image

Beberapa Ide Kreatif Video yang Menarik Ditonton Audiens

Berdasarkan pengalaman, kami memahami kesulitan Anda dalam mencari ide kreatif untuk konten video Anda. Apalagi jika dibutuhkan produksi yang berkala dalam tekanan bisnis, diperlukan konsistensi ide kreatif video, ditengah kesibukan pekerjaan dan segala aktifitas hidup lainnya, akan sulit mempertahankan produktivitas kreatif.

Setiap orang pasti pernah merasakan, tiba-tiba tidak memiliki ide, atau biasa disebut creative blocks. Jika Anda merasakan hal tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir. Tulisan ini semoga bisa memancing ide kreatif Anda, dan mengembangkannya sesuai dengan apa yang Anda dan bisnis Anda inginkan atau butuhkan.

1. Ide-ide Kreatif Video Untuk Anda Memulai

  • Membuat Video Papan Tulis

Video papan tulis adalah cara yang bagus untuk membangun ide mentah ke kamera, sambil tetap melibatkan pemirsa. Video papan tulis adalah jenis video penjelasan yang menggunakan ilustrasi gambar tangan atau animasi untuk mendidik pemirsa tentang cara kerja sesuatu. Video ini biasanya berdurasi pendek, to the point, diakhiri ajakan yang jelas.

  • Tawarkan Tips dan Trik 

Video yang menawarkan tips dan trik memiliki banyak varian yang mengejutkan, mulai dari video camilan super pendek di YouTube hingga konten yang lebih panjang dengan saran yang berharga dan dapat direplikasi terkait bersinggungan dengan banyak topik yang beragam. 

Video tips dan trik juga sangat baik dalam membangun kepercayaan terhadap Brand bisnis Anda, karena mudah untuk membangun keahlian saat Anda memecahkan masalah. 

  • Video Behind The Scenes

Jika Anda mencari ide video YouTube yang kreatif, video Behind The Scenes (di balik layar) bisa anda coba. Video yang bersifat eksklusif ini sering kali berfungsi sebagai nilai tambah bagi pemasaran dalam membangun kampanye atau acara baru, dengan memberi pemirsa 'tampilan ke dalam' pada sesuatu yang biasanya tidak dapat mereka akses. 

Video Behind The Scenes sangat efektif ketika dipasangkan dengan selebriti, ahli, atau influencer yang memiliki bakat tertentu.

  • Rekam Video Time-lapse (selang waktu)

Hal terbaik tentang video Time-lapse adalah Anda dapat merekamnya di ponsel, karena sebagian besar ponsel cerdas modern memiliki fungsi Time-lapse (jika tidak, ada aplikasi gratis untuk ini). 

Di sini, tip terbesar adalah memastikan Anda mengatur ponsel — atau kamera — di permukaan yang stabil untuk perekaman tanpa hambatan, yaitu tidak ada benturan atau goncangan. Time-Lapse berguna untuk memberikan konteks proses dan transisi. Contohnya, Anda bisa pikirkan video tentang aktivitas di kantor, konstruksi bangunan, penyiapan acara, dll.

  • Gunakan Animasi 

Anda dapat menggunakan video animasi dengan berbagai cara, mulai dari animasi tipografi sederhana hingga ilustrasi animasi, ikon datar, bahkan video animasi karakter penuh. 

Animasi — menjadi alternatif untuk talent manusia yang sederhana — sangat kuat untuk mengkomunikasikan konsep dalam video explainer dan video berbasis cerita, serta konten untuk audiens yang lebih muda berkat sifatnya yang seperti kartun.

  • Bercerita 

Mendongeng adalah bahan pokok untuk video di industri periklanan dan pemasaran (serta film dan televisi), dan telah ada sejak awal. Penggunaan audiovisual yang melekat pada video untuk membuat hubungan emosional antara pemirsa dan konten berarti cerita dengan awal, tengah, dan akhir terus tampil. 

Meskipun demikian, mendongeng untuk video online pendek berbeda dengan media lain, jadi biasakan diri Anda dengan alur cerita 'kemunculan' vs. tradisional, misalnya. 

Baca juga: Ngga Perlu Mahal! Ini Cara Produksi Video Profesional Dengan Biaya Minimal 

  • Membuat Video Parodi 

Video parodi menggunakan komedi untuk mengolok-olok orang atau situasi. Jika Anda adalah sebuah Brand, ada baiknya untuk mengetahui pedoman penggunaan wajar untuk memparodikan konten yang sudah ada sebelumnya. Namun, Brand yang memparodikan diri sendiri jadi menarik karena menunjukkan rasa humor yang mengindikasikan kerendahan hati. 

  • Rekam Video Publisitas Aksi 

Video publisitas aksi adalah acara yang telah direncanakan sebelumnya untuk menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran, seringkali untuk merek atau produk baru. Aksi terbaik adalah yang besar, berani, dan memiliki bakat kreatif.

Jenis video yang menjadi viral, terutama dalam pemasaran, berkat orisinalitas dan/atau keberaniannya. Jadi berpikirlah besar! (Tapi jangan membuat Video Prank settingan ya...)

  • Tanya penonton 

Terakhir, jangan lupa untuk bertanya kepada pemirsa apa yang ingin mereka lihat. Partisipasi pemirsa tidak hanya merupakan kunci untuk keterlibatan yang berkualitas, tetapi meminta umpan balik adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan ide-ide video YouTube yang kreatif.

2. Cara Berkreasi Dengan Video Anda

  • Bersenang-senanglah Dengan Skrip Anda 

Untuk memulai, sederhanakan bahasa skrip Anda, hingga sangat sederhana, seolah-olah Anda sedang berbicara dengan seorang teman di seberang meja di sebuah kafe. Kemudian lihat di mana Anda dapat menambahkan humor misalnya menceritakan lelucon (membuat jokes tentang diri sendiri bisa menjadi teknik yang menyenangkan). 

  • Berpikir Kreatif Tentang Visual 

Jika video Anda hingga saat ini merupakan bagian dari kamera atau wawancara satu orang, sekaranglah saatnya untuk sedikit men’kreasi’kannya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan sesuatu sambil berbicara, bukan hanya berdiri di depan kamera. 

Anda juga dapat bermain dengan potongan cepat (di sinilah b-roll masuk) yang menunjukkan apa yang Anda katakan dengan efek visual, yang membantu memecah tampilan bicara yang membosankan. 

  • Bereksperimenlah Dengan Audio 

Hal terbesar tentang audio adalah membuat rekaman suara Anda benar, yang merupakan dasar untuk setiap penambahan. Dan bukan hanya musik latar yang ingin Anda coba; ide pengeditan seperti efek suara dapat menambahkan lapisan audio kontekstual untuk adegan atau pesan di layar (begitu juga dengan jokes/gimmick).

3. Bagaimana Melakukan Brainstorming Ide Kreatif Video Anda Sendiri?

  • Ketahui Tujuan Anda

Tahu apa yang perlu Anda capai dengan video Anda. Apa tujuan bisnis atau konten yang lebih besar yang perlu Anda selesaikan (misalnya kesadaran merek, memulai percakapan, mengonversi prospek/penjualan)? 

Mengetahui tujuan Anda adalah dasar untuk segalanya mulai dari mengetahui audiens target Anda, hingga mengetahui cara menjalankan video Anda untuk mencapai perilaku yang diinginkan. 

  • Brainstorm Ide Kreatif 

Brainstorm dengan group atau tim adalah salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan ide. Apa yang Anda tuju di sini bukanlah konsep yang terbentuk sepenuhnya, tetapi asal-usulnya. Pertimbangkan pedoman praktik terbaik untuk menjalankan brainstorming yang efektif, seperti: 

  • Fasilitator, untuk menetapkan ruang terbuka yang aman bagi orang-orang untuk berbagi ide, dan memandu diskusi (serta membuatnya tetap bergerak), fasilitator dapat membagikan tujuan dan topik sebelumnya, ditambah jumlah ide yang ditargetkan, dan bertindak sebagai pencatat. 

  • Ini membantu untuk mendapatkan perspektif yang luas. Cobalah mengundang orang yang Anda kenal memiliki ide bagus, tetapi berada di luar tim Anda dan memiliki cara kerja yang biasa. 

  • Asosiasi kata untuk memecahkan kebekuan dan membuat orang berpikir. 

  • Pendekatan 'ya, dan ...'. Ini berarti ide-ide segar tidak terikat oleh logika atau batasan, dan membangun ide-ide orang vs mengkritik/menyaring mereka (semua ide sama sampai setelah sesi). 

  • Post-it, papan tulis, dan kertas serta pensil untuk menuliskan ide. 

  • Tujuan dari brainstorming Anda adalah untuk mendapatkan ide baru sebanyak mungkin, menggunakan hubungan, perbandingan, dan kontras yang tidak terduga.

 

  • Tinjau Kembali Ide Anda 

Setelah brainstorming Anda selesai, saatnya untuk meninjau ide-ide Anda. Bawa mereka kembali ke ringkasan Anda, yaitu tujuan, audiens, pesan, dan KPI, dan nilai mereka berdasarkan kriteria creative brief Anda, misalnya: dampak, peluang sukses, kebaruan. 

Juga pikirkan tentang apa yang realistis dengan anggaran Anda, dan catat ide apa pun yang mungkin tidak berhasil sekarang, tetapi akan luar biasa nanti. 

  • Pilih Ide Kreatif Video Terbaik 

Identifikasi ide yang paling sesuai dengan semua kriteria Anda di atas — dan Anda bisa langsung memulai. 

  • Mulailah Dengan Pra-Produksi 

Sekarang Anda sudah memiliki ide kreatif video. Saatnya untuk memulai proses pra-produksi. Anda harus menyempurnakan konsep awal Anda dan memilih format video, merencanakan bakat, lokasi, dan perlengkapan, lalu mulai mengerjakan skrip dan storyboard Anda. 

Jadi, ide kreatif seperti apa yang ingin Anda gali dan temukan untuk video anda? Mari berbagi pengalaman dengan berdiskusi dengan kami di kolom komentar ya. Dan jika Anda memerlukan bantuan membuat video sejak tahap ide kreatif, kunjungi production house Jakarta  yang dapat menjadi partner Anda di setiap tahapan produksi.