 87% pemasar online menggunakan konten video. Bayangkan jika Video Marketing anda yang beredar online berada di dalam angka-angka tersebut!

Jika anda ingin menggunakan statistik ini untuk memajukan usaha anda, maka anda perlu mempelajari mengenai seluk beluk video marketing dengan mengenal berbagai jenis Video Marketing. Ada banyak tipe Video yang bisa anda gunakan untuk membangun hubungan dengan pangsa pasar usaha anda. 

Masing-masing jenis Video tersebut digunakan dengan cara yang sedikit berbeda. Anda tidak harus membuat semua jenis video sekaligus, pilih satu atau dua jenis video dan untuk anda produksi sebelum mencoba membuat semuanya sekaligus. Karena mencoba membuatnya sekaligus akan menyusahkan dan perusahaan anda hanya akan membuat video yang buruk.

Sebaiknya pilih satu atau dua jenis video berikut ini, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang tipe video seperti apa yang paling cocok dengan usaha anda, anda bisa berkonsultasi dengan Production House Jakarta yang telah berpengalaman dalam bidang marketing communication. 

Video Timelapse

Video Timelapse menunjukkan urutan peristiwa namun dipercepat untuk membuat proses yang panjang dapat tersaji dalam beberapa detik atau menit. Misalnya sebuah Pohon yang ditanam, tumbuh, hingga mati divisualkan dalam 10 detik. Atau pembangunan panggung konser yang dikerjakan oleh lusinan pekerja dalam waktu beberapa hari, difilmkan dalam satu menit saja.

Video semacam ini menyenangkan untuk ditonton, dan dapat mendorong engagement publik. Beberapa jenis Video Timelapse berbeda, namun yang paling populer adalah video alam, manufaktur, instruksional, dan video storytelling.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Branding Dengan Video Storytelling

Mungkin akan dibutuhkan kamera khusus, peralatan, dan aplikasi untuk membuat konten Timelapse yang anda bayangkan. Tapi mungkin saja anda bisa membuatnya hanya dengan Smartphone anda. Apa yang anda butuhkan tergantung pada sejauh mana kerumitan ide di kepala anda.

Animasi dan 3D Motion Graphics

Animasi tidak hanya untuk anak-anak. Animasi sebenarnya adalah jenis video yang hebat untuk audiens dewasa juga. Menyajikan informasi melalui video animasi yang ceria dapat menjadi alat yang bagus untuk mengedukasi sekelompok orang. Video animasi bisa sangat efektif untuk video yang menjelaskan konsep atau proses bisnis yang penting. 

Penting untuk dicatat, bahwa orang terbiasa dengan melihat animasi yang berkualitas tinggi, jadi jika animasi kita terlihat murah atau berkualitas rendah, audiens tidak akan tertarik untuk terlibat dengan usaha anda. Temukan animator yang anda percaya untuk membuat video berkualitas, sehingga pada gilirannya usaha anda akan dipercaya oleh pasar.

Video Komersial

Iklan yang baik tidak hanya menjual produk tertentu, namun dapat dinikmati seperti bentuk hiburan format pendek lainnya. Contohnya, iklan yang sangat relate dengan kehidupan mulai dari percakapan hingga aktivitas kita sehari-hari, sehingga dapat membangun keakraban merek dan komunikasikan sesuatu tentang apa yang menjadi kepedulian perusahaan anda.

Video Komersial anda akan ditonton berulang kali oleh pelanggan potensial dan dishare melalui media sosial masing-masing. Tapi ini hanya akan terjadi jika mereka merasa terhibur atau mendapatkan pengalaman emosional. 

Hari ini selain ada di TV, Video Komersial juga dapat ditemukan di halaman media sosial dan situs web. Iklan dapat diposting sebagai video individual di YouTube, atau berupa iklan yang diputar sebelum konten YouTube.

Penting untuk membuat storyboard untuk video komersial anda, seolah-olah sebuah film pendek. Sebuah mahakarya mini yang mempromosikan usaha anda sekaligus membuat orang ingin meng-klik tombol ‘share (bagikan)’. 

Sedangkan Bentuk Video Komersial yang lebih panjang untuk strategi pemasaran berskala besar dapat berbentuk studi kasus dan demo produk.

Video Drone

Merekam gambar dengan Drone akan menarik perhatian audiens anda karena dapat memberikan tampilan close-up atau overhead dari sesuatu yang biasanya tidak dapat mereka lihat. Berita baiknya, harga Drone saat ini cukup terjangkau. 

Video Drone dapat anda gunakan untuk menunjukkan bentangan geografis yang luas, untuk melakukan tur ke suatu area, atau untuk memberikan perspektif baru kepada audiens. Ajaklah audiens ke suatu tempat yang tidak bisa mereka kunjungi dengan drone anda.

Perusahaan dengan gedung yang besar dapat menunjukkan fasilitas perusahaan dari sudut yang belum pernah dilihat. Sebuah Coffee Shop bisa menunjukkan ladang tempat kopi mereka ditanam. Atau merekam acara Family Gathering tahunan para karyawan sebuah perusahaan, kemudian upload di internet untuk mengapresiasi kinerja dan meningkatkan loyalitas mereka.

Video Pendidikan

Satu hal yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan adalah membuat video yang berisi informasi hingga instruksi terkait produk dan layanan untuk para follower, fans, pelanggan, dan calon pembeli. Terutama pembeli, saat ini ingin dapat mempercayai perusahaan tempat mereka membeli, dan salah satu cara untuk membangun kepercayaan adalah mengajar mereka.

Video Pendidikan adalah metode yang bagus mencapai hal tersebut. Tanpa biaya yang terlalu besar, perusahaan anda dapat menyediakan video yang informatif dan mendidik yang menunjukkan pengetahuan dan keahlian anda. 

Menjadi sumber utama dan satu-satunya ketika orang ingin tahu tentang produk atau layanan usaha anda. Mereka akan datang kepada anda dan bisnis anda sebagai yang terdepan memiliki informasi tentang produk atau layanan yang mereka butuhkan.

Tidak hanya keluar, namun ke dalam-pun Video Pendidikan akan bermanfaat dalam pelatihan dan orientasi karyawan. Bagi bisnis yang sedang berkembang pesat, video jenis ini mendorong orientasi karyawan dalam skala besar, melalui video informasi dan budaya organisasi.

Video MedSos

Beberapa konten video dirancang khusus untuk media sosial, termasuk platform seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter. Untuk ini anda akan membuat video yang berdurasi pendek, padat pesannya, dan tentunya menarik. Video ini juga membutuhkan teks, karena sebagian besar pengguna media sosial menonton video tanpa mengaktifkan audio.

Cakupan Video Media Sosial dapat berupa video testimonial, video produk, konten sebagai pendamping sebuah postingan blog, demo project, dan kegunaan lainnya.

Saat produksi sebuah video media sosial, anda akan berpikir, berada di aplikasi dan platform apakah target audiens anda? Setelah anda temukan, jadikan platform atau aplikasi tersebut sebagai target anda. Pastikan bahwa setiap video yang anda rencanakan untuk dibuat memenuhi spesifikasi dan batasan platform tersebut.

Pastikan untuk mengikuti aturan dan instruksi dari platform atau aplikasi yang anda tuju. Jika tidak maka video yang telah anda buat dengan susah payah tidak akan kompatibel dengan platform atau aplikasi yang akan anda gunakan.

Video Live Streaming

Tidak ada jenis video yang dapat membuat audiens merasakan sesuatu yang sangat penting dan rasa urgensi selain Video Live Streaming. Video yang disiarkan Live, misalnya dalam bentuk Facebook Live, cukup marak dalam dua tahun belakangan ini, meskipun anda harus lakukan dengan benar agar dapat berfungsi dengan baik.

Dalam membuat Video Live Streaming, kami menyarankan agar anda bekerja sama dengan Production House Jakarta (Hyperlink to Website pictures.shootingstar.id) yang anda pilih, dan memiliki tim produksi video yang berbakat dan berpengalaman dalam tayangan video Live,   jika ingin tayangan Video Live Streaming anda meninggalkan kesan mendalam bagi audiens. 

Video Interaktif

Video Interaktif memungkinkan penonton untuk memilih apa yang akan terjadi selanjutnya. Video bergaya “pilih petualangan anda sendiri” ini membuat audiens tidak hanya bertindak sebagai penonton saja, namun juga menjadi partisipan. 

Konten semacam ini sering diterapkan dalam video pelatihan, namun dapat juga digunakan dalam pemasaran. Video interaktif pelatihan memberikan menu pelatihan karyawan dengan metode yang disesuaikan, hal ini juga berlaku dalam pemasaran dimana konsumen dimungkinkan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan dengan cara yang sama.

Konten Video Interaktif mungkin merupakan konten video yang paling rumit dan kompleks baik untuk pelatihan maupun pemasaran. Dan membutuhkan lebih dari sekedar telepon dan aplikasi pengeditan. Anda harus pastikan untuk mendapatkan saran ahli tentang jenis video seperti ini sebelum anda memulainya.

Catatan Tambahan

Dari segi pemasaran, konten Video Marketing akan mendorong engagement publik, dan engagement publik akan meningkatkan penjualan. Sedangkan dari sisi pelatihan, konten Video Marketing akan menciptakan kelompok karyawan yang lebih berpengetahuan serta cakap dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan.

Video Marketing sangat penting! Anda akan mendapat kesempatan untuk berkomunikasi dengan pembeli dan calon pembeli menggunakan cara baru dan menarik. Anda dapat menarik perhatian mereka dengan gambar, kata-kata, musik, dan video, lalu memberi mereka ajakan bertindak yang dapat dicapai, apakah itu membeli sesuatu, menghubungi anda atau usaha anda, atau bahkan untuk menekan tombol “Like”, “Subscribe”, dan “Share”.

Untuk hasil yang lebih maksimal dan profesional anda dapat memanfaatkan jasa Production House di Jakarta sebagai partner yang dapat memberikan wawasan, panduan, dan kualitas untuk anda. Production House yang tepat akan membantu menemukan cara terbaik untuk memasukkan konten video berkualitas tinggi ke dalam strategi pemasaran anda.

Jadi sekarang, jenis Video Marketing seperti apa yang cocok dengan bisnis dan strategi pemasaran anda? Atau masih ada yang ingin anda tanyakan? Silahkan tulis pendapat atau pertanyaan anda di kolom komentar untuk berdiskusi.