image

Kelebihan dan Kekurangan Dari Produksi Video di Indoor dan Outdoor

Salah satu aspek yang paling penting untuk ditentukan pada fase pra-produksi adalah menentukan lokasi shooting. Dengan perhitungan budget yang sesuai dan konsep dari video yang telah ditentukan, maka aspek lokasi juga harus dipertimbangkan. Apakah produksi akan dilakukan di outdoor, studio sewa, atau di lokasi khusus lainnya? Setiap lokasi shooting, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Banyak orang mengira bahwa produksi video lebih bagus dilakukan di luar ruangan karena lighting yang lebih natural. Beberapa orang memilih studio karena dapat menggunakan lebih banyak peralatan produksi tanpa harus memikirkan cuaca. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengunjungi beberapa opsi lokasi. Dengan demikian, anda dapat memahami kompleksitas serta kondisi tempat untuk membuat perencanaan yang lebih efektif. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih produksi video indoor di studio atau outdoor:

 

Memperhatikan Cuaca dan Lingkungan Sekitar

Salah satu keuntungan dari menggunakan studio adalah situasi lingkungan, termasuk cuaca, dapat terkendali. Hal ini yang menjadi pembeda paling dominan dari shooting di studio dengan outdoor. Jika menginginkan feel studio seperti terik, mendung, atau berangin sekalipun, itu dapat dilakukan dengan menggunakan pencahayaan dan alat lainnya. Dengan kata lain, cuaca dapat “diciptakan” di studio sehingga tidak perlu mulai produksi di waktu-waktu tertentu, seperti menunggu matahari panas dulu atau menunggu mendung dulu. Kekurangannya shooting di luar ruangan adalah cuaca tidak dapat dikendalikan. Apalagi jika salah memperkirakan cuaca hari itu, yang seharusnya terik, malah mendung dan hujan seharian. Hal ini dapat mempengaruhi jadwal shooting yang telah ditentukan. Alhasil, proses produksi dapat molor waktu atau bahkan dibatalkan jika proses shooting benar-benar tidak dapat dilakukan. Shooting di luar ruangan juga harus memperhatikan faktor lingkungan lain, seperti suara bising mobil dan motor atau banyaknya orang lalu lalang.

 

Sedangkan jika produksi dilakukan di dalam studio, anda dapat menghindari hal-hal seperti cuaca yang tidak menentu, suara pesawat, dan bahkan lebih terasa aman dibandingkan produksi di luar ruangan yang belum tentu keamanannya terjaga, mengingat shooting akan menggunakan alat-alat yang tidak murah harganya. 

 

Membandingkan Biaya

Budget merupakan topik sensitif dalam proses produksi. Tentunya anda menginginkan hasil yang maksimal dengan budget seefisien mungkin. Maka dari itu, lokasi juga menentukan bagaimana budget anda dapat dimanfaatkan dengan baik. Salah satu keuntungan dari shooting di luar ruangan adalah biayanya akan lebih murah dan terhitung efektif karena desain set terbilang minimal atau bahkan tidak perlu mengkonstruksi set sama sekali. Namun, hal ini juga tergantung letak tempatnya, karena jika produksi dilakukan di tempat yang susah dijangkau, seperti pedalaman atau lokasi remote, maka biaya mungkin akan bertambah untuk kebutuhan transportasi dan akomodasi seluruh kru. 

 

Di sisi lain, produksi di studio memang terbilang lebih mahal karena biasanya studio yang disewa masih kosong dan anda harus membangun set yang diinginkan. Belum lagi jika setiap adegannya memerlukan bentuk set yang berbeda-beda. Hal ini yang mungkin akan membuat budget membengkak. Maka jika anda memiliki budget yang terbatas, produksi di luar ruangan mungkin akan menjadi pilihan yang tepat dibandingkan harus menyewa studio.

 

Mempertimbangkan Kenyamanan dan Keamanan

Produksi video biasanya dilakukan untuk durasi yang cukup lama, maka lokasi juga harus menawarkan kenyamanan dan keamanan bagi para kru dan talent yang bekerja. Dalam hal akses, shooting di video menawarkan akses yang lebih mudah dan nyaman karena biasanya disediakan area khusus untuk loading alat-alat dan properti shooting lain untuk keluar dan masuk secara efisien. Di sisi lain, aksesibilitas untuk produksi di luar ruangan akan bergantung pada lokasi yang dipilih dan seberapa jauh atau terpencilnya lokasi. Selain itu, dari sisi kenyamanan, anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti tempat menunggu para talent atau aktor di lokasi, di mana tempat make-up dan wardrobe, keleluasaan parkir, apakah ada internet atau tidak, keadaan kamar mandi, dan sebagainya. Jika produksi dilakukan di studio, maka anda tidak perlu khawatir akan hal-hal tersebut karena pastinya studio sewa telah menyiapkan itu semua. Mulai dari lahan parkir, internet, ruang tunggu aktor, dan sebagainya. Namun, jika produksi video dilakukan di luar ruangan, maka kru harus membangun tenda-tenda yang akan dipakai untuk ruangan-ruangan tersebut. Beruntung jika lokasi yang dipilih tersedia kamar mandi, tapi jika lokasi terlalu terpencil, mungkin kamar mandi bersih akan sulit untuk ditemukan. 

 

Di samping kenyamanan, keamanan juga harus diperhatikan. Studio sewa biasanya dilengkapi oleh security atau satpam yang siap sedia untuk menjaga keamanan di studio, sehingga proses produksi dapat dilakukan dengan nyaman tanpa harus merasa khawatir akan hal-hal yang tidak diinginkan. Berbeda dengan produksi di luar ruangan dimana keamanan tidak terlalu terjamin. Jika benar-benar dibutuhkan, maka anda perlu menyewa tim atau petugas keamanan sendiri untuk menjaga keadaan tetap kondusif selama shooting dilangsungkan. Namun, kekurangannya adalah budget anda mungkin akan bertambah.

 

Mengurus Regulasi Atau Izin

Bukan rahasia umum lagi bahwa jika ingin melakukan produksi video di luar ruangan atau ruang publik, maka diperlukan izin kepada petugas setempat, terutama produksi yang terbilang besar, entah dalam jumlah kru atau durasi. Beberapa tempat bahkan memiliki regulasi dan perizinan yang cukup rumit jika surat-surat yang diberikan tidak lengkap berdasarkan kebijakan yang ditetapkan pemilik atau pemerintah. Untuk menghindari perizinan yang rumit, dibutuhkan waktu lebih sebelum jadwal produksi dimulai sehingga tidak mengganggu timeline keseluruhan. Sedangkan jika produksi dilakukan di studio, biasanya tidak perlu berurusan dengan regulasi atau izin pemerintah. Jika ingin menggunakan ruang studio sewa, anda dapat langsung berbicara dengan manajemen studio untuk keperluan dan syarat-syarat penyewaan. Biasanya di studio langsung dijadwalkan untuk produksi sehingga anda dapat mengatur jadwal yang sesuai dengan timeline yang sudah ada.


Mungkin ada lebih banyak lagi pertimbangan saat menentukan lokasi produksi video, entah itu dilakukan dalam studio sewa atau di luar ruangan. Namun, yang pasti adalah menyesuaikan dengan konsep dan budget yang anda miliki. Tapi, jika anda memutuskan untuk sewa studio, maka Shooting Star Studio dapat menjadi pilihan anda. Shooting Star Studio adalah studio sewa di Jakarta yang menyediakan fasilitas studio foto hingga produksi video dengan fasilitas yang mumpuni dengan lingkungan yang aman dan nyaman. Jadi, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak diinginkan karena produksi video di Shooting Star Studio dijamin akan berjalan dengan lancar.