image

Persiapan Penting Sebelum Shooting Film atau Video Buat Yang Masih "Newbie"

Tulisan ini sebetulnya bukan cuma buat para Newbie yang baru pertama kali mau shooting video atau film, tapi juga untuk yang sudah lama ngga shooting misalnya. Tulisan ini bisa jadi pengingat kembali apa saja  yang jadi persiapan penting sebelum shooting, terutama buat kamu yang bertugas jadi sutradara dan asisten sutradara (astrada), Project Officer atau Unit.

Sering kali fokus kita sebagai sutradara tertuju ke materi konten. Memang bisa saja kamu punya anggaran untuk mengkaryakan dua atau tiga astrada yang akan membantu sesuai fungsinya masing-masing, tapi seorang sutradara tetap harus cek n ricek persiapan penting sebelum shooting. Dan hal ini ngga kalah penting dengan materi konten.

Ok, apa aja sih persiapan-persiapannya? Tenang, kita bakal jelasin sebentar lagi. Tapi ingat bahwa yang namanya persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal shooting video atau film. Kalau baru kepikiran pas shooting itu namanya bukan persiapan, tapi dadakan. Dan sangat rentan mengganggu mood kreatif semua yang bekerja di lapangan. Jadi...Waspadalah!

Breakdown Naskah

Breakdown (bedah) naskah sangat penting untuk menjaga proses produksi kamu tetap terorganisir dan tereksekusi dengan lancar. Dan penting untuk memastikan bahwa semua yang diperlukan untuk produksi nanti, seperti casting, kostum, properti, dan sebagainya sudah tercatat dan tentukan siapakah kru dibawah anda sebagai penanggung jawabnya. 

Sebagai sutradara membagi tugas pada kru yang lain akan mempermudah komunikasi arus logistik secara efisien. Ah, kalau ketinggalan satu properti aja gampanglah!! Hati-hati! Yang sering terjadi jika kita lupa membawa properti ke set adalah seringkali dibutuhkan waktu berjam-jam (bahkan seharian untuk properti krusial) untuk menemukan solusinya.

Buat Shot List (Daftar Pengambilan Gambar)

Penting untuk menjaga anda mengambil gambar dengan teratur, sesuai urutan adegan, atau merencanakan jadwal pengambilan gambar khusus yang diperlukan berdasarkan kebutuhan adegan tertentu, dan cara terbaik merekam adegan tersebut untuk dapat memberi keaslian pada cerita kamu.

Salah satu cara terbaik untuk hal itu adalah membuat Daftar Pengambilan Gambar atau Shot List. Terutama Sutradara dan Director Of Photography (DOP) harus duduk bareng dan menentukan berbagai macam gambar yang akan di ambil, mulai dari jenis-jenis pengambilan gambar dan jumlah gambar yang dibutuhkan untuk memvisualisasikan naskah dengan efektif. 

Setelah Shot List disusun, bagikan ke semua yang membutuhkan terkait persiapan shooting kamu. Karena Shot List akan membantu selain Sutradara dan DOP, juga semua kru persiapkan peralatan, aktor, properti, dan memanfaatkan sebaik-baiknya lokasi shooting. Dan Shot List yang matang akan membuat film atau video kamu semakin baik secara tampilan.

Konfirmasi Pemain dan Kru

Sederhana tapi penting sekali. Bayangkan bagaimana kalau pemain atau kru produksi ada yang terlambat datang? Atau bahkan tidak datang sama sekali? Meskipun hadir tetapi mereka tidak update detil shooting, sehingga banyak kebutuhan shooting yang terlupakan? Tentu akan sangat merepotkan dan bahkan bisa membuat biaya produksi jadi membengkak! 

Mungkin Pemain dan kru mungkin sudah pernah menerima detail shooting di masa persiapan shooting sebelumnya. Tapi itu mungkin di awal-awal persiapan, (yang sangat mungkin banyak update-update baru yang belum mereka terima). Dan semakin panjang masa persiapan, semakin besar kemungkinan detail produksi sudah terlupakan.

Dalam beberapa kasus produksi berskala kecil, seringkali pemain dan kru memiliki beberapa pekerjaan lain, berbeda dengan kita yang fokus pada proyek produksi yang kita buat sendiri. Apalagi, pemain pada skala ini belum tentu memiliki agen atau manajer yang mengelola jadwal mereka.

Untuk itu, jangan pernah mengandalkan pemain dan kru untuk mengingat semua detail produksi, sebaliknya penting untuk Sutradara melalui para astrada mengupdate informasi secara berkala kepada para pemain dan kru. 

Buat Call-Sheet (lembar panggilan) untuk menyusun jadwal rutin sebanyak yang dibutuhkan untuk menghubungi pemain dan kru serta mengupdate informasi, sehingga mereka dapat on-time hadir di lokasi dan menyelesaikan segala persiapan sesuai kebutuhan dan jadwal shooting. 

Cek & Ricek Perlengkapan Shooting

Membuat Film atau video akan sangat menarik baik bagi pemula atau yang sudah berpengalaman, salah satunya saat memilih kamera apa yang akan dipakai untuk shooting dan mengemasnya dengan semua perlengkapan yang dibutuhkan. 

Kadang pula ditambah dengan aksesori tambahan untuk mengejar kualitas gambar tertentu, mulai dari lensa dan pencahayaan, rig, tripod, dan lain-lain. Semuanya memerlukan pertimbangan dan perhitungan yang matang setidaknya hingga sehari sebelum jadwal shooting.

Untuk itu kamu perlu memastikan bahwa semua yang dibutuhkan sudah tersedia agar proses shooting dapat berjalan dengan baik. Mulai dari item-item kecil seperti , baterai dan chargernya, kunci allen dan kartu memori, hingga item besar seperti lensa, filter, komponen rig, dan sebagainya.

Semua perlengkapan tersebut harus dirinci sebelum hari shooting, agar tidak stress menghadapi kendala non-teknis kalau ada barang yang tidak lengkap karena tertinggal atau lupa dibeli, dan rata-rata barang-barang kecil yang sering tertinggal seperti kartu memori. Buatlah daftar periksa barang, agar anda bisa memastikan semua perlengkapan sudah lengkap dan siap.

Makanan Itu Penting!

Kenapa penting? Good Food is Good Mood, kalau kru dan pemain makan dengan baik, tentu mereka akan bahagia. Sediakan makanan sepanjang hari, karena mereka akan menyumbangkan waktu mereka seharian juga.

Dan penting untuk mengetahui makanan apa yang harus dipesan/disiapkan dalam waktu yang singkat (kadang bagian ini yang agak menyebalkan). Untuk ini kamu juga bisa mencari tempat sewa studio yang menyiapkan layanan logistik pangan ini.

Makanan yang kita siapkan harus dipastikan menjadi prioritas bagi para pemain dan kru. Untuk itu kamu harus mengetahui kebutuhan diet atau pantangan-pantangan terhadap makanan/minuman tertentu yang mungkin dimiliki oleh beberapa kru dan pemain.

Setelah mengetahui informasi tentang semua hal tersebut, sekarang tinggal diputuskan, apakah kamu mau membeli makanan untuk semuanya, sewa jasa Catering atau menyiapkan sendiri? Silahkan pilih secara bijaksana dengan mempertimbangkan waktu dan anggaran yang ada.  

Baca juga: Ngga Perlu Mahal! Ini Cara Produksi Video Profesional Dengan Biaya Minimal

Matangnya persiapan penting sebelum shooting disisi makanan dapat menghemat waktu dan biaya produksi, dan memperkecil hal-hal non teknis yang bisa mengganggu proses produksi Film atau video kamu.

Satu hal lagi, kamu akan lihat sebuah perbedaan yang besar di layar pada hasil akhir produksi film atau video kamu saat pemain dan kru bekerja dengan energi dan motivasi untuk terus bekerja maksimal.

Siapkan Mental

Tidak hanya dalam Ujian Nasional,  pertandingan Sepakbola atau Piala Thomas saja mental itu dibutuhkan. Jadi bagi ‘Newbie’ yang baru pertama kali akan melakukan proses shooting video atau Film atau bahkan sudah pernah produksi tak terhingga banyaknya Film atau video, perasaan cemas tidak mudah hilang seiring waktu atau pengalaman. 

Perasaan ‘segala sesuatu bisa saja salah, dan akan salah’ pada proses produksi di lokasi shooting, dan kita tahu bahwa segala sesuatu tidak mungkin berjalan 100 % sempurna, bukan?

Secara psikologi dikatakan bahwa, besarnya kekhawatiran seseorang akan suatu hal, berhubungan langsung dengan seberapa besar kesiapan orang tersebut, atau setidaknya seberapa besar seseorang tersebut merasakan kesiapan dalam dirinya.

Artinya, mengurangi rasa cemas dengan memastikan semua yang telah kamu catat dalam daftar persiapan penting sebelum shooting sudah anda penuhi/siapkan. Menyusun daftar persiapan di atas kertas adalah setengah dari perjuangan, setengah lainnya adalah memeriksa dan mempersiapkan semua yang ada di daftar.

Kenyataannya, semakin sedikit kamu lakukan dua hal di atas, kamu akan semakin banyak berpikir, inilah yang akan membuat kamu mudah cemas. Jadi, jangan buang waktu untuk overthinking bahasa kerennya, tulis daftarnya dan segera lakukan persiapan.

Mulailah bekerja dan lakukan apa yang perlu dilakukan akan meredakan kecemasan, dan semakin rendah kecemasan maka mental semakin siap. Kabar baiknya, setelah tahap persiapan sudah dilewati dengan matang dan benar-benar siap, begitu kamu ada di lokasi dan melakukan pengambilan gambar yang pertama, kamu hanya akan merasakan semangat!

Lebih baik juga untuk kamu yang baru pertama kali mau produksi video, untuk mencari partner sewa studio (Hyperlink to website SSS) yang berpengalaman, terpercaya, dan nyaman diajak bekerja sama memproduksi video kamu. 

Masukan Terakhir

Kita dan banyak pembuat film lainnya seringkali sangat fokus pada proses kreatif, dan tidak fokus pada organisasi dan struktur produksi. Ironisnya, visi kreatif kita dapat berkembang justru pada saat kita benar-benar memperhatikan organisasi.

Seperti saat seorang sutradara perlu menghabiskan waktu sebanyak mungkin di lokasi shooting dengan para pemain, DOP, kru, dan fokus pada tugas kreatif di tangan, ia harus lebih dahulu memahami detail organisasi produksi secara keseluruhan. Pelajari tentang organisasi produksi dan strukturnya untuk memahami posisi dan kondisi setiap kru dan pemain. 

Keenam poin persiapan penting sebelum shooting di atas bisa fleksibel disesuaikan dengan keadaan yang dihadapi. Yang penting kamu harus bisa memastikan akan melakukan apa saja yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri dan memberikan banyak waktu untuk anda dapat berkreasi di lokasi shooting, itulah hal yang paling penting.