image

Butuh Video Perusahaan Untuk Bisnis Anda? Yuk, Berkenalan Dengan Corporate Video!

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak organisasi menggunakan media audio visual untuk memperkenalkan bisnisnya ke audiens lebih luas. Ditambah dengan internet yang dapat membagikan video tersebut melalui platform digital, seperti media sosial atau website pribadi organisasi. Corporate video pada dasarnya adalah video yang diproduksi oleh sebuah organisasi dengan tujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan kesadaran publik terhadap perusahaan tersebut. Namun, selain tujuan tersebut, corporate video dapat digunakan untuk berbagai latar belakang tertentu dan tujuan-tujuan lain.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengenalkan organisasi selain menggunakan corporate video, namun ada beberapa alasan mengapa corporate video atau biasanya dalam bentuk company profile masih dibutuhkan dan disukai oleh beberapa orang, yaitu:

1. Bentuk Komunikasi Yang Efektif

Menurut B2B Marketing Alliance, lebih dari 90% konsumen B2B sekarang lebih sering menonton video secara daring dan hampir setengah dari konsumen tersebut menonton video untuk mencari tahu mengenai produk atau jasa. Meskipun beberapa orang lebih menyukai teks tertulis, seperti blog perusahaan, namun beberapa bereaksi lebih baik pada bentuk visual seperti video.

2. Strategi Marketing Yang Hebat

Corporate video dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum terhadap perusahaan tersebut. Dengan mengunggahnya di platform media sosial, seperti Youtube atau Instagram, corporate video dapat meningkatkan traffic ke situs perusahaan dan mengubah penonton menjadi konsumen.

3. Video Mudah Untuk Dibagikan

Dibandingkan dengan profile dalam bentuk PDF, company profile berbentuk video lebih mudah untuk dibagikan secara daring melalui media sosial atau database email yang dimiliki oleh perusahaan. Menggunakan media sosial, siapa saja dapat membagikan video tersebut sehingga dapat menjangkau penonton lebih banyak.

 

Corporate video sendiri ternyata memiliki beberapa jenis video, beberapa di antaranya adalah:

  • Promotional Video

Biasanya video promosi menyoroti salah satu produk, layanan, atau inisiatif perusahaan tertentu. Misalnya, peluncuran produk baru dari perusahaan tersebut.

  • Training Video

Video pelatihan biasanya diperuntukan untuk audiens tertentu, contohnya video mengenai keamanan bekerja, on-boarding karyawan baru, hingga seminar-seminar internal untuk karyawan.

  • Internal Communication Video

Video komunikasi internal dibagikan hanya untuk karyawan di dalam perusahaan tersebut. Bisa berupa perkenalan tentang perusahaan untuk karyawan baru, pengumuman tentang perubahan internal, dan sebagainya.

  • CSR Video

Bentuk video ini biasanya digunakan untuk membentuk citra baik suatu perusahaan karena saat ini penting untuk suatu perusahaan menunjukkan pemberian kembali kepada masyarakat dalam hal inisiatif sosial. 

  • Conference Video

Pada umumnya, perusahaan seringkali mengadakan seminar atau konferensi internal atau bersama dengan pihak eksternal. Bentuk video ini cocok diputar untuk presentasi atau bahkan saat konferensi lain terjadi.

Bagi perusahaan yang memiliki in-house production, corporate video dapat dibuat secara internal. Namun, jika tidak, perusahaan dapat meminta pertolongan production house untuk memproduksi videonya. Pada umumnya, proses pembuatan corporate video dapat dibagi menjadi tiga sesi, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Berikut adalah pemaparannya:

  1. Pra-Produksi. Pada pra produksi, biasanya tim akan melakukan pengembangan konsep, pembuatan naskah, tema, talent, penentuan lokasi, anggaran, dan sebagainya. Mengacu kembali ke jenis-jenis corporate video, karena setiap video memiliki objektif yang berbeda, maka rancangan video yang dibuat juga harus menyesuaikan. Corporate video dapat dibuat di kantor perusahaan tersebut, atau di studio sewa. Tahapan ini akan melibatkan dialog dua arah antar perusahaan dengan production house dalam persetujuan konsep dari video yang diproduksi.
  2. Produksi. Sebelum shooting di mulai di tahapan produksi, biasanya ditetapkan dulu siapa yang akan muncul di depan kamera. Apakah akan menyewa talent baru atau menggunakan karyawan-karyawan yang sedang bekerja di kantor tersebut. Briefing juga akan dilakukan agar konten dapat tersampaikan dengan baik sehingga memudahkan proses editing nantinya. Para kru juga membutuhkan waktu untuk mengatur peralatan yang dibutuhkan sehingga saat shooting nanti, semua berjalan aman sesuai dengan prosedur. 
  3. Pasca Produksi. Video yang masih mentah akan dibawa kembali ke kantor production house untuk disunting. Biasanya, penyunting atau editor akan memotong rekaman-rekaman yang ada sebagai draft yang pertama. Setelah itu, klien perusahaan akan memberikan umpan balik tentang apa yang dimasukkan ke dalam video, apa yang tidak. Setelah itu baru muncul draft kedua, yang pada umumnya sudah dalam bentuk full master quality. Jika klien sudah puas dengan hasilnya, maka versi akhir akan dikirimkan dan proyek dinyatakan selesai.

 

Salah satu cara terbaik untuk membentuk hubungan dengan audiens ataupun konsumen adalah dengan membuat corporate video yang dapat memunculkan emosi yang tulus. Maka dari itu, konsep dari videonya dapat dikreasikan sesuai dengan pesan dan citra perusahaan, namun tetap ada sisi menghibur. Saat membuat corporate video, penting untuk tahu informasi apa yang ingin disampaikan sehingga video yang dibuat terlalu panjang durasinya. Pastikan kontennya selalu relevan dan fresh. 


Nah, pertanyaan selanjutnya, apakah membuat corporate video itu penting? Jika ingin menampilkan citra perusahaan yang dinamis dan dengan cara yang mudah dicerna oleh publik, maka jawabannya adalah ya! Produksi corporate video dapat sukses dan terkenal jika kualitas, konten, dan SEO dari videonya dimanfaatkan dengan benar. Jika anda ingin membuat corporate video juga, anda dapat meminta bantuan production house untuk keseluruhan proses yang lebih mudah, aman, dan nyaman. Salah satunya adalah Shooting Star Pictures, sebuah production house di Jakarta yang telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam hal produksi video. Tunggu apa lagi? Mari buat corporate video milik perusahaan anda sekarang juga bersama kami.