image

Ngga Perlu Mahal! Ini Cara Produksi Video Profesional Dengan Biaya Minimal

Kami paham bahwa dalam iklim bisnis yang begitu kompetitif, kebutuhan video profesional menjadi krusial. Sedangkan stigma ‘ada harga ada kualitas’ juga berpengaruh dalam  produksi video profesional sehingga terkesan pembuatan video untuk perusahaan yang mampu bersaing dengan kompetitor membutuhkan biaya besar.

Namun sebagai Production House Jakarta yang bergerak dalam produksi video, kami ingin membantu anda para pelaku usaha dengan berbagi cara terbaik berdasarkan pengalaman kami dari segi pembiayaan, kami akan ajak anda menelusuri bagaimana cara membuat video bisnis yang kompetitif dengan biaya yang efektif. 

Kami akan memandu anda dari awal...

Persiapan

Banyak para kreator yang melewati detail pada fase persiapan. Apalagi dalam proses kreatif awal seringkali ide-ide ‘liar’ bertabrakan dengan anggaran yang telah disiapkan. Pola pikir seperti ini menjadi sesuatu hal yang ambigu, bukankah seharusnya kemampuan kreatif juga berarti kemampuan berpikir ‘out of the box’ dalam kondisi sulit? (baca: anggaran terbatas)

Apakah anda ingin membuat video untuk branding, pemasaran atau testimonial, penting untuk memiliki perencanaan yang matang. Beberapa aspek yang perlu anda pahami dengan baik adalah; memahami tujuan dibuatnya video anda; lalu memahami naskah yang akan diproduksi dan tentunya memahami keseluruhan isi dari video anda. 

 Lihat juga: Bagaimana cara membuat branding video dengan storytelling

Setelah anda pahami ketiga hal tersebut, mulailah mengotak-atik anggaran. Lakukan pertimbangan untuk berbagai kebutuhan produksi. Mulai dari tim produksi, set, desain produksi, dan sebagainya. Lalu masukan detail lain yang anda inginkan dalam video anda. Berapa set yang dibutuhkan? Aktor? Penggunaan animasi? Apakah ada kebutuhan real set?  

Selagi masih dalam tahap persiapan, anda akan sangat leluasa melakukan penyesuaian anggaran. Karena akan menjadi sebuah kerugian bila terjadi penyesuaian saat proses produksi sudah berjalan. Bisa dikatakan anda sudah melakukan tindakan preventif menekan anggaran produksi video anda sejak awal.

Untuk memaksimalkan persiapan anda, perlu dipertimbangkan juga untuk bekerja sama dengan Production House yang dapat membantu anda dari sejak tahap persiapan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut melalui link ini.

Proposal

Rencana anda belum dapat berjalan sebelum disetujui oleh stakeholders anda. Dibutuhkan proposal yang berisi highlite dari proyek produksi video anda, lengkap dengan penjelasan tentang detil anggaran yang dibutuhkan di setiap aspek produksi video. Proposal yang anda buat harus dapat menguraikan hal-hal berikut;

  • Objektif video anda

  • Tujuan pembuatan video

  • Sasaran Audiens

  • Pesan kunci dalam video

  • Desain produksi atau gaya bagaimana video anda ditampilkan

  • Durasi video

  • Rencana placement penayangan video

  • Timeline produksi

  • Dan terakhir adalah anggaran produksi video

Dengan disetujuinya proposal yang terperinci secara garis besar ini, maka anda akan terhindar dari kemungkinan melakukan revisi atau pengeditan ulang saat proyek anda dievaluasi nanti.

Seleksi Lokasi

Salah satu cara menghemat biaya produksi adalah menyediakan lokasi untuk produksi secara mandiri. Artinya, kadangkala akan lebih hemat jika anda memproduksi video di lokasi milik anda sendiri. Misalnya menggunakan ruangan cantik dan nyaman di kantor yang bisa anda manfaatkan, dengan pertimbangan sebagai berikut;

  • Ruangan cukup besar untuk menampung pemain dan kru produksi

  • Tidak terganggu oleh suara-suara berisik dari luar area kantor

  • Pencahayaan alami yang cukup

  • Kondisi interior termasuk furnitur mendukung video anda

  • Lokasinya bagus untuk pengambilan gambar diam (foto)

Pemilihan lokasi berdampak besar pada tampilan video anda secara keseluruhan. Persiapkan lokasi milik  anda sendiri jika memungkinkan. 

Atau jika hal itu sulit anda lakukan, bekerjasamalah dengan Production House yang memiliki studio produksi sendiri, serta tim kreatif produksi berpengalaman dengan banyak solusi untuk membuat lokasi produksi yang layak. Dengan begitu anda bisa melakukan penghematan yang sangat besar.

Pemilihan Tim Produksi Terbaik

Batasi tanggung jawab anda dalam proyek hanya untuk memastikan waktu dan anggaran anda digunakan dengan optimal untuk memberikan hasil terbaik bagi usaha anda. Percayakan produksi video yang berkualitas tinggi dan tepat sasaran, serta menjalin komunikasi yang baik dengan fokus pada kemitraan dalam produksi pada atau mitra produksi yang anda karyakan. 

Pembatasan ini perlu dilakukan agar jika anda menyibukkan diri juga dengan menunggu informasi, email, atau turun tangan langsung menangani disorganisasi yang terjadi di lapangan, ada kemungkinan uang mengalir keluar dari anggaran anda seperti kran bocor. 

Dengan kata lain membuang waktu mengurus komunikasi yang tidak jelas, akan menghabiskan uang. Bukankah waktu adalah uang?

Sejak awal pilihlah tim produksi yang tepat, yang dapat membantu anda mencarikan solusi kreatif untuk menegosiasikan anggaran yang terbatas, membantu anda untuk mengambil jalan pintas, tanpa melanggar batas, dan tetap berkualitas.

Perhatikan Koordinasi Logistik

Waktu yang berjalan seperti argo taxi bagi sebuah proses produksi. Ambil alih koordinasi logistik sederhana pada kenyataannya merupakan salah satu langkah penghematan anggaran. 

Contohnya, pengadaan makan siang dengan katering untuk kru akan mencegah mereka meninggalkan lokasi shooting. Dengan begitu kapanpun produksi harus ‘break’ untuk istirahat, tidak akan membutuhkan waktu lama untuk running kembali.

Uang anda akan lebih hemat lagi jika anda memperhatikan hal-hal penunjang produksi seperti logistik untuk makan siang, transportasi, dan sebagainya untuk kenyamanan seluruh pihak yang terlibat dalam proses produksi video anda.

Tunjukkan Bakat Internal

Tanpa anda sadari mungkin saja ada rekan kerja yang mampu beraksi di depan kamera. Mengapa tidak untuk diikutsertakan dalam video anda? Bila anda tidak menemukannya pada rekan-rekan kerja sekitar anda, menggunakan aktor amatir dapat menjadi suatu opsi. Sering kali aktor amatir lebih mudah diarahkan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Perlu menjadi catatan jika anda mengambil opsi terakhir, resikonya adalah penampilan yang dibawah standar sehingga membuat anda harus mengulang pengambilan gambar. Ini akan memakan waktu dan biaya yang anda tanggung sendiri.

Maka sebelum memulai proses produksi anda perlu berdiskusi dengan mitra produksi video anda mengenai kemungkinan opsi casting untuk meminimalisir resiko. Dengan demikian anda dapat memastikan bahwa setiap aktor bisa tampil sesuai standar.

Lebih Singkat Lebih Baik

Anda bukan memproduksi film layar lebar, atau drama sinetron berjilid-jilid. Yang anda produksi adalah video perusahaan yang harus mampu menarik perhatian audiens dalam waktu yang singkat namun memberikan kesan yang mendalam di benak mereka. 

Apalagi di era digital, dimana orang banyak menonton melalui gadget mereka saat sedang dalam perjalanan atau aktivitas sehari-hari mereka, tidak mungkin untuk diajak menonton video usaha anda dalam waktu lama. 

Dalam proses editing video, anda harus bijaksana namun sekaligus kejam. Buanglah gambar atau sound yang tidak menambah kekuatan nilai video anda. Tim produksi yang menjadi mitra anda juga dapat memberikan bantuan untuk menentukan kapan sebuah gambar harus dipotong, apa yang harus dibuang, namun tetap memiliki alur yang kuat.

Optimalisasi Proses Editing

Kelanjutan dari pin sebelumnya, fase pengeditan (post-production) terkadang membutuhkan waktu yang lama, dari mulai edit rekaman, preview bolak-balik yang tak kunjung memuaskan akan menghabiskan anggaran. Mengurangi waktu editing adalah juga salah satu cara menghemat anggaran produksi video. 

Daripada menunggu kiriman video yang telah diedit, dan mengirim balik dengan beberapa catatan/revisi, akan lebih efektif jika dalam proses editing anda dan pengambil keputusan dalam perusahaan anda dapat duduk bersama dengan tim editing video mengerjakannya. Setidaknya pada polesan-polesan akhir. 

Banyak orang yang membuktikan bahwa ikut dalam proses editing sangat baik dalam menghemat waktu, uang dan menyenangkan. Terakhir, saat editing jangan membuat perubahan besar di luar cakupan rencana yang telah disusun di awal. Hal ini sangat merugikan anda.

Sederhanakan Konten Video

Menghemat banyak pekerjaan ekstra dengan menyederhanakan konten video, fokuslah pada visual anda. Apakah hal ini akan mengurangi kualitas video yang anda buat? Belum tentu, dengan strategi yang tepat anda tetap dapat membuat video perusahaan yang berkualitas tinggi.

Strateginya adalah bermitra dengan tim produksi video yang dapat diajak berbicara di awal proyek. Pengalaman mereka akan ikut menyumbangkan ide atau saran tentang teknik apa yang harus digunakan untuk membuat video yang berkualitas sesuai dengan anggaran anda.

Carilah Mitra Produksi yang Tepat

Disinggung berkali-kali di atas tentang mitra produksi yang tepat dan berpengalaman, memiliki fasilitas lengkap, dengan kemampuan asistensi yang maksimal sehingga nyaman anda ajak bertukar pikiran tentang cara-cara kreatif dalam produksi video anda, mampu bekerja dengan anggaran terbatas dan dapat memberikan opsi terbaik untuk video anda.

Kami tambahkan beberapa catatan penting yang harus anda lakukan dalam memilih Production House sebagai mitra adalah sebagai berikut;

  • Anda sudah melihat dan terkesan dengan karya-karya yang dihasilkan (portofolio PH)

  • Berikan contoh video apa saja yang menjadi referensi calon mitra anda untuk memperoleh feedback kreatif mereka dalam mengakomodir keinginan anda

  • Pastikan bahwa biaya produksi yang diajukan oleh calon mitra anda sesuai atau paling tidak mendekati anggaran yang anda miliki

Selamat berhemat