image

7 Profesi di Industri Kreatif yang Menarik & Menjanjikan

Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman memiliki banyak dampak dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah profesi yang dilakukan pada saat ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Di industri kreatif, banyak peluang profesi yang menarik dan menjanjikan. Terlebih di zaman yang serba digital dan cepat membutuhkan tenaga khusus yang ahli di bidangnya untuk mampu bersaing pada perusahaan. Di Indonesia sendiri, perkembangan industri kreatif terus meningkat dan mampu menyumbang nilai yang cukup signifikan pada perekonomian. Simak informasi selengkapnya profesi-profesi di industri kreatif yang menarik serta menjanjikan! Mungkin pekerjaan Anda salah satunya.

 

Baca juga: 5 Aplikasi atau Software Edit Video yang Cocok untuk Pemula

 

Profesi di Industri Kreatif Indonesia

Dilansir dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia melalui ekon.go.id, terdapat sekitar 8,2  juta jumlah usaha kreatif yang didominasi oleh usaha kuliner, fashion, dan kriya. Tidak hanya itu, terdapat 4 sub sektor ekonomi kreatif yang memiliki pertumbuhan cepat, yaitu film, animasi, video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi perkembangan ekonomi di Indonesia dengan didukung tingginya adopsi teknologi digital di masyarakat. Sehingga tidak dapat dipungkiri peluang kerja di industri kreatif semakin besar, khususnya bagi para generasi muda. Simak informasi selengkapnya seputar profesi di industri kreatif Indonesia yang menarik serta menjanjikan!

1. Desainer Grafis

Desain grafis merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual. Memanfaatkan media gambar seperti, lukisan, logo, desain kemasan untuk menyampaikan informasi serta berkomunikasi. Desainer grafis dapat bekerja dalam berbagai industri, termasuk periklanan, penerbitan, perusahaan teknologi, dan media sosial. Mereka juga dapat bekerja sebagai freelancer atau bergabung dengan studio desain. Seorang desainer grafis harus menguasai perangkat lunak desain grafis atau software desain serta memiliki keterampilan dalam seni rupa dan desain grafis. Mereka harus memahami prinsip desain serta memahami bagaimana desain dapat mempengaruhi perilaku pengguna dan keputusan pembelian.

2. Animator

Animasi adalah sebuah teknik visual yang digunakan untuk menciptakan gerakan pada gambar atau objek secara berurutan. Dibalik animasi yang sering Anda lihat, terdapat peran seorang animator. Animator bertanggung jawab untuk membuat objek atau karakter bergerak dalam sebuah animasi dengan menggambar setiap pose atau gerakan dalam urutan yang tepat. Animator juga dapat menggunakan perangkat lunak animasi komputer untuk membuat gerakan dengan memanipulasi model digital dalam 3D.

Animator dapat bekerja dalam berbagai industri, seperti film animasi, video game, televisi, dan promosi produk. Seorang animator juga dapat bekerja sebagai freelancer atau bergabung dengan studio animasi. Seorang animator juga harus menguasai prinsip-prinsip animasi dan teknologi animasi terbaru untuk menciptakan animasi yang realistis dan menarik.

3. Art Director

Di industri kreatif, seorang art director bertanggung jawab untuk mengarahkan tim kreatif dalam merancang dan mengembangkan solusi visual untuk berbagai media, seperti film, iklan, teater, media digital, dan lain-lain. Tugas utama seorang art director adalah memimpin tim dalam merancang konsep dan elemen visual untuk menciptakan produk yang kreatif, efektif, dan sesuai dengan visi klien.

Tugas-tugas seorang art director meliputi merancang konsep visual, mengarahkan fotografer dan desainer grafis, memilih bahan baku dan elemen visual yang diperlukan, dan menentukan budget yang diperlukan untuk produksi. Seorang art director juga harus berkomunikasi dengan klien untuk memastikan bahwa solusi visual yang dihasilkan sesuai dengan visi mereka dan memenuhi tujuan bisnis yang diinginkan. Art director dapat bekerja dalam berbagai industri, termasuk periklanan, film, televisi, game, dan media digital. Mereka juga dapat bekerja sebagai freelancer atau bergabung dengan production house.

4. Creative Director

Profesi creative director adalah profesi di industri kreatif yang bertanggung jawab untuk memimpin tim kreatif dalam mengembangkan konsep dan ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk berbagai proyek. Tugas utama seorang creative director adalah memimpin tim dalam mengembangkan konsep kreatif dan strategi pemasaran yang sesuai dengan visi klien. Berbeda dengan art director, tugas creative director menjadi penanggung jawab proses kreatif hingga hasil produksi dapat sesuai dengan keinginan klien. Jika Anda memiliki latar belakang seni, desain, periklanan, dan komunikasi, profesi ini cocok untuk Anda. Profesi creative director dapat bekerja di berbagai industri baik itu teknologi maupun kreatif. Tergabung dalam sebuah production house maupun agency kreatif untuk mengembangkan karya-karya kreatif.

5. Content Writer

Content writer adalah profesi di bidang pemasaran dan media digital yang bertanggung jawab untuk menulis konten yang menarik dan informatif untuk website, blog, media sosial, dan saluran media digital lainnya. Tugas utama seorang content writer adalah membuat konten yang menarik dan memenuhi kebutuhan pengguna atau target audiens, serta mendukung tujuan bisnis klien.

Profesi content writer dapat Anda temukan di berbagai bidang seiring berkembangnya kebutuhan branding dan digital marketing. Jika Anda tertarik dalam menulis, profesi ini cocok untuk Anda karena cukup menjanjikan. Terpenting sebagai content writer, Anda harus terus memperbarui keterampilan dan pengetahuannya, dan selalu memperhatikan tren terbaru dalam pemasaran dan media digital.

6. Content Creator

Content creator merupakan profesi  di bidang media digital yang bertanggung jawab untuk menciptakan konten multimedia seperti video, audio, foto, dan teks untuk disebarkan melalui berbagai platform online. Profesi ini menuntut seseorang dalam menciptakan konten kreatif yang menarik agar sesuai dengan target pasar serta pengenalan brand tujuan bisnis.  Seorang content creator harus memiliki keterampilan multimedia yang kuat dan kemampuan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dalam berbagai format, seperti video, podcast, foto, dan lain sebagainya.

7. Voice Over Artist

Ketika Anda melihat iklan di televisi atau mendengar intro iklan-iklan di platform musik, seorang voice over artist berperan di dalamnya. Profesi ini menuntut Anda untuk membacakan naskah atau skrip yang telah ditentukan dan kemudian direkam untuk menghasilkan suara berkualitas. Nantinya suara dari voice over ini bisa digunakan di berbagai media, baik itu iklan televisi hingga radio. Untuk Anda yang tertarik menjadi seorang voice over artist, Anda bisa melakukan pekerjaan ini di rumah, lho! Dengan alat berupa mic profesional berkualitas, Anda bisa menghasilkan voice over yang bagus serta memiliki nilai jual yang tinggi dan menjanjikan.

 

Baca juga: Jenis-Jenis Video Yang Diproduksi di Studio Profesional

 

Itulah beberapa informasi lengkap seputar profesi di industri kreatif yang menarik serta menjanjikan untuk Anda coba. Profesi-profesi ini dapat Anda temukan di berbagai bidang industri, sehingga peluang pekerjaannya pun cukup banyak. Khususnya di industri kreatif seperti production house yang membutuhkan tim profesional dalam menciptakan karya kreatif. Tetap update terhadap tren dan perkembangan teknologi bisa memberikan nilai lebih bagi karir Anda di industri kreatif. (Aerilia DBK/Shooting Star)