image

Tips dan Trik untuk Hasil Maksimal dalam Studio Shooting

Ketika mengerjakan sebuah karya project seperti fotografi, videografi, hingga pembuatan film, tentu dibutuhkan lokasi shooting yang sesuai konsep. Terdapat beberapa pilihan lokasi yang biasa digunakan, baik itu indoor maupun outdoor. Pemilihan lokasi ini akan mempengaruhi kesan dan suasana yang akan ditampilkan dalam karya foto maupun video. Salah satu lokasi yang cukup sering digunakan adalah studio sewa shooting yang memungkinkan Anda mengeksplorasi kreativitas dengan bebas. Sebelum itu, penting untuk Anda mengetahui tips dan trik agar hasil karya foto maupun video maksimal saat shooting menggunakan studio. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Baca juga: 7 Langkah penting dalam Proses Pembuatan Video Iklan Televisi

 

Tips dan Trik untuk Hasil Maksimal di Studio Shooting

Dalam pembuatan sebuah karya fotografi maupun film, shooting di studio menjadi pilihan lokasi yang ideal untuk menghasilkan foto atau video dengan pencahayaan dan latar belakang yang dapat diatur dengan mudah. Di studio, Anda dapat menghasilkan foto atau video dengan detail yang tajam dan warna yang akurat. Namun, perlu diketahui pula tips dan triknya agar hasil yang maksimal sebagai berikut, pastikan peralatan yang digunakan sudah siap dan proper untuk menunjang kualitas .

1. Pilih Pencahayaan yang Tepat

Memilih pencahayaan yang tepat sangat penting dalam studio shooting. Anda dapat menggunakan lampu studio atau memanfaatkan cahaya alami dari jendela. Pastikan cahaya tersebut merata dan tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Terdapat beberapa jenis pencahayaan yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan suasana atau kesan tertentu. Anda perlu menyiapkan peralatan kebutuhan pencahayaan saat shooting yang memiliki spesifikasi bagus untuk hasil kualitas gambar dan video yang maksimal.

2. Gunakan Tripod

Shooting menggunakan tripod membantu menjaga kamera yang digunakan tetap stabil dan menghindari foto dan video yang buram atau goyang. Ini juga memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada komposisi dan pengaturan adegan pada saat proses pengambilan gambar. Perlu diketahui bahwa terdapat banyak jenis tripod yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dan preferensi pengguna.

3. Pilih latar belakang yang tepat

Dalam kebutuhan shooting, Anda bisa menggunakan latar belakang yang sesuai dengan tema atau konsep foto. Tetapi dipastikan lagi latar belakang tidak terlalu cerah atau terlalu gelap, dan bebas dari gangguan atau benda-benda yang tidak perlu. Ketika sewa studio, Anda bisa menemukan jenis studio limbo yang cukup banyak. Studio limbo adalah jenis studio fotografi yang memiliki latar belakang putih atau abu-abu yang melengkung tanpa sudut yang tegas.

Latar belakang pada studio limbo yang melengkung menghasilkan tampilan yang bersih dan modern, yang memungkinkan fokus pada objek atau subjek yang diambil. Studio limbo biasanya digunakan untuk pengambilan gambar produk, fashion, dan portrait karena memberikan tampilan yang bersih dan minimalis. Di studio juga Anda bisa membangun sebuah set yang menampilkan suasana tertentu sesuai project yang dikerjakan. Mulai dari set dengan tema hutan, kota, ruang tamu, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

4. Bermain dengan sudut pandang

Salah satu kelebihan pengambilan gambar di studio sewa adalah Anda dapat mengambil gambar dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Ragam sudut pandang ini dapat memberikan kesan yang berbeda pada foto dan membuatnya lebih menarik. Anda bisa sewa studio berukuran besar yang bisa ditemukan di kawasan Jakarta.

5. Editing

Studio yang digunakan dalam pengambilan gambar tentu memiliki latar belakang yang luas dan bersih. Tentu saja ini menjadi salah satu keuntungan dan kemudahan untuk Anda ketika mengedit hasil gambar atau video yang telah diambil. Tidak jarang, sewa studio memiliki fasilitas green screen yang memudahkan Anda dalam mengedit video, terutama untuk memasukan special effect.

 

Baca juga: Mengenal Teknologi CGI (computer-generated imagery), Teknologi Dalam Dunia Film

 

Kelebihan Studio Sebagai Lokasi Shooting

Kebutuhan lokasi shooting atau foto yang beragam seringkali menjadi pertimbangan yang mempengaruhi proses produksi dan hasil. Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan sewa studio sebagai pilihan terbaik karena memiliki banyak kelebihan berikut ini.

1. Kontrol Pencahayaan

Di dalam studio sewa untuk shooting atau fotografi, Anda dapat mengontrol pencahayaan sesuai kebutuhan. Hal ini memungkinkan Anda untuk menciptakan efek yang berbeda-beda dan menghasilkan foto yang lebih tajam dan terang.

2. Bebas Kreasikan Latar Belakang (Set)

Salah satu kelebihan dari penggunaan studio sebagai lokasi shooting adalah Anda bisa bebas berkreasi untuk menciptakan berbagai macam set sesuai kebutuhan. Studio yang cukup luas memungkinkan untuk membuat set di satu lokasi loh! Tentu saja ini membantu waktu produksi lebih efektif serta biaya yang harus dikeluarkan jika harus berganti lokasi shooting. Jadi, Anda bisa melakukan proses shooting dengan berganti set atau latar belakang di waktu yang bersamaan maupun mengambil beberapa scene dengan suasana berbeda.

3. Tidak Ada Gangguan

Studio sewa yang diperuntukan untuk shooting maupun fotografi biasanya memiliki fasilitas yang baik serta profesional dalam menunjang produksi. Studio yang disewakan biasanya memiliki fasilitas ruangan yang kedap suara, sehingga Anda dapat menghindari gangguan dari lingkungan sekitar seperti suara keramaian atau kendaraan. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada pengambilan gambar dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Kondisi Ruangan Stabil

Dalam studio biasanya dilengkapi dengan peralatan berkualitas yang membantu dalam menjaga suhu dan kelembaban agar dapat dikontrol dengan mudah. Hal ini membantu menjaga kondisi kamera dan lensa Anda agar tetap stabil dan meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan teknis pada hasil akhir foto atau video. Proses produksi yang dilakukan di dalam studio juga menjadi nyaman jika dilakukan dalam waktu lama di ruang studio yang tertutup.

5. Kebebasan Kreativitas

Kelebihan lain dari sewa studio shooting adalah Anda memiliki kebebasan untuk bereksperimen dengan berbagai teknik fotografi, seperti pengaturan cahaya, sudut pandang, atau komposisi. Hal ini membuka peluang untuk menghasilkan foto atau video yang unik dan kreatif.

 

Itulah informasi seputar tips dan trik penggunaan studio shooting agar hasil maksimal. Tidak hanya itu, studio shooting memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Pastikan lokasi shooting sesuai dengan suasana yang ingin dicapai dari project yang dikerjakan. Sebelum Anda sewa studio pun pastikan memilih studio yang sesuai dengan budget serta kelengkapan fasilitas. Sesuaikan dengan proses produksi dan kebutuhan Anda. (Aerilia DBK/Shooting Star)