image

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Video Pelatihan

Membuat video pelatihan untuk bisnis Anda memiliki banyak keuntungan. Ini berarti Anda dengan mudah memastikan bahwa staf Anda sepenuhnya memahami berbagai aspek operasi Anda. Video-video ini juga menjadi banyak digunakan belakangan ini karena semakin banyak staf yang bekerja dari rumah mereka sendiri.

Dengan membuat video pelatihan yang bagus, organisasi Anda juga akan memiliki konten yang berulang kali membayar sendiri, lalu karyawan atau orang yang menggunakan produk atau layanan Anda dapat terlibat secara fleksibel saat mereka membutuhkannya. 

Untuk memastikan video pelatihan Anda menarik dan akan ditonton, inilah saran kami untuk anda perhatikan. Berikut adalah daftar singkat kami tentang hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam membuat video pelatihan yang efektif.

Pertimbangkan Audiens Anda

Ini akan tergantung pada bagaimana Anda menggunakan video pelatihan di tempat pertama. Jika Anda sedang mengembangkan serangkaian panduan untuk staf internal Anda, semoga Anda sudah memahami kebutuhan dan kemampuan mereka. Namun, jika Anda membuat video pelatihan untuk pengguna akhir produk Anda, ini bisa sedikit lebih sulit untuk dipahami.

Penting untuk memahami bagaimana audiens Anda akan terlibat dengan materi pelatihan apa pun dan apa yang mereka butuhkan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Pastikan bahwa setiap video memiliki tujuan tertentu dan memenuhi kebutuhan penonton Anda.

Rencanakan Output Video Pelatihan Anda

Solusi pelatihan terbatas dalam skala kecil tidak pernah menghasilkan hasil yang diinginkan. Penting untuk duduk dan mempertimbangkan apa yang Anda berikan dan bagaimana hal itu akan membantu mencapai tujuan Anda.

Anda mungkin ingin, misalnya, membuat satu set video pelatihan untuk pemula atau pemula baru. Maka Anda mungkin ingin membangun solusi pembelajaran yang lebih tinggi untuk staf yang sudah mapan. Dalam bisnis yang lebih kompleks, mungkin ada kebutuhan yang berbeda untuk kategori staf yang berbeda dan seterusnya.

Meskipun Anda mungkin tidak akan dapat menghasilkan semua konten Anda sekaligus, ada baiknya Anda memiliki garis besar yang jelas tentang apa yang ingin Anda kembangkan dan bagaimana rangkaian akhir video pelatihan akan terlihat. Bahkan untuk satu video, bagaimanapun, penting untuk merencanakan dan membuat skrip dengan benar.

Jadikan Video Anda Menarik

Ada beberapa solusi teknologi hebat di luar sana saat ini yang dapat membantu Anda mencapai video luar biasa dengan biaya yang relatif rendah.

  • Menggunakan animasi dan grafik, misalnya, dapat meningkatkan keterlibatan dan membuat masalah kompleks lebih mudah dipahami.

  • Penggunaan greenscreen memungkinkan Anda menambahkan elemen yang lebih beragam ke video Anda, termasuk branding perusahaan Anda. 

  • Ada juga opsi untuk membuat sesi pelatihan video lebih interaktif yang membantu membuat audiens Anda tetap terlibat.

Baca juga: Konten Kreator Harus Paham Cara Menggunakan Greenscreen

Pikirkan Tentang Durasi Video

Seperti semua jenis video, panjangnya adalah masalah kritis. Jika Anda ingin mempertahankan keterlibatan sebanyak mungkin. Webinar berdurasi satu jam dapat mencakup semua hal yang ingin Anda sertakan, tetapi jika audiens Anda bosan, mereka cenderung tidak hadir. 

Untuk beberpa video durasi yang lebih pendek mungkin merupakan pilihan yang jauh lebih baik karena orang dapat masuk dan keluar saat mereka memiliki waktu luang.

Jangan Berhemat pada Nilai Produksi

Hanya karena ini adalah video pelatihan, tidak berarti Anda tidak boleh menyertakan semua nilai produksi yang akan Anda miliki dengan, katakanlah, video perusahaan atau iklan.

Baca juga: Ngga Perlu Mahal! Ini Cara Produksi Video Profesional Dengan Biaya Minimal

Meskipun Anda mungkin ingin menghasilkan video cepat secara internal, bekerja dengan Production House tidak hanya akan memastikan bahwa Anda meningkatkan standar tetapi juga memastikan bahwa Anda mengembangkan konten yang sesuai untuk bisnis Anda dan, yang lebih penting, memiliki produk akhir yang bertahan lama. untuk waktu yang lama.

Pilihlah production house Jakarta yang tepat, terpercaya, berpengalaman dan tentunya dapat mengerti komdisi dan kebutuhan bisnis anda.

Jangan Salah Memilih Presenter atau Pengisi Suara

Akhirnya, mengisi suara bisa jadi rumit. Seseorang yang terdengar baik-baik saja di kantor ketika mereka berbicara tentang aspek bisnis Anda mungkin tidak memiliki daya tarik yang sama saat menyajikan video Anda. Anda membutuhkan seseorang yang nyaman di depan kamera atau berbicara di mikrofon. Dengan kata lain, seseorang dengan sedikit aura bintang.

Anda punya pengalaman lebih unik atau informasi tambahan seputar membuat video pelatihan? Ayo kita diskusi di kolom komentar.