image

Ingin Menjadi Fotografer Handal? Kenali 9 Genre Fotografi

Untuk menjadi seorang fotografer yang handal, banyak hal yang perlu Anda pelajari. Teknik-teknik fotografer ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam fotografi, khususnya pada genre tertentu. Sama seperti musik, fotografi juga memiliki genre atau aliran yang berbeda-beda. Genre dalam fotografi akan digunakan untuk mengklasifikasikan foto-foto yang sudah dihasilkan oleh seorang fotografer. Tidak hanya itu, ini juga membantu seorang fotografer untuk menemukan ‘specialty’ fotografi, sehingga bisa lebih diperdalam. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang fotografer, simak informasi berikut ini mengenai ragam genre dalam fotografi.

 

Baca juga: Teknik Pengambilan Gambar Dalam Fotografi

 

Genre Dalam Fotografi

Fotografi adalah proses pengambilan gambar atau foto dari sebuah objek tertentu dengan bantuan sebuah media yang sensitif terhadap cahaya. Dalam fotografi pun membutuhkan beberapa teknik yang tepat agar bisa menghasilkan gambar atau foto yang baik. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui genre apa saja dalam fotografi agar teknik yang digunakan sesuai dengan genre fotografi yang akan diambil. Berikut ini adalah genre ragam fotografi.

1. Human Interest Photography

Fotografi human interest adalah jenis aliran fotografi yang menampilkan sisi kemanusiaan dari pengalaman personal sang fotografer. Hasil foto yang diambil dalam aliran ini biasanya memiliki emosi yang terkandung sebagai sebuah pesan. Sehingga biasanya human interest photography berkaitan dengan interaksi manusia dan lingkungan sekitarnya. Foto yang merupakan aliran ini memiliki pesan yang mampu membangkitkan empati serta emosi ketika melihat momen yang diabadikan. Salah satu foto yang mungkin Anda sering lihat adalah foto yang menggambarkan kehidupan di pinggir kota berupa hunian kumuh.

2. Portrait Photography

Selanjutnya adalah portrait photography yang merupakan gaya fotografi dengan menjadikan manusia sebagai subjek utamanya. Aliran fotografi ini cukup banyak digeluti dan cocok bagi para pemula yang terjun di dunia fotografi. Fokus dari fotografi ini adalah memotret bagian wajah seseorang untuk menangkap sisi artistik dari karakter wajah serta rasa dari foto orang tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat foto portrait ini adalah membuat background foto lebih simple, fokus pada mata subjek dengan ekspresi candid serta pencahayaan yang baik. Ini akan membantu Anda mendapatkan foto portrait yang menampilkan ekspresi, mimik, hingga tekstur wajah yang memiliki emosi tersendiri.

3. Journalism Photography

Journalism photography atau fotografi jurnalistik adalah jenis foto yang diambil untuk melengkapi teks berita dan informasi terkait lainnya. Sehingga gambar yang diambil berfokus pada penyampaian sebuah cerita dari foto yang diambil. Namun, pada fotografi jurnalistik tidak bisa diambil dan diproses secara sembarangan. Foto yang diambil haruslah memiliki prinsip dan etika jurnalistik. Terdapat beberapa poin kode etik dalam fotografi jurnalistik, seperti keakuratan foto, lengkap, menghindari stereotip, perlakuan subjek dengan hormat, tidak ikut campur, integritas, tidak berbayar, dan memaksa dalam pengambilan gambar. Poin-poin etika ini penting diingat untuk menjaga kredibilitas dan integritas sebagai seorang wartawan atau fotografer jurnalistik.

4. Street Photography

Sesuai dengan namanya, street photography adalah genre fotografi yang mengambil gambar dengan realitas pada jalanan atau ruang publik sebagai objek utamanya. Foto ini biasanya diambil secara diam-diam atau tanpa izin untuk mencerminkan realita kehidupan yang terjadi di tengah masyarakat. Berbeda dengan genre fotografi lainnya yang sudah tertata dan dipersiapkan, street photography mengambil foto secara candid dan tidak disadari oleh objeknya, sehingga hasil foto yang diambil lebih natural. Disinilah dibutuhkan kepekaan dan kesigapan dari fotografer dalam mengabadikan momen yang tepat untuk menampilkan gambar yang baik dan bermakna.

5.  Fashion Photography

Fashion photography adalah jenis fotografi yang dikhususkan untuk menampilkan barang dan fashion item lainnya pada iklan atau majalah. Fotografi fashion juga seringkali disamakan dengan portrait photography karena berfokus pada objek seperti model yang mengenakan fashion item tertentu. Namun, saat ini banyak fotografer yang sudah menemukan sisi keindahan dan keahlian dalam beberapa jenis fashion photography, seperti editorial fashion photography dan high fashion photography. Masing-masing dari jenis fotografi ini memiliki ciri khas tersendiri, jadi bagi Anda yang tertarik bisa mempelajari jenis fotografi fashion seperti apa yang diinginkan.

6. Stage Photography

Stage photography atau foto panggung adalah suatu kegiatan fotografi yang bertujuan untuk mengabadikan kegiatan pertunjukan seperti teater, konser, musik dan lainnya. Fotografi panggung berfokus pada pengambilan gambar dari sebuah penampilan atau pertunjukan, terutama pengisi pertunjukan seperti para artis. Bahkan fotografi panggung ini diminati karena memiliki nilai jual yang tinggi untuk keperluan komersial jika bisa mendapatkan foto yang langka di momen tertentu. Media yang dipakai pun beragam, mulai dari kamera hingga smartphone yang dilengkapi kamera canggih dan praktis. Terpenting adalah menguasai teknik low light photography.

7. Landscape Photography

Foto Lanskap adalah salah satu aliran fotografi yang berfokus pada pemandangan yang dilihat dari sebuah titik pandang tersendiri. Meskipun fokus pada pemandangan, tidak jarang manusia dan binatang bisa masuk dalam fotografi lanskap namun hanya terlihat kecil serta menjadi bagian dari komposisi alam saja. Foto lanskap biasanya berupa bentangan pemandangan alam pegunungan, lautan, matahari terbit, dan pemandangan bukit di lokasi tertentu. Tujuan dari foto lanskap harus menceritakan sebuah kisah serta mampu berbagi perasaan melalui gambar alam yang diambil. Dalam pengambilannya pun terbilang sulit, membutuhkan peralatan khusus serta tantangan untuk mengambil view terbaik, cocok bagi Anda pecinta alam.

8. Wildlife Photography

Anda yang memiliki jiwa berpetualang di alam dan hobi dalam fotografi, wildlife photography adalah pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, fotografi alam liar adalah jenis fotografi yang fokus untuk mengabadikan kehidupan endemik di alam bebas. Tidak hanya memotret, para fotografer juga dituntut untuk menghasilkan gambar yang bisa menceritakan apa dan mengapa hewan atau tumbuhan dalam foto yang dihasilkan. Dalam pengambilannya pun membutuhkan peralatan khusus serta tantangan tersendiri, terutama saat berada di alam liar dengan hewan buas.

9. Macro Photography

Macro photography adalah jenis fotografi yang mengambil gambar pada objek-objek berukuran kecil seperti serangga, bunga, maupun tetesan embun. Objek-objek kecil berukuran kecil menjadi fokus dalam jenis fotografi ini karena memiliki detail yang tidak bisa dilihat secara langsung saat melihatnya. Dalam pengambilan objek berukuran kecil ini pun memiliki tantangan tersendiri karena membutuhkan peralatan khusus seperti lensa fix 50mm atau macro.

 

Baca juga: Wajib Diketahui, 7 Jenis Teknik Pencahayaan Dalam Perfilman

 

Itulah beberapa informasi seputar genre fotografi yang perlu Anda ketahui sebagai referensi untuk menjadi seorang fotografer handal. Anda bisa menentukan jenis fotografi apa yang akan menjadi fokus pengambilan gambar dan memiliki cerita tersendiri melalui gambar. Saat ini fotografer tidak hanya sekedar hobi namun bisa menghasilkan uang jika ditekuni secara profesional. Anda bisa mulai berlatih fotografi dalam skala kecil seperti memilih studio sewa  sebagai lokasi foto. Di studio sewa Jakarta, Anda bisa mengatur teknik pencahayaan untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai. (Aerilia DBK/Shooting Star)