image

Tertarik Menjadi Produser Film? Ketahui Basic Skill Berikut Ini!

Ketika menonton sebuah film atau iklan yang tayang, tentu Anda memikirkan bagaimana berjalannya sebuah proses pembuatan film dengan hasil yang menakjubkan, terutama dengan proses produksi yang terbilang tidak sebentar.  Disinilah peran seorang produser dibutuhkan untuk bertanggung jawab dalam mengawasi dan terlibat dalam proses pembuatan program televisi, film maupun project video lainnya dari awal hingga akhir. Biasanya produser akan bekerja di sebuah production house yang terbiasa dengan pembuatan produksi film maupun video iklan. Berbeda dengan seorang sutradara yang fokus pada kreatif dan estetika film yang sedang digarap, seorang produser mengelola semua keperluan dari ide hingga administrasi sebuah project film. Nah, untuk Anda yang tertarik menjadi seorang sutradara film, ketahui beberapa basic skill berikut ini!

 

Baca juga: Sebelum Mulai Shooting, Yuk Berkenalan Dulu Dengan Para Kru Produksi Video!

 

Tugas Produser Film

Sebelum mengetahui skill apa yang dibutuhkan sebagai seorang produser film, Anda juga perlu mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang produser. Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang produser, diantaranya:

  • Budgeting

Setelah menemukan ide serta naskahnya, seorang produser juga bertugas untuk membuat estimasi biaya yang dibutuhkan untuk produksi film. Estimasi biaya ini akan dijadikan sebagai acuan dalam proses pencarian dana dari investor nantinya. Tidak hanya itu biaya ini juga termasuk dalam pembayaran honor kru, serta kebutuhan alat, lokasi shooting dan keperluan lainnya selama produksi.

  • Merekrut Penulis

Ketika seorang produser tertarik dengan sebuah ide atau konsep cerita sebuah project, maka ia akan bekerja sama dengan seorang penulis yang mampu mewujudkan ide tersebut menjadi naskah film. Naskah ini akan dikembangkan dan di bawah supervisi seorang penulis bersama produser.

  • Pencarian Dana

Setelah mengetahui estimasi biaya produksi, maka seorang produser bisa mulai mencari dana melalui investor yang bisa diajak bekerja sama untuk mendanai project film tersebut. Pencarian dana bisa melalui production house, film studio, investor perorangan, dan pihak lainnya yang tertarik dengan project tersebut.

  • Membentuk Tim Project

Untuk membantu selama pelaksanaan produksi, seorang produser perlu membentuk tim yang terdiri dari berbagai macam kru, mulai dari pencahayaan, artistik, tata busana, casting, kamera, dan kru lainnya.

  • Casting Pemain Film

Seorang produser juga bertugas untuk melakukan proses casting aktor film bersama sutradara dan casting director jika belum memiliki sosok aktor yang cocok. Dengan begitu maka produser pun bisa mengetahui aktor seperti apa yang cocok untuk memerankan tokoh pada cerita.

  • Mengawasi Keseluruhan Proses Produksi & Pascaproduksi

Selama proses produksi, seorang produser bertugas untuk mengawasi apakah proses berjalannya dengan baik sesuai rencana dan mengatasi kendala di lapangan. Tidak hanya itu, pada proses pascaprodusi, seorang produser juga membantu dalam memberikan pendapat atau masukkan selama proses editing, baik pada kebutuhan cerita dan pertimbangan lainnya.

  • Distribusi Film

Setelah sebuah film jadi, seorang produser akan mendistribusikan film sesuai dengan yang sudah direncanakan di awal. Apakah itu akan ditayangkan di bioskop maupun festival film.

 

Basic Skill Produser Film

Setelah mengetahui tugas dari seorang produser film, berikut ini adalah beberapa keterampilan dan pengetahuan dasar atau basic skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang produser film. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Kemampuan Bersastra

Seorang produser harus memiliki kemampuan bersastra. Hal ini erat hubungannya dengan proses pembuatan naskah cerita pada pembuatan sebuah film. Mulai dari ide, produser harus menganalisis dan menginterpretasikan naskah drama yang akan digarap menjadi film.

2. Administrasi & Manajemen

Skill ini dibutuhkan bagi seorang produser agar mampu melakukan perencanaan strategi, alokasi sumber daya, peranan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi yang baik antara orang dan sumber daya yang ada. Tujuannya adalah agar produser memahami cara mengelola dan mengorganisir kegiatan produksi film dari awal hingga akhir.

3. Kemampuan Komunikasi & Media

Kemampuan ini perlu dimiliki oleh seorang produser untuk mengetahui mengenai media produksi, komunikasi, sehingga mampu menyebarkan informasi atau pemasaran lebih luas. Termasuk juga mampu mengemukakan ide-ide secara lisan, tulisan hingga melalui media visual.

4. Negosiasi

Salah satu kemampuan komunikasi yang perlu dimiliki oleh seorang produser film adalah untuk mendukung dalam proses negosiasi. Produser nantinya akan mengkoordinasikan semua pihak yang terlibat selama produksi film hingga selesai, mulai dari kebutuhan pihak aktor, sutradara, sponsor, pemasaran, serta media lainnya yang dibutuhkan untuk penayangan film.

5. Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa ini mencakup pada Bahasa Inggris atau jenis bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah bagi seorang produser. Tujuannya agar mampu berkomunikasi dengan baik dalam pengelolaan sumber daya manusia, serta pemahaman secara lisan dan tertulis dengan bahasa lain selain Bahasa Indonesia.

 

Karakteristik Produser Film

Selain kemampuan dan pengetahuan dasar tersebut, seorang produser harus memiliki karakteristik berikut ini.

1. Berpikir Analitis

Berpikir analitis adalah proses berpikir dengan cara mengumpulkan informasi untuk memecahkan masalah secara efektif. Sehingga Anda, sebagai produser mampu menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasikan solusi dan pendekatan permasalahan selama produksi.

2. Pendengar yang Aktif

Kemampuan ini dibutuhkan agar seorang produser mampu memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara, terutama dalam memahami informasi yang disampaikan serta menghargai dan memberikan kesempatan orang lain berbicara.

3. Berjiwa Pemimpin

Seorang produser harus mampu berperan sebagai pemimpin yang baik terutama dalam proses pembuatan film. Produser harus tegas tetapi tidak bersikap semena-mena terhadap kru atau orang lain yang membantu proses pembuatan film agar tercipta suasana yang kondusif. Ia juga harus mampu mengkoordinasikan segala kebutuhan melalui sumber daya yang ada untuk produksi.

4. Kritis

Sikap yang kritis ini dibutuhkan agar mampu menyelesaikan masalah dengan berani dalam mengambil keputusan yang krusial ketika produksi film.

5. Kreativitas

Sebagai pekerja di industri kreatif, seorang produser tentu dituntut memiliki kreativitas yang tinggi agar memiliki keunikan tersendiri pada sebuah karya di tengah dunia persaingan saat ini.

 

Jadi, inilah beberapa kemampuan dan pengetahuan dasar atau basic skill yang diperlukan bagi seorang produser film. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang produser film, penting untuk mengetahui hal-hal ini dan mempelajarinya. Untuk menjadi seorang produser, Anda bisa menempuh pendidikan di jurusan Televisi dan Perfilman yang sudah banyak ditemukan di beberapa perguruan tinggi. Prospek kerja bagi produser pun semakin banyak seiring berkembangnya industri perfilman Tanah Air juga beberapa production house di Indonesia yang semakin berkembang dengan maraknya dunia digital marketing. Sesuaikan minat dan bakat Anda serta terus belajar untuk menjadi seorang produser yang handal! (Aerilia DBK/Shooting Star)