image

Mengenal Foto Produk Untuk Pemasaran Digital Bisnis

Kemajuan teknologi saat ini telah mengubah dan mempengaruhi banyak hal di berbagai bidang untuk go digital, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran secara digital menjadi salah satu bentuk pengenal produk atau jasa yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam menghadapi era digitalisasi di bidang bisnis. Berbagai cara dilakukan untuk melakukan pemasaran secara digital, mulai dari pemasangan iklan di mesin pencarian hingga memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial sebagai media pemasaran banyak digunakan saat ini oleh para pelaku bisnis, baik itu skala kecil maupun besar.

Media sosial dianggap lebih efektif karena selain biayanya yang terjangkau juga jangkauan serta target pasar yang luas. Dengan jumlah pengguna media sosial yang banyak, Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian audiens di media sosial adalah melalui konten menarik dan kreatif yang sesuai dengan branding serta target audiens. Anda bisa memulainya dengan membuat foto produk yang menarik dan kreatif tentunya. Lalu bagaimana caranya? Nah, informasi berikut ini wajib Anda simak untuk mengenal apa itu foto produk, jenis, manfaat, hingga tips menciptakan foto yang menarik. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Baca juga: Tips dan Cara Foto atau Video Makanan Instagramable. Cocok Untuk Pebisnis!

 

Apa itu Foto Produk?

Foto produk merupakan visualisasi 2D yang menggambarkan sebuah produk atau barang dengan tampilan menarik untuk ditampilkan kepada konsumen. Foto produk haruslah menarik karena melalui foto tersebut Anda bisa menarik perhatian konsumen. Untuk itu, Anda harus bisa menciptakan foto produk dengan konsep yang sesuai branding dan menarik serta menyesuaikan dengan jenis produk, apakah itu foto untuk produk makanan, minuman, barang pakai, hingga jasa.

Pengambilan foto produk pun bisa dilakukan dengan berbagai alat mulai dari ponsel hingga kamera dengan kualitas yang bervariasi. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengatur set foto yang sesuai agar lebih menarik, salah satunya adalah dengan memanfaatkan studio sewa untuk melakukan photoshoot produk dengan kapasitas ruang yang luas. Sebelum memulainya, Anda wajib mengetahui jenis foto produk apa yang bisa diterapkan.

 

Jenis-Jenis Foto Produk

Salah satu hal penting yang wajib Anda ketahui adalah mengenai jenis-jenis foto produk. Anda bisa melihat berbagai macam postingan foto produk yang ada di media sosial, tentunya dengan berbagai angle serta konsep yang kreatif. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis foto produk!

1. Individual Shots

Individual shots adalah jenis foto produk yang menampilkan hanya satu produk dalam satu frame. Jenis foto ini seringkali digunakan pada katalog produk maupun halaman produk dengan tujuan menunjukkan satu produk dengan jelas dan menyeluruh. Foto produk jenis ini seringkali ditemukkan untuk menunjukkan tampilan produk dari depan, samping, dan belakang dengan background polos berwarna putih.

2. Group Shots

Sesuai dengan namanya, jenis foto produk ini menampilkan beberapa produk dalam satu frame. Biasanya jenis foto ini digunakan untuk menampilkan produk paket atau varian seri produk tertentu. Jenis foto ini cocok digunakan untuk foto produk kecantikan dan minuman kemasan botol dengan ukuran yang berbeda-beda.

3. Lifestyle Shots

Lifestyle shots adalah jenis foto produk yang menampilkan sebuah produk ketika sedang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis foto produk ini cocok dipilih untuk menunjukkan kepada customer ketika produk tersebut digunakan. Biasanya foto ini akan menampilkan seorang model pria atau wanita yang sedang melakukan aktivitas dengan menggunakan produk yang menjadi fokus foto.

4. Scale Shots

Jenis foto produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilkan ukuran sebenarnya pada produk dalam sebuah frame foto. Anda bisa menempatkan produk utama dengan barang-barang lainnya yang untuk mengetahui perbandingan ukuran. Contohnya adalah foto sebuah produk kecantikan dalam versi berukuran besar dengan versi travel size.

5. Detailed Shots

Detail shots merupakan jenis foto produk yang cocok digunakan untuk menampilkan detail pada sebuah produk. Biasanya jenis foto ini digunakan pada produk perhiasan, kain, maupun produk dengan detail khusus yang ingin ditampilkan kepada audiens. Untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas pada detail shots, Anda memerlukan pengaturan pencahayaan khusus dan gambar ditangkap dengan kamera berlensa makro untuk mengambil detail dengan baik.

6. Ghost Mannequin Photography

Jenis foto ini cocok untuk Anda yang ingin menampilkan produk fashion seperti baju dan celana. Jenis foto ghost mannequin akan memanfaatkan patung manekin yang mengenakan produk baju atau celana agar customer bisa mendapatkan gambaran ketika produk fashion digunakan. Foto produk fashion dengan manekin akan memberikan tampilan gambar 3 dimensi, sehingga customer bisa dengan jelas melihat detail produk seperti ketika sedang digunakan.

7. Packaging Shots

Kemasan sebuah produk menjadi salah satu bagian yang diperhatikan oleh konsumen sebelum memutuskan untuk membelinya. Nah, jenis foto produk ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan produk beserta label maupun kemasannya dalam satu frame foto. Dengan membuat set yang sesuai dengan konsep kemasan akan menghasilkan foto produk yang menarik konsumen.

 

Manfaat Foto Produk

Untuk melakukan pemasaran secara digital, Anda perlu menampilkan gambar dan tulisan secara bersamaan. Khususnya pada media sosial yang memiliki fokus pada visual pada sebuah postingan, baik itu sebuah desain maupun foto. Dilansir dari Weebly, sebanyak 75% pembeli di marketplace online menggunakan foto sebagai bahan pertimbangan utama untuk membeli barang. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memfokuskan foto produk pada akun media sosial bisnis yang sedang dijalani. Tidak hanya sebagai media pemasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat dari foto produk yang wajib diketahui bagi para pelaku bisnis.


Meningkatkan nilai jual produk

Tidak dapat dipungkiri lagi, jika visual yang menarik dapat menambah nilai dari suatu produk, sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya. Ketika membeli suatu barang secara online tentu hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah tampilan visualnya dalam foto produk. Jadi, foto produk memiliki peran penting dalam pemasaran secara digital.

Membangun branding bisnis

Semakin baik dan menarik dari kualitas foto produk yang ditampilkan mampu menarik konsumen dan membangun branding pada sebuah bisnis. Anda bisa memasukkan ciri khas dari brand bisnis pada setiap foto produk sehingga konsumen dapat mengenalinya dan tertarik. Foto sebuah produk itu menjadi cerminan dari kualitas, nilai, dan karakter bisnis Anda.

Meningkatkan kepercayaan konsumen

Hasil foto produk yang profesional dengan konsep yang menarik rapi tentunya akan menarik serta meningkatkan kepercayaan konsumen pada kredibilitas bisnis Anda. Jadi, pastikan Anda memikirkan konsep dan ide foto produk yang  menarik dan profesional.

 

Baca juga: Konten Kreator Harus Paham Cara Menggunakan Green Screen

 

Itulah informasi lengkap seputar foto produk yang perlu Anda ketahui sebagai pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran secara digital. Tentunya foto produk memiliki salah satu peran penting untuk menarik perhatian konsumen. Jadi, pastikan Anda menciptakan ide foto yang menarik, kreatif dan out of the box pastinya! (Aerilia DBK/Shooting Star)