image

5 Alasan Mengapa Perlu Menambahkan Video Pada Website Bisnis Anda

Kemampuan untuk mengambil perhatian, melibatkan konsumen, dan menarik kembali pengunjung ke situs anda merupakan hal yang paling kritis dalam kesuksesan suatu bisnis. Website menjadi salah satu platform di mana anda dapat menunjukkan dan memperkenalkan produk, layanan, dan merek anda pada konsumen maupun calon konsumen. Dibandingkan dengan platform media sosial, website bisnis dapat anda custom sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan identitas bisnis anda. Termasuk menambahkan video pada website anda. Hari ini rasanya sulit menemukan brand atau bisnis yang tidak menambahkan video pada situs bisnis mereka karena video merupakan cara tercepat dalam mengambil perhatian konsumen saat mereka membuka website kita. Di bawah ini adalah lima alasan mengapa anda perlu menambahkan video pada website anda:

 

Storytelling adalah unsur penting dalam pemasaran

Konsumen membutuhkan informasi yang cukup sebelum menentukan keputusan membeli. Video merupakan salah satu cara dalam menyampaikan informasi dengan metode yang beragam. Dengan storytelling yang menarik, maka besar kemungkinan untuk konsumen anda akan menonton dan mencari informasi dengan cepat melalui video yang disediakan. Untuk itu, kita membutuhkan 4E dalam membuat video dengan storytelling yang bagus, yaitu engaging, emotional, educational, and empathetic. Engaging adalah di mana konsumen harus merasa terlibat dalam video tersebut. Emotional adalah kesempatan kita sebagai pemasar untuk menyentuh konsumen secara emosional melalui video. Educational adalah video harus berisikan informasi agar konsumen dapat bertahan lebih lama dalam menonton videonya. Yang terakhir, empathetic adalah ketika konsumen berhasil membangun rasa percaya dan empati.

 

Video merupakan cara terbaik untuk melibatkan konsumen anda

Menurut laporan Vidyard, 90% konsumen mengklaim bahwa video sangat membantu mereka dalam membuat keputusan membeli, dan 64% dari mereka mengakui bahwa video mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli sesuatu. Video-video pendek dan informatif, contohnya, membuat penonton lebih terlibat dibandingkan hanya dengan gambar atau foto. Fakta menurut Social Media Today, 60% konsumen lebih lama ada di sebuah situs yang dilengkapi dengan video, dibandingkan dengan hanya ada informasi teks dan gambar. 

 

Video membantu konsumen dalam mengenal dan mempercayai anda

Video tidak hanya menjadi platform untuk menunjukkan produk atau layanan yang anda tawarkan, tetapi dengan video anda juga dapat menampilkan identitas brand dan lebih “mendekatkan” brand dengan konsumen. Contohnya adalah membuat corporate video yang juga mengenalkan siapa anda dan bisnis anda secara keseluruhan. Anda juga dapat mengenalkan karyawan-karyawan anda dengan cara yang unik. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan video berdurasi pendek dengan lagu-lagu atau challenge yang sedang naik daun untuk membuat konten dengan tujuan mengenalkan perusahaan, bukan lagi berfokus hanya pada produk atau layanan. 

 

Baca juga: Butuh Video Perusahaan Untuk Bisnis Anda? Yuk, Berkenalan Dengan Corporate Video!

 

Video dapat membuat konsumen terhibur

Video memungkinkan anda untuk menampilkan produk atau layanan yang anda tawarkan. Namun, saat ini sudah banyak jenis video yang anda dapat buat untuk menarik perhatian konsumen dan menghibur mereka. Jika anda tidak memiliki tim kreatif internal, anda dapat dengan mudah meminta bantuan tim dari production house yang menyediakan layanan one-stop service, di mana production house tersebut akan membantu anda dari mula konsep, proses produksi, hingga editing. Dengan begitu, anda dapat membuat video bisnis anda dengan tema yang anda inginkan tanpa harus bingung karena tidak memiliki sumber daya yang memadai. 

 

Video cepat dalam menyampaikan pesan dan informasi

Saat ini, konsumen tidak memiliki banyak waktu untuk dijelaskan berulang kali oleh sales tentang produk atau layanan anda. Beberapa konsumen juga mungkin malas membaca berbagai informasi yang ada pada situs anda. Maka, video dapat menjadi salah satu jalan keluarnya karena a safe bet bahwa konsumen akan mencerna informasi lebih cepat dengan melihat dan mendengarkan, dibandingkan membaca. Bukan berarti video akan menggantikan konten-konten tertulis, tapi video dapat menjadi pendamping tulisan-tulisan anda dan memperkuat pesan serta informasi yang anda ingin sampaikan. 

 

Video pada situs bisnis anda dapat membantu konsumen untuk lebih mengingat produk atau bisnis anda. Maka dari itu, buatlah video yang unik dan mampu menarik perhatian konsumen dalam durasi 5 detik pertama dan jalan cerita yang menarik agar konsumen mau menonton hingga akhir. Tunggu apalagi? Yuk, mulai tambahkan video pada situs anda!