image

Memahami SFX Yang Berperan Penting Dalam Dunia Film

Bagi Anda penikmat film tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah SFX atau yang lebih dikenal dengan special effects. Berbagai jenis film yang biasa Anda lihat nyatanya menggunakan efek spesial yang memberikan efek di dunia berbeda dalam ketika menonton film. Hal ini tentu memberikan daya tarik bagi penonton, khususnya dalam film yang digarap dari buku novel fiksi terkenal, seperti film Harry Potter dan Avatar yang memanjakan imajinasi penonton dengan visual yang tergambar seperti yang dideskripsikan pada buku. Saat ini special effects dalam film semakin berkembang dan sangat luas. Tidak hanya pada suasana dan latar dalam film, tetapi juga pada makeup atau riasan. Lalu apa itu SFX? Apa saja perannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Apa itu SFX (Special Effects)?

SFX (special effects) atau dalam bahasa Indonesia efek spesial merupakan ilusi atau trik visual yang digunakan dalam film, televisi, teater, untuk mewujudkan kejadian atau visual imajiner dalam cerita. Special effects ini dihasilkan dari seperangkat perlengkapan set yang dibuat selama produksi, seperti properti, ledakan, stuntman, makeup, animatronik dan lain sebagainya. Efek-efek inilah yang akan direkam langsung oleh kamera, bukan yang terbuat pada tahap pasca produksi. Efek spesial sendiri merupakan kombinasi dari seni dan teknologi. Dimana efek ini tidak hanya meningkatkan sisi seni objek, tetapi juga mempresentasikan penggunaan teknologi secara maksimal untuk mewujudkan visual yang imajinatif kepada penonton. Hal ini dapat diwujudkan dan dilakukan oleh para ahli efek spesial untuk menipu indera manusia, terutama audio-visual yang membuat seakan-akan hal tersebut terjadi.

Secara umum, tujuan dari penggunaan SFX ini adalah untuk meningkatkan kualitas objek dari sisi penonton atau audiens serta meningkatkan daya tarik terhadap objek yang ditambahkan efek. Dengan adanya special effects ini tentu memudahkan Anda dalam produksi sebuah film yang tidak memerlukan lokasi shooting di tempat tertentu. Anda bisa mengambil gambar melalui set dengan properti sesuai cerita di studio sewa.

 

Fungsi Special Effects (SFX)

Berikut ini adalah beberapa fungsi special effects yang sangat membantu dalam proses pembuatan film.

1. Memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dijangkau dengan alat biasa

Salah satu fungsi utama dan tujuan dari special effects adalah membantu mewujudkan visual yang tidak biasa dalam film. Contoh jelas yang terlihat adalah special effects yang digunakan dalam film tentang perjalanan luar angkasa yang tidak mudah untuk diakses dengan alat biasa. Disinilah special effects digunakan untuk menciptakan efek spesial seperti di luar angkasa hanya dengan melakukan shooting di studio sewa.

2. Mengurangi Biaya Produksi

Efek spesial yang digunakan dalam film dapat membantu Anda dalam menghemat biaya produksi, lho! Anda bisa menghemat biaya dari penggunaan alat yang akan digunakan untuk membuat efek tertentu pada film, seperti adegan menghancurkan gedung atau terbang dengan pesawat jet tempur yang memakan biaya cukup mahal untuk sewanya.

3. Mengurangi Resiko Berbahaya

Adegan dalam film action biasanya sangat berbahaya dengan adegan ledakan dan tembakan antara aktor. Disinilah efek spesial digunakan untuk mengurangi resiko dari bahaya ledakan atau tembakan dalam film. Para ahli efek spesial akan menciptakan sebuah properti tertentu yang mirip dengan ledakan sesungguhnya. Tentu tidak mungkin mengorbankan nyawa aktor, bukan?

4. Meningkatkan Kualitas Film

Fungsi lain dari penggunaan efek spesial pada film adalah mampu meningkatkan kualitas film yang sudah diambil. Anda bisa menambah, mengurangi, dan mengubah elemen yang ada pada film.

 

Perbedaan SFX dengan VFX

Selain SFX, tentu Anda juga pernah mendengar VFX (visual effects) yang seringkali juga digunakan dan muncul dalam dunia perfilman. Berbeda dengan SFX, VFX adalah sebuah efek visual yang dihasilkan komputer sepenuhnya. Efek ini akan ditambahkan pada saat video tersebut masuk ke tahap editing atau pasca produksi. Untuk menghasilkan VFX, Anda bisa mengkombinasikan footage dari live action dan pemanfaatan CGI (computer-generated images).

Hasil dari visual effect bergantung pada perangkat komputer dan software editing canggih yang digunakan. Sedangkan SFX tidak dipengaruhi oleh teknologi saja, tetapi juga seni yang digunakan untuk menciptakan efek visual. Kreativitas dari ahli efek spesial dengan skill khusus akan menghasilkan visual yang menarik dan mengagumkan, salah satunya pada SFX makeup yang memiliki peran penting dalam film. Hingga saat ini baik SFX dan VFX masih digunakan dalam industri film, bahkan tidak jarang keduanya pun digunakan secara bersamaan pada sebuah film.

 

Baca juga: Mengenal Teknologi CGI (computer-generated imagery), Teknologi Dalam Dunia Film

 

Special Effects (SFX) Makeup

Special effects makeup atau yang sering dikenal dengan prosthetic makeup adalah penciptaan aktor menjadi karakter yang akan diperankan dalam film dengan menggunakan proses prostetik, sculpting, moulding, casting, body painting, dan tata rambut. Sesuai dengan namanya, proses yang sering digunakan untuk menciptakan efek spesial pada tubuh aktor adalah melalui prostetik atau bagian tubuh buatan. Melalui SFX makeup mampu menciptakan berbagai macam tampilan, mulai dari luka, wajah yang tua, karakter hantu, dan karakter lainnya.

Dalam menciptakan special effects makeup pun membutuhkan keahlian serta bahan dan peralatan khusus. Para special effects makeup artist ini harus belajar dan memiliki skill yang cukup dalam menciptakan karakter yang sesuai dengan gambaran yang diberikan. Bahkan terdapat sekolah khusus bagi mereka yang tertarik menjadi special effects makeup artist. Selain skill khusus, makeup untuk efek spesial membutuhkan peralatan dan bahan yang khusus, bahkan bahan-bahan tertentu perlu didatangkan dari luar negeri. Sehingga tidak heran jika biaya pembuatan SFX makeup ini tergolong mahal.

Di Indonesia, banyak film yang menggunakan sentuhan tangan special effects makeup untuk menciptakan karakter dalam film. Salah satunya adalah pada film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang diperankan oleh Luna Maya. Di film ini terlihat bahwa Luna Maya memiliki tampilan yang serupa dengan mendiang Suzzanna. Tampilan ini didapatkannya melalui special effect makeup yang dilakukan di Rusia dengan membuat topeng prostetik. Butuh perjuangan dan biaya yang tidak murah, bukan?

 

Baca juga: 7 Material Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Set Shooting Video Iklan & Film di Studio

 

Itulah beberapa informasi lengkap seputar special effect yang biasa digunakan dalam pembuatan film. Dengan berkembangnya teknologi membuat proses pengambilan gambar dengan berbagai jenis karakter fiksi mampu diciptakan. Namun, baik SFX maupun VFX membutuhkan skill khusus dan sarana yang terbilang tidak murah bahkan mempengaruhi kualitas hasil pada film. Tentunya kedua efek spesial ini bisa memudahkan Anda dalam proses produksi, mulai dari menciptakan karakter hingga lokasi shooting. Anda bisa membuat film tentang luar angkasa hanya menggunakan studio yang dilengkapi properti dengan sentuhan efek khusus. Untuk mencari studio shooting pun tidak sulit, saat ini Anda bisa menemukan banyak studio sewa di Jakarta dengan fasilitas memadai untuk menunjang produksi film. (Aerilia DBK/Shooting Star)