image

6 Rekomendasi Lokasi Shooting Film di Jakarta

Ketika menonton film, tentu latar dari segi tema dan lokasi sangat menunjang konsep dari film tersebut. Oleh karena itu pada tahapan pra produksi setelah membuat naskah dan storyboard cerita pada film, tim akan melakukan tinjau lokasi. Setelah menentukan lokasi mana saja yang akan digunakan untuk shooting film, para kru film akan akan melakukan recce untuk menyesuaikan lokasi pada saat pengambilan adegan film nantinya. Pemilihan lokasi shooting pun beragam, mulai dari sewa studio Jakarta hingga menjadikan beberapa lokasi ini yang ada di Jakarta. Lokasi mana saja yang sering digunakan, simak informasi selengkapnya!

 

Baca juga: Mengenal Macam-Macam Format Video

 

Lokasi Shooting Film yang ada di Jakarta

Lokasi-lokasi shooting yang seringkali muncul di film anak negeri tentu beragam, mulai dari jalan pusat Jakarta hingga tempat iconic yang memiliki nilai sejarah. Selain memiliki nilai sejarah, tempat-tempat ini memiliki pesona menarik yang cocok dijadikan lokasi shootuing di Jakarta sebagai berikut.

1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon Jakarta ini sudah seringkali Anda lihat sebagai lokasi shooting dalam berbagai macam genre film dalam negeri. Tentu karena tempat yang ikonik ini menjadikan Monas sebagai salah satu lokasi shooting yang sering digunakan. Monas seringkali disoroti sebagai lokasi dalam adegan tentang seseorang yang merantau ke Jakarta. Bahkan film The Philosophers bergenre thriller psikologis (psychological thriller) arahan John Huddles menggunakan Monas sebagai lokasi dalam salah satu adegan.

2. Bundaran HI

Bundaran Hotel Indonesia atau yang akrab dengan sebutan Bundaran HI menjadi lokasi selanjutnya yang sering digunakan sebagai latar dalam film. Dengan monumen Patung Selamat Datang yang berada di tengah bundaran ini menjadi salah satu lokasi ikonik yang menggambarkan konsep film di perkotaan. Lokasinya di jalan M.H Thamrin ini membuat Bundaran HI seringkali dijadikan lokasi shooting pada malam hari yang menggambarkan hiruk pikuk kehidupan di kota dengan gemerlap lampu gedung dan kendaraan.

3. Kota Tua

Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan Kota Tua Jakarta atau yang sering disebut Batavia Lama. Lokasi wisata terkenal di Jakarta ini memiliki luas sekitar 1,3 km2  melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua terkenal dan sering dijadikan lokasi shooting berlatar vintage karena arsitektur bangunan zaman Belanda yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Di kawasan Kota Tua pun Anda bisa menemukan beberapa museum seperti museum wayang, museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, dan masih banyak lagi. Salah satu film terkenal yang menjadikan Kota Tua sebagai lokasi shooting adalah Film Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film ini menceritakan tentang pengambilan lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh, yang berada di Istana Presiden dan tak ternilai harganya.

4. Stasiun Senen & Jakarta Kota

Salah satu moda transportasi umum yang menghubungkan kawasan Jakarta dan daerah sekitarnya ini menjadi salah satu lokasi shooting yang sering digunakan dalam film Indonesia. Stasiun Jakarta Kota dan Senen merupakan stasiun yang cukup terkenal di Jakarta dan besar. Di Stasiun Senen pernah dijadikan sebagai lokasi shooting Film 5 Cm yang disutradarai oleh Rizal Mantovani. Dimana adegan film ini menunjukan lima sahabat yang akan pergi mendaki Puncak Gunung Mahameru dan pergi ke lokasi menggunakan moda transportasi kereta dari Stasiun Senen. Sedangkan di Stasiun Jakarta Kota pernah dijadikan lokasi syuting Film Cinlok yang dibintangi Luna Maya dan Tukul Arwana, serta disutradarai oleh Guntur Soeharjanto.

5. Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung merupakan sungai bersejarah yang sudah ada sejak dari jaman Kerajaan Pajajaran hingga masa Kolonial Belanda, dimana sungai ini memiliki peranan penting bagi masyarakat disekitarnya. Namun saat ini, Sungai Ciliwung dapat dikatakan hilang pamornya karena seringkali menyebabkan bencana banjir di kawasan Jakarta. Sepanjang Sungai Ciliwung dijadikan sebagai tempat tinggal masyarakat yang cukup padat, sehingga sering menjadi lokasi shooting film tentang kehidupan masyarakat Jakarta menengah bawah. Beberapa film yang pernah syuting di sini yaitu Brandal-brandal Ciliwung yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, Kuntilanak Ciliwung yang disutradarai oleh Jessica Angelica, Tampan Tailor dan masih banyak lagi.

6. Taman Menteng

Taman Menteng merupakan salah satu taman kota yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Taman yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso pada tahun 2007 ini, memiliki luas sebesar 27.289 m2. Taman di pusat kota ini dapat dibilang cukup asri karena ditanami oleh berbagai jenis tanaman hias hingga pohon besar. Tidak hanya itu, lokasi ini dilengkapi dengan fasilitas olahraga, tempat bermain anak-anak, lahan parkir dan lainnya. Tidak heran jika Taman Menteng sering digunakan sebagai lokasi shooting film maupun fotografi karena pemandangan yang asri di tengah kota. Berbagai film, sinetron, iklan karya anak negeri banyak menjadikan Taman Menteng sebagai lokasi shooting, bahkan salah satu film Hollywood berjudul Blackhat yang dibintangi Chris Hemsworth dan disutradarai oleh Michael Mann pernah syuting di Taman Menteng.

 

Baca juga: 5 Teknologi yang Digunakan Dalam Produksi Film

 

Itulah beberapa lokasi shooting di Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai referensi latar pembuatan film maupun karya kreatif lainnya. Masih banyak lokasi yang bisa digunakan di kawasan Jakarta, namun pastikan kembali dari faktor perizinan serta fasilitas yang memungkinkan penggunaan alat untuk pembuatan film. Tidak hanya itu, kebersihan dan keamanan lokasi shooting juga perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi di Jakarta. Hal ini akan berpengaruh pada proses pengambilan gambar serta kenyamanan para kru dan pemain film selama shooting.

Penggunaan tempat umum sebagai lokasi shooting dapat dikatakan membutuhkan persiapan yang lebih. Dimana Anda harus memperhatikan faktor yang tidak dapat diprediksi seperti cuaca, lalu lalang orang yang lewat, serta kondisi cahaya yang tidak menentu. Anda bisa menggunakan sewa studio Jakarta sebagai lokasi shooting lho! Di Jakarta terdapat banyak sewa studio yang memiliki fasilitas lengkap di satu tempat. Bahkan Anda bisa melakukan beberapa adegan dan latar di satu tempat, tentu menghemat biaya. Namun kembali lagi pada jalan cerita film yang sudah ditentukan, masing-masing lokasi shooting memiliki kekurangan dan kelebihan. (Aerilia DBK/Shooting Star)