image

Pahami Prinsip Dasar Membuat Konten Video di Media Sosial

Lihatlah di sekitar Anda, di tempat umum atau di mana pun, dan kemungkinan besar, Anda akan melihat banyak orang di menatap layar gadget mereka sedang men-scroll berbagai feed dari media sosial. Kita hidup di dunia visual yang serba cepat dengan sejumlah besar informasi yang terus-menerus dilemparkan kepada kita. 

Akibatnya, rentang perhatian kita menjadi lebih pendek dari sebelumnya, dan menangkap minat audiens sebanyak-banyaknya telah menjadi prestasi yang monumental bagi pemilik konten dan konten kreator. Dan hal itulah yang menjadikannya penting bagi sebuah bisnis untuk membuat konten video di media sosial.

Tentang Konten Video di Media Sosial

Masyarakat kita senang berbagi informasi yang berguna, bermakna, atau lucu satu sama lain. Meskipun kebanyakan orang mungkin tidak dapat mengingat banyak postingan media sosial yang telah dibagikan di antara mereka, namun mereka pasti dapat mengingat setidaknya satu atau dua video yang dibagikan yang entah bagaimana dapat memengaruhi mereka. 

Coba Anda bayangkan, berapa kali seseorang membagikan video sosial yang sangat menyentuh, lucu, atau berguna dengan Anda. Baik video tentang cara memasak hidangan tertentu, meng-klik situs web organisasi, atau membagikan video tersebut lebih jauh kepada orang lain, hal itu memaksa Anda untuk memulai tindakan tertentu.

Video di media sosial dikategorikan sebagai video digital apa pun yang diposting di jaringan media sosial dengan tujuan untuk dilihat dan dibagikan. Itu bisa apa saja, mulai dari postingan yang disiarkan langsung, hingga video yang diedit dengan cermat. Terlepas dari jenis video, mungkin aspek yang paling penting adalah kemampuan ‘berbagi’nya. 

Lagi pula, seluruh tujuan memposting video adalah agar video itu dilihat dan menarik perhatian pemirsa. Tidak seperti video viral, jumlah penayangan tidak sepenting siapa yang melihatnya. Video di media sosial biasanya menargetkan audiens tertentu dan berisi pesan pemasaran yang ditujukan agar audiens terpengaruh dan mengambil tindakan. 

Tren Video di Media Sosial

Tren Video di jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter telah membuktikan daya tarik dan efektivitasnya dalam menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Karena popularitasnya, tidak mengherankan jika konten media sosial adalah salah satu jenis konten video yang tumbuh paling cepat. 

Video, khususnya, sangat efektif untuk menarik perhatian orang karena kemampuannya untuk menjadi cepat, menghibur, dan informatif. Tren video di media sosial memprediksi pertumbuhan pesat ini akan berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Dalam laporan tren pemasaran video tahun 2016, raksasa perangkat lunak CISCO memproyeksikan video online akan mencapai lebih dari 80 persen dari semua lalu lintas Internet konsumen pada tahun 2020. 

Popularitas jaringan berbagi video seperti YouTube telah membuktikan betapa suksesnya platform ini, dengan Facebook dan Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur video terbaru mereka. 

Video media sosial saat ini digunakan untuk menyampaikan informasi untuk banyak bisnis, sekolah, dan perusahaan, karena menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi dan lebih banyak klik-tayang daripada jenis iklan online lainnya. 

Padahal, anggaran untuk iklan sosial dan digital adalah satu-satunya jenis pendanaan pemasaran yang diperkirakan akan meningkat secara eksponensial dalam beberapa tahun ke depan.

Cara Membuat Konten Video Hebat Untuk Media Sosial 

Setelah Anda putuskan untuk menggunakan video di media sosial dalam strategi pemasaran Anda, inilah saat mulai membangunnya. Kabar baiknya, produksi konten media sosial tidak memerlukan investasi awal yang besar: alat yang Anda butuhkan untuk membuat konten video media sosial yang efektif bisa sesederhana kamera ponsel pintar atau serumit pengaturan produksi penuh. 

Apakah Anda adalah bisnis kecil, atau perusahaan besar dengan anggaran untuk menyewa pembuat video media sosial profesional, misalnya mencari Production House Jakarta yang berpengalaman di bidang Komunikasi Pemasaran, Anda dapat menemukan cara untuk menggunakan video di media sosial untuk keuntungan Anda. 

Saat mempertimbangkan cara menggunakan video di media sosial dan cara membuat pengguna sosial terlibat dengannya, ada banyak strategi bermanfaat yang perlu diingat. Karena pemirsa untuk video di media sosial itu unik dan beragam, Anda memerlukan strategi khusus yang menjadi prinsip dasar untuk membuat pemirsa tetap terlibat, seperti:

Format yang Mudah Dibagikan — Salah satu aspek terpenting dari video yang efektif adalah kemampuannya untuk dibagikan. Pemirsa hanya akan bertindak berdasarkan konten yang mereka anggap penting, menarik, lucu, atau cukup berguna untuk dibagikan. 

Video yang emosional, membangkitkan kebanggaan, atau memiliki alur cerita yang bagus dan menyenangkan sering kali dilihat secara keseluruhan dan dibagikan. Anda ingin terhubung dan menarik emosi audiens Anda. Salah satu cara paling signifikan untuk melihat apakah sebuah video efektif adalah berapa kali video itu dibagikan.

Memiliki Tujuan yang Jelas — Pastikan video Anda mengirimkan pesan yang relevan dengan merek dan pelanggan Anda. Video pemasaran harus menyampaikan kepada audiens Anda apa yang unik tentang merek Anda dan bagaimana mereka bisa mendapatkan keuntungan darinya. 

Anda juga harus jelas tentang apa yang ingin Anda capai dengan video Anda, apakah itu menghasilkan prospek, mendapatkan pelanggan, atau meningkatkan visibilitas perusahaan Anda. Arah yang Anda ambil dengan video Anda harus ditentukan oleh tindakan yang Anda inginkan dari audiens Anda.

Tetap Singkat dan Berkesan — Dengan kebanyakan orang melihat media sosial di ponsel cerdas mereka, mudah bagi banyak video untuk digulir ke kanan dan tidak pernah dilihat. Itu berarti lebih penting dari sebelumnya untuk menarik minat pemirsa Anda segera (idealnya dalam tujuh detik). 

Karena rentang perhatian sosial tidak terlalu lama, Anda harus membuat video tetap pendek dan langsung ke intinya. Faktanya, studi Wistia baru-baru ini menunjukkan bahwa video yang berdurasi tidak lebih dari dua menit mendapatkan interaksi paling banyak, dengan 30 detik pertama menjadi yang paling penting.

Distribusikan Secara Strategis — Salah satu strategi terpenting dalam pemasaran konten video di media sosial adalah mencari tahu di mana audiens target Anda berkumpul. Jika Anda tahu pelanggan Anda menyukai video petunjuk, Anda dapat mempertimbangkan untuk memposting di YouTube atau Facebook. 

Jika Anda memiliki anggaran produksi yang kecil, tetapi masih ingin memposting cuplikan singkat produk baru, Snapchat atau Instagram mungkin merupakan platform terbaik. Anda bahkan dapat memilih untuk memanfaatkan kemampuan posting video pendek Twitter untuk menanggapi dan berkomunikasi dengan pelanggan Anda. 

Karena sebagian besar jaringan media sosial sekarang menawarkan iklan berbayar, lebih mudah dari sebelumnya untuk menargetkan audiens yang Anda inginkan secara lebih spesifik.

Gunakan Animasi dan Teks — Video yang luar biasa memiliki perpaduan yang tepat antara bahasa dan gambar. Tahukah Anda bahwa sebagian besar audiens Anda mungkin menonton tanpa suara? Statistik menunjukkan bahwa 85 persen pengguna Facebook menonton video tanpa suara. 

Menggunakan animasi dan teks akan membuat pemirsa tetap terlibat, sekaligus memastikan bahwa pesan Anda tersampaikan meskipun orang memilih untuk menonton daripada mendengarkan. 

Menggunakan logo merek Anda di video media sosial adalah cara yang efektif untuk membangun pengenalan merek dengan semua jenis audiens, tetapi terutama mayoritas yang hanya mengandalkan indera penglihatan mereka untuk mengumpulkan informasi.

Sesuaikan Konten Video di Media Sosial dengan Strategi Pemasaran Anda

Video Pemasaran di media sosial memberikan kesempatan untuk menjangkau audiens target Anda dengan video real-time dan video yang direkam sebelumnya, di berbagai jaringan sosial. Pemasaran video media sosial adalah tentang komunikasi dan membuat koneksi dengan audiens atau pelanggan Anda.

Anda ingin memastikan pembaca mendapatkan informasi yang benar dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Dengan membagikan story Anda atau membangun awareness akan merek Anda, perusahaan dari semua ukuran dapat memperoleh manfaat dari mengintegrasikan video ke dalam lanskap pemasaran mereka. 

Video pemasaran di media sosial adalah alat berharga yang dapat digunakan dalam berbagai cara dan di berbagai jenis industri, yaitu;:

Merek — Merek dapat menggunakan video di media sosial untuk melibatkan pemirsa mereka dengan konten berkualitas tinggi. Pemirsa menikmati video petunjuk yang informatif, seperti demonstrasi resep singkat dan demo produk lainnya. 

Mereka juga menghargai pengalaman merek bersama lainnya, seperti video unboxing, tampilan pertama, tur virtual, dan tampilan produk 360 derajat. Bahkan acara perusahaan dapat diubah menjadi cuplikan video pendek yang memungkinkan pelanggan Anda merasa bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang istimewa. 

Video di media sosial yang efektif dapat membangun kesadaran merek dan mengubah pemirsa menjadi pelanggan setia.

Sekolah — Ada banyak cara untuk menggunakan video untuk media sosial di lingkungan pendidikan. Video yang menampilkan kehidupan kampus sangat membantu bagi mahasiswa baru dan calon mahasiswa. Pertimbangkan untuk membuat klip video pendek dan menarik tentang topik kursus, aktivitas siswa, dan semangat sekolah. 

Hal ini tidak hanya membantu menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik, tetapi juga memungkinkan siswa untuk melihat video dari jarak jauh, dari perangkat apa pun dan pada waktu yang nyaman bagi mereka. 

Banyak perguruan tinggi sekarang mendorong calon mahasiswa untuk mengirimkan aplikasi video, karena mereka lebih efektif dalam menunjukkan kepribadian mereka yang sebenarnya. 

Perekrut Kerja — Perekrut dapat menggunakan video di media sosial untuk menarik calon klien, siswa, atau pelanggan. Mereka dapat membantu menampilkan budaya perusahaan Anda secara efektif, dan menyajikan kepada pemirsa manfaat bekerja dengan atau untuk perusahaan Anda. 

Video yang menampilkan acara perusahaan, cuplikan di balik layar, dan program atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda adalah cara yang bagus untuk menarik calon klien atau karyawan dan membantu pesan Anda terasa lebih autentik dan dapat diterima.

Apa pun jenis video yang paling sesuai dengan perusahaan atau merek Anda, Anda pasti ingin video tersebut diakhiri dengan ajakan untuk melakukan ‘action’ yang menarik. 

Merek mungkin ingin pemirsa meng-klik situs web mereka atau mendaftar ke buletin mereka. Sekolah atau perekrut mungkin ingin pemirsa mendaftar ke kelas atau mengisi formulir untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu program atau melamar peluang kerja. 

Selain menjangkau audiens target Anda secara efektif, ada beberapa manfaat lain dari video pemasaran di media sosial, termasuk: 

Menjangkau Pemirsa Milenial — Individu berusia 18-33 tahun sangat bergantung pada konten video saat meneliti pembelian potensial. Mereka mengharapkan organisasi yang mereka ikuti menawarkan informasi video, dan jika tidak maka mereka akan dengan mudah mentransfer bisnis atau loyalitas mereka ke merek lain. 

Menyediakan konten video berkualitas memastikan kebutuhan demografi pemasaran yang berpengaruh, harus terpenuhi sepenuhnya. 

Pengembalian Investasi (ROI) yang Menguntungkan — Pelanggan dan rata-rata penayangan harian di jaringan media sosial seperti Facebook, YouTube, dan Snapchat sangat mengejutkan. Meskipun setiap kampanye video unik, janji ROI yang tinggi menarik bagi banyak perusahaan. 

ROI Anda akan bergantung pada tujuan Anda dan bagaimana Anda memilih untuk menargetkan audiens Anda. Menempatkan ajakan bertindak yang kuat di akhir video Anda dan menyiapkan analitik untuk melacak hasil Anda sangat penting dalam mengevaluasi keberhasilan strategi pemasaran video Anda. 

Tetap Kompetitif di Bidang Anda — Saat persaingan terus meningkat, pembuatan video untuk media sosial yang menarik menjadi lebih penting dari sebelumnya bagi merek, sekolah, dan perusahaan yang ingin menonjol di lanskap mereka. 

Dengan 61 persen bisnis sudah menggunakan video dalam strategi pemasaran mereka, penting bagi organisasi Anda untuk menyadari nilai alat ini dan mengikuti tren jika Anda belum melakukannya.

Jadi, apakah Anda sudah membuat konten yang hebat di Video untuk media sosial bisnis Anda? Atau bahkan belum mulai membuat Video untuk media sosial? Atau masih ada pertanyaan lain tentang video di media sosial? Let’s discuss! Anda bisa tulis comment ya di kolom komentar di bawah.

Jika Anda sedang mencari Production House dengan layanan lengkap untuk membuat konten video untuk media sosial Anda, kunjungi website kami pictures.shootingstar.id dan lihat beberapa pekerjaan kami dan temukan bagaimana Shooting Star Pictures dapat membantu Anda membuat konten video yang berikutnya lebih sukses.