image

Cara Memastikan Video Promosi Dilihat Banyak Orang

Di era pemasaran digital, ini adalah waktu yang tepat untuk membuat video promosi. Namun, Anda bersaing dengan begitu banyak konten video lain sehingga sulit untuk terlihat. Di situlah kami masuk. Teruslah membaca untuk menemukan cara agar Anda bisa memastikan video promosi dilihat banyak orang!

Fokus Pada Konten

Warganet atau pengguna internet sering melontarkan istilah "konten viral". Jangan keliru: Anda harus fokus pada bagian "konten" lebih sedikit daripada bagian "viral" (K < V). Itu karena membuat video menjadi "viral" sebagian besar berada di tangan pengguna. 

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil (kami merinci beberapa di antaranya di bawah), tetapi sebagian besar bermuara pada pembuatan konten yang bagus. Jika itu cukup baik untuk membuat mereka peduli, itu cukup baik untuk membuat mereka berbagi.

Baca juga: Pahami Prinsip Dasar Membuat Konten Video Untuk Media Sosial

Cuplikan Cepat

Pikirkan kembali banyak iklan Olahraga yang lebih berkesan. Apa kesamaan mereka? Mereka menyajikan konten dalam cuplikan kecil cepat. Anda mungkin memiliki video yang sangat pendek (seperti video berdurasi 15 detik yang dioptimalkan untuk Youtube). 

Itu artinya Anda hanya punya waktu 15 detik untuk mendapatkan perhatian dan reaksi mereka. Cerita panjang "pendek?" Anda perlu mengetahui cuplikan singkat konten yang diinginkan pelanggan Anda.

Kenali Demografi Anda

Berbicara tentang pelanggan, sangat penting bagi Anda untuk memahami demografis Anda. Jika Anda tidak mengenal audiens Anda, maka video ini sudah mati sebelum dibuat. Usia umum pelanggan Anda, misalnya, akan menginformasikan musik yang Anda gunakan, aktor yang Anda pekerjakan, dan kisah yang Anda ceritakan. 

Sesuatu yang akan menjadi hit nostalgia dengan Boomer mungkin terlihat kuno dan kuno bagi Milenial atau Zoomer. Untungnya, Anda tidak perlu kembali ke masa lalu. Jika Anda tahu apa yang biasanya berhasil untuk audiens Anda, Anda dapat menerjemahkannya ke video.

Bekerja Dengan Influencer

Apa cara termudah untuk membuat video viral? Bermitra dengan mereka yang sebelumnya telah membuat video seperti itu! Anda dapat bekerja dengan "influencer" online populer untuk menarik penggemar mereka dan juga belajar dari cara mereka. 

Atau, Anda dapat bekerja dengan production house Jakarta profesional yang berspesialisasi dalam konten viral. Dengan siapa pun Anda bermitra, pendekatan "jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka, bergabunglah dengan mereka" adalah cara yang bagus agar konten video Anda dapat sering muncul dan dilihat banyak orang.

Mata Uang Sosial

Seperti yang kami katakan, tidak ada yang menjadi viral tanpa pengguna yang bersemangat membagikan konten Anda. Untuk membuat lebih banyak orang berbagi, Anda harus memahami motivasi mereka.

Misalnya, orang yang membagikan video Anda ingin menerima beberapa bentuk Mata Uang Sosial. Itu berarti ketika mereka membagikannya, mereka mendapat persetujuan dari rekan-rekan mereka karena mereka membagikan sesuatu yang lucu, inovatif, atau sangat aneh.

Dalam dunia periklanan gaya tradisional, kami banyak berfokus pada bagaimana konten kami akan membuat pengguna ikut merasakan (Emotional Experience). Membuat video yang sukses menggabungkan hal ini sambil mempertimbangkan bagaimana perasaan orang untuk membagikan konten itu.

Memprovokasi Emosi

Berbicara tentang perasaan konsumen, video viral terbaik adalah video yang memancing semacam emosi. Itulah mengapa video bayi lucu tetap sangat populer: orang-orang merasakan kehangatan dan kebahagiaan seketika saat mereka menonton video ini.

Sekarang kami tidak menyarankan merekam anak Anda yang lucu, menempatkannya secara online, dan sekarang tiba-tiba video Anda menjadi viral. 

Memberikan hubungan emosional yang konsisten kepada audiens Anda adalah penting.  Apakah Anda membuat mereka tertawa, berbagi pengetahuan, atau membangkitkan emosi seseorang untuk mengambil tindakan terhadap sesuatu, video Anda harus memberikan nilai emosional yang cukup untuk dibagikan.

Tapi perlu Anda ingat, banyak video menjadi viral tanpa pengguna bermaksud melakukannya. Para pengguna membagikan ke sesama pengguna internet lainnya karena menyukai insight dari konten atau kisah yang terdapat di video tersebut.

Bisa jadi sulit untuk menonjolkan diri sekaligus menyampaikan cerita yang menyedihkan. Tetapi jika Anda dapat melakukannya, video Anda pasti akan diperhatikan.

Menonjol

Elemen umum lainnya dari iklan yang aneh cenderung absurd.  Mengapa fokus pada absurd? Karena tidak ada video yang pernah menjadi viral tanpa menonjol. Dengan video Anda sendiri, pikirkan tentang kompetisi dan seperti apa video promosi yang "normal". Tugas Anda adalah menemukan sudut pandang yang membedakan Anda sambil mendapatkan perhatian dunia.

Baca juga: Beberapa Ide Kreatif Video Yang Menarik Ditonton Audiens

Orang-orang mungkin membagikan video Anda dan bertanya "apa yang baru saja saya tonton?" Tetapi yang penting adalah mereka membagikannya! Perusahaan besar cenderung memiliki anggaran yang besar, tetapi kebanyakan tidak. Mereka mulai dengan anggaran minimal jadi lakukan sesuai anggaran Anda untuk membuat video Anda menonjol.

Ceritakan Sebuah Kisah

Meskipun sulit dilakukan dalam video pendek, video terbaik memberi tahu kita semacam alur cerita. Dan itu harus menjadi cerita yang dapat dihubungkan dengan audiens Anda. Terlepas dari produk Anda, pikirkan jenis cerita yang disukai orang. 

Dongeng-dongeng utama seperti "laki-laki bertemu perempuan" bekerja dengan sangat baik karena melibatkan penonton secara emosional.

Karakter Anda harus menjadi archtype (karakter menonjol) yang dapat dihubungkan dengan audiens Anda, dan cerita harus memiliki elemen yang sudah dikenal yang dapat mereka pahami. Jika mereka merasa dekat dengan karakter dan narasinya, mereka akan merasa lebih dekat dengan perusahaan Anda.

Kaitkan dengan Peristiwa atau Isu Terupdate

Dengan pemasaran tradisional, kami banyak berfokus pada konten "hijau". Kami biasanya menginginkan blog dan konten lain yang dapat dinikmati pengguna sekarang dan lima tahun dari sekarang.

Namun, video viral biasanya "saat ini". Jika Anda ingin video Anda sendiri menjadi viral, Anda harus menemukan cara untuk mengaitkannya dengan peristiwa terkini. Apakah itu berarti video Anda akan tampak kuno seiring waktu? Tentu. 

Tetapi intinya adalah untuk membuat video viral menjadi kesadaran merek utama yang akan mengarah pada kesuksesan jangka panjang Anda. Anda selalu dapat membuat lebih banyak konten. Tetapi video viral yang bagus adalah bagaimana Anda membuat pelanggan memperhatikan perusahaan Anda sejak awal.

Bagikan Di Berbagai Platform

Meskipun tidak ada yang menjadi viral tanpa cukup banyak orang yang membagikannya, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dengan membagikan video Anda ke berbagai platform. Sesuatu mungkin menjadi viral di Reddit yang tidak berguna di Facebook. Atau sesuatu yang mungkin lepas landas di Twitter yang nyaris tidak berdampak pada Instagram.

Perhatikan platform mana yang paling cocok untuk konten video Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan konten di masa mendatang dan meningkatkan peluang Anda untuk menjadi viral. Pemilihan platform ini juga memerlukan keahlian khusus. Anda bisa bekerja sama dengan production house Jakarta yang berpengalaman di marketing communication.

Baca juga: Memilih Platform Video Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Sekarang Anda bisa mulai membuat Video Promosi Anda dan pastikan Video Promosi dilihat banyak orang dengan menerapkan tips-tips yang telah dijelaskan di atas. Atau Anda punya ide lain yang lebih mudah dan menarik untuk dicermati? Yuk berbagi bersama kami di kolom komentar...